radang sendi luttu

Radang Sendi Lutut: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Pernah mengalami radang sendi lutut hingga Anda kesulitan untuk berdiri atau menggerakkan kaki? Ini tandanya bahwa Anda harus berhati-hati karena radang sendi lutut bukan hanya terjadi pada lansia, namun bisa juga menyerang usia muda karena berbagai faktor tertentu.

Hal-hal yang Harus Diketahui Tentang Radang Sendi:

  • Radang sendi lutut terjadi akibat adanya kerusakan pada bantalan sendi tulang rawan. Kerusakan ini menyebabkan lutut terasa kaku dan nyeri saat menggerakannya.
  • Dikenal juga dengan osteoarthritis, degenerasi atau pengapuran sendi tulang rawan karena faktor pertambahan usia – merupakan penyebab umum dari artritis atau radang sendi. Namun, cedera/ trauma dan penyakit autoimun juga bisa menjadi penyebabnya.
  • Rusaknya tulang rawan akibat artritis tidak dapat diperbaiki, namun ada pengobatan medis dan non- medis yang dapat membantu mengurangi nyeri, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Apa itu Radang Sendi Lutut?

Radang sendi lutut, atau dalam istilah medisnya osteoarthritis adalah peradangan yang terjadi pada persendian di bagian lutut. Radang ini biasanya terjadi di tulang rawan yang merupakan perbatasan mulus pada permukaan tulang dan berfungsi untuk melumasi sendi dan melindungi lutut dari hentakan.

Semakin tua, kandungan air pada tulang rawan akan menyusut sehingga menjadi rentan terhadap benturan, atau cedera. Selain itu penggunaan sendi lutut secara berulang dan terus-menerus perlahan akan mengalami “pakai dan rusak”.

Pada sendi juga terdapat struktur penting lainnya, yaitu meniskus, bagian tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan untuk menstabilkan sendi lutut. Masing-masing sendi memiliki dua meniskus, yaitu tepi luar dan tepi dalam. Ketika kita bergerak, meniskus membuat tulang paha (femur) dan tulang kering (tibia) tidak saling bergesekan dan mampu melindungi sendi lutut dari keausan.

Gejalanya

Umumnya, jika Anda mengalami osteoarthritis, gejala yang sering terasa yaitu:

  • Krepitus, muncul suara kretek atau klik setiap melakukan gerakan
  • Kesulitan berjalan, menekuk ataupun meluruskan kaki
  • Nyeri hebat pada lutut
  • Kekakuan sendi dan otot pada lutut
  • Area lutut memerah dan bengkak
  • Terasa hangat pada area lutut

Rasa nyeri dan pembengkakan pada lutut adalah gejala yang paling umum bagi penderita osteoartritis. Perawatan tertentu dapat mengurangi tingkat keparahan gejalanya, namun jika terus memburuk sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter ahli.

Penyebab dan Faktor Risiko

Osteoarthritis terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan dan sendi. Kondisi ini karena menghilangnya elastisitas tulang rawan sebagai bantalan pelindung tulang. Sehingga, muncul gesekan antar tulang yang membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan dan meningkatkan risiko radang sendi.

Selain karena faktor usia, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang menderita osteoartritis, yaitu:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Mengalami cedera pada sendi
  • Memiliki riwayat osteoarthritis dalam keluarga
  • Trauma pasca operasi
  • Memiliki kelainan bawaan pada sendi ataupun tulang rawan
  • Menderita rheumatoid arthritis atau hemokromatosis

Pengobatan Radang Sendi Lutut

Nyeri yang semakin parah sebaiknya jangan Anda abaikan. Periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Ada beberapa cara untuk mengatasi osteoartritis, antara lain:

  • Pemberian obat untuk mengatasi nyeri dan peradangan, seperti parasetamol, ibuprofen, naproxen sodium, krim capsaicin, ataupun obat suntik kortikosteroid.
  • Radiofrekuensi ablasi adalah teknik non bedah untuk mengatasi radang sendi lutut dengan cara memblock rasa nyeri yang muncul. Radiofrekuensi ablaze terbukti efektif dalam penanganan osteoartritis.
  • Fisioterapi. Terapi fisik ini sebaiknya Anda lakukan untuk memperkuat otot yang sakit pada persendian. Fisioterapi juga bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot serta mengurangi nyeri yang dialami.

Osteoartritis yang tidak tertangani segera bisa memicu rasa nyeri dan tidak nyaman dalam beraktivitas. Oleh karena itu, yuk atasi semua masalah nyeri lutut Anda hanya  di Klinik Patella, Pusat Pengobatan Nyeri Lutut.

Hubungi Call Line Officer pada nomor kontak di website Patella atau kunjungi klinik Patella terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter kami yang andal dan profesional.

Baca juga: Rekomendasi Olahraga Osteoarthritis Lutut yang Tepat

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


Dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


Dr. Rifalisanto, SpKFR

Selasa   : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00