pundak terasa berat - Patella

Pundak Terasa Kaku dan Berat, Apa Penyebabnya?

Pundak Anda terasa kaku dan berat? Ternyata hal ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda terkena gejala frozen shoulder. Frozen shoulder adalah kondisi medis yang umumnya menyerang pundak atau bahu dan menimbulkan rasa sakit yang bisa berlangsung lama bahkan hingga bertahun-tahun. 

Kondisi ini sering kali berkembang secara bertahap dan melibatkan tiga tahap utama: fase inflamasi, fase pembekuan, dan fase pemulihan. Pada fase inflamasi, penderitanya mengalami nyeri hebat, sementara pada fase pembekuan, mobilitas sendi semakin berkurang. Pemulihan memerlukan waktu yang cukup lama dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Penyebab Frozen Shoulder

pundak terasa berat - Patella

Frozen shoulder terjadi ketika lapisan kapsul sendi di sekitar sendi bahu mengalami peradangan dan menghasilkan cairan sinovial lebih sedikit. Kapsul ini kemudian mengecil dan menegang, menyebabkan pembatasan gerakan pada sendi bahu. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan frozen shoulder meliputi:

  • Trauma atau Cedera: Cedera pada bahu, seperti jatuh atau cedera olahraga, dapat menjadi pemicu frozen shoulder.
  • Penyakit dan Gangguan Kesehatan: Diabetes, penyakit jantung, dan hipotiroidisme adalah beberapa kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan risiko pengembangan frozen shoulder.
  • Ketidakaktifan atau Imobilisasi: Kurangnya gerakan pada bahu, misalnya karena penyembuhan pasca operasi atau penggunaan gips, dapat meningkatkan risiko frozen shoulder.

Gejala Frozen Shoulder

  • Rasa Sakit: Penderita frozen shoulder biasanya mengalami rasa sakit dan kaku pada bahu, terutama saat berusaha melakukan gerakan tertentu.
  • Keterbatasan Gerakan: Pundak terasa kaku, dan gerakan bahu menjadi sulit. Ini dapat mencakup kesulitan mengangkat tangan atau menyisir rambut.
  • Membatasi Fungsi Bahu: Pada kasus yang parah, frozen shoulder dapat membatasi fungsi dan gerak bahu secara signifikan, mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Frozen Shoulder

Frozen shoulder dapat diatasi dengan menggunakan injeksi steroid. Steroid yang umumnya digunakan dalam prosedur ini adalah kortikosteroid, yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat.

Prosedur ini bertujuan untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, meningkatkan rentang gerak sendi bahu, dan mempercepat pemulihan bahu yang kaku. 

Jika Anda mengalami gejala atau merasa pundak terasa berat, berkonsultasilah dengan dokter kami di Klinik Patella. Dokter akan membantu melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan berdasarkan hasil diagnosis kondisi Anda. Dengan pemeriksaan sedini mungkin, gejala frozen shoulder dapat segera membaik dan Anda bisa pulih sepenuhnya serta beraktivitas kembali dengan rasa nyaman.

Baca juga: Waspada, Pundak dan Leher Kaku Gejala Frozen Shoulder!

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Frozen Shoulder?

Frozen shoulder adalah kondisi medis yang umumnya menyerang pundak atau bahu dan menimbulkan rasa sakit yang bisa berlangsung lama bahkan hingga bertahun-tahun.

Bagaimana Gejala Frozen Shoulder?

Beberapa gejala yang umum terjadi, diantaranya: 1. Rasa sakit dan kaku pada bahu 2. Keterbatasan gerakan 3. Membatasi fungsi dan gerak bahu

Bagaimana Cara Mengatasi Frozen Shoulder?

Frozen shoulder dapat diatasi dengan menggunakan injeksi steroid. Steroid yang umumnya digunakan dalam prosedur ini adalah kortikosteroid, yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Prosedur ini bertujuan untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, meningkatkan rentang gerak sendi bahu, dan mempercepat pemulihan bahu yang kaku.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00