Posisi lutut yang benar saat melakukan lay up shoot bola basket adalah

Posisi Lutut Yang Benar Saat Melakukan Lay Up Shoot Bola Basket

Lay up dalam olahraga basket sudah pasti tidak asing buat Anda, gerakan ini bak gerakan yang harus dimiliki pencinta basket. Namun bagaimana sesungguhnya posisi lutut lay-up yang benar saat melakukan lay up shoot bola basket, berikut adalah jawabannya.

Bagi para senior basket, lay up merupakan teknik yang tidak begitu rumit, meski demikian teknik ini memiliki tingkat keberhasilan tembakan yang akurat dibandingkan dengan teknik lainnya dalam olahraga basket.

Secara definisi, lay up adalah tembakan yang dilakukan ke arah lawan sambil melompat, dilakukan dengan cara melangkah sejauh dua langkah jaraknya menuju ring basket.

Saat teknik lay-up dilakukan posisi lutut yang benar yakni pada posisi tinggi dan datar, saat melakukan lay up shoot pada olahraga bola basket adalah wajib dilakukan. Lay up secara teknik merupakan metode tembakan paling aman terhindar dari blockade atau pertahanan lawan tanding.

Saat pemain melakukan lay up, disarankan untuk menambah kecepatan saat langkah terakhir dribel. Tujuannya untuk mendekatkan bola dengan ring basket. Kenapa langkah pertama lay-up shoot, harus lebar dan badan condong ke depan, hal ini ditujukan untuk memperoleh jarak maju terjauh serta mampu menjaga keseimbangan badan Anda.

Perhatikan Posisi Lutut Yang Benar Saat Melakukan Lay Up Shoot Bola Basket Adalah

Defense atau bertahan pada kompetisi basket normalnya membiarkan pemain lawan untuk memegang bola hingga zona 3-point. Selanjutnya pemain defender melakukan upaya steal atau menghentikan serangan pemain lawan dengan trap, dengan harapan tembakan lawan menjadi meleset.

Posisi lutut lay-up yang benar saat melakukan lay up shoot bola basket adalah

Posisi lutut lay-up yang benar saat melakukan lay up shoot bola basket adalah

Peran lay up disini adalah penting, posisi lutut lay-up yang benar saat melakukan lay up shoot bola basket wajib Anda lakukan.

Lay up bisa dilakukan pada pertahanan lawan yang terbuka. Dimana pada kondisi ini terdapat moment transisi dari defense ke offense ataupun pergerakan tanpa bola. Sehingga dapat meloloskan diri dari pertahanan lawan.

Saat lay up digunakan dari sisi yang sulit, seperti contoh adanya defender pemain lawan yang menempel ketat. Pemain perlu melakukan gerakan tambahan atau trik lain untuk mengalahkan pertahanan lawan. Bukan lay-up murni seperti contoh diatas.

Beragam trik bisa dilakukan dalam olahraga bola basket. Yang selanjutnya dapat membuat Anda lebih dekat pada tiang basket lawan Anda.

Penanganan

Meski demikian, penggunaan posisi lutut yang salah saat melakukan lay-up dapat menyebabkan terjadinya cedera. Baik cedera ringan maupun cedera berat. Cedera lutut karena posisi lay-up yang salah umumnya akan menyebabkan pembengkakan pada tendon dan jadingan sekitar lutut.

Pada kondisi yang berat, tidak menutup kemungkinan lay-up shoot ini dapat menyebabkan putusnya tendon atau rusaknya jaringa penyangga lutut.

Jika Anda memiliki keluhan terkait masalah nyeri pada lutut akibat olahraga basket, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter dan tim klinik patella. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now