dokter spesialis radang sendi - Patella

Mengenal Peran Penting Dokter Spesialis Nyeri Lutut di Klinik Patella

Dokter spesialis nyeri lutut adalah ahli dalam bidang ortopedi yang memiliki pengetahuan mendalam tentang anatomi dan fisiologi lutut. Perannya sangat penting dalam memberikan diagnosis, perawatan serta pengelolaan gejala nyeri lutut dengan efektif. 

Sekilas Tentang Dokter Spesialis

Dokter spesialis adalah seorang profesional medis yang memiliki kemampuan khusus dalam diagnosis, pengobatan, dan pencegahan masalah kesehatan yang terkait dengan lutut. Kondisi yang dapat ditangani mencakup cedera ligamen, osteoarthritis, kerusakan kartilago, dan masalah lain yang dapat memengaruhi fungsi sendi lutut. Dokter spesialis lutut juga memiliki pengetahuan mendalam tentang teknik bedah yang digunakan untuk memperbaiki lutut yang rusak.

Peran Penting dan Tanggung Jawab Dokter Spesialis Nyeri Lutut

  1. Memberikan Diagnosis yang Akurat: Dokter spesialis lutut memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai jenis masalah lutut. Mereka dapat mendiagnosis masalah dengan akurat melalui pemeriksaan fisik, evaluasi sejarah medis pasien, serta pemeriksaan penunjang seperti sinar-X, MRI, atau CT scan.
  2. Perawatan Konservatif: Dokter spesialis lutut akan menyarankan perawatan konservatif terlebih dahulu, seperti fisioterapi, obat penghilang rasa sakit, atau perubahan gaya hidup. Tujuannya adalah memperbaiki kondisi pasien tanpa perlu melakukan operasi jika memungkinkan.
  3. Bedah Lutut: Jika perawatan konservatif tidak efektif atau jika masalah lutut sudah mencapai tingkat yang memerlukan intervensi bedah, dokter spesialis lutut dapat melakukan operasi. Ini mungkin melibatkan perbaikan kartilago yang rusak, perbaikan ligamen, atau penggantian sendi lutut jika perlu.
  4. Rehabilitasi: Setelah operasi, dokter spesialis lutut akan membimbing pasien melalui proses rehabilitasi, seperti program latihan dan terapi fisik yang dirancang khusus untuk memulihkan mobilitas dan kekuatan lutut.

Kapan Sebaiknya Berkonsultasi?

Berkonsultasi dengan dokter spesialis lutut sangat penting jika Anda mengalami gejala atau masalah nyeri lutut kronis, pembengkakan yang berkelanjutan, ketidakstabilan lutut, ataupun kerusakan traumatik.

Anda bisa membuat janji temu dengan dokter ahli kami di Klinik Patella untuk berkonsultasi mengenai nyeri lutut yang dialami. Dokter akan membantu mendiagnosis penyakit pada lutut dan memberikan terapi pengobatan yang sesuai. Silakan hubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat via whatsapp di 0811 8124 2022.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Dokter Spesialis Nyeri Lutut?

Merupakan ahli dalam bidang ortopedi yang memiliki pengetahuan mendalam tentang anatomi dan fisiologi lutut. Perannya sangat penting dalam memberikan diagnosis, perawatan serta pengelolaan gejala nyeri lutut dengan efektif.

Apa Peran dan Tanggung Jawab Dokter Spesialis?

1. Memberikan diagnosis yang akurat 2. Perawatan konservatif 3. Bedah lutut 4. Rehabilitasi

Kapan Sebaiknya Berkonsultasi dengan Dokter Spesialis?

Berkonsultasi dengan dokter spesialis lutut sangat penting jika Anda mengalami gejala atau masalah nyeri lutut kronis, pembengkakan yang berkelanjutan, ketidakstabilan lutut, ataupun kerusakan traumatik.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00