peradangan pada sendi - Patella

Waspadai Peradangan Pada Sendi yang Bisa Sebabkan Nyeri Kronis

Peradangan pada sendi merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi pada siapapun tanpa mengenal usia. Salah satu penyakit radang sendi yang sering terjadi yaitu rheumatoid arthritis (RA). Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang kompleks yang menyerang sendi dan jaringan lain dalam tubuh. Penyakit ini dapat sangat mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengabaikannya dan segeralah periksakan diri ke dokter.  

Mengenal Apa Itu Rheumatoid Arthritis

RA adalah penyakit autoimun yang mengarah pada peradangan sendi. Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sendi tubuh sendiri. Hal ini mengakibatkan peradangan kronis yang merusak sendi, menimbulkan rasa sakit, pembengkakan, dan bahkan dapat merusak struktur tulang.

Gejala Rheumatoid Arthritis

RA dapat memengaruhi banyak sendi dalam tubuh, dan gejalanya bervariasi antara individu. Beberapa gejala umum RA meliputi:

  • Nyeri dan pembengkakan sendi yang biasanya terjadi pada kedua sisi tubuh.
  • Kekakuan sendi, terutama di pagi hari atau setelah istirahat.
  • Kelemahan pada otot dan sendi tubuh yang terkena.
  • Kelelahan dan demam ringan.

Baca juga: Rheumatoid Arthritis Bisa Timbulkan Kekakuan Pada Sendi dan Otot 

Pengelolaan Gejala Rheumatoid Arthritis

Meskipun RA tidak memiliki obat penyembuh, ada sejumlah pengobatan dan strategi pengelolaan yang dapat membantu mengontrol gejala dan memperlambat perkembangan penyakit. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Obat-Obatan, seperti obat antiinflamasi non steroid (OAINS) untuk mengurangi nyeri dan peradangan
  • Fisioterapi dan terapi okupasi untuk membantu meningkatkan kekuatan otot dan mobilitas.
  • Diet seimbang, olahraga teratur, dan pengelolaan stres 
Baca Juga  Lutut Nyeri Setelah Kecelakaan, Bagaimana Mengatasinya? 

Apabila Anda tidak merespon dengan baik terhadap manajemen pengelolaan nyeri tersebut, maka dokter akan menyarankan metode lainnya yaitu dengan Radiofrekuensi Ablasi (RFA). RFA bekerja dengan cara mengaplikasikan medan listrik termal melalui jarum dan diberikan pada saraf yang berada dekat dengan sendi. Prosedur ini hanya memerlukan waktu yang relatif singkat sekitar 30 menit dan bisa dilakukan pada beberapa titik saraf. 

RFA merupakan tindakan minimal invasif yang lebih minim risiko dan tanpa perlu rawat inap. Dengan tindakan radiofrekuensi ablasi, rasa nyeri membaik dan dapat mengurangi peradangan pada sendi. 

Untuk mendapatkan penanganan dengan RFA, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di Klinik Patella. Dokter akan membantu mendiagnosis seberapa parah kondisi radang sendi anda dan memberikan perawatan yang sesuai. 

Silakan menghubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat via whatsapp di 0811 8124 2022.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Rheumatoid Arthritis (RA)?

Salah satu penyakit radang sendi yang sering terjadi yaitu rheumatoid arthritis (RA). Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang kompleks yang menyerang sendi dan jaringan lain dalam tubuh. Penyakit ini dapat sangat mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas.

Bagaimana Gejala Rheumatoid Arthritis (RA)?

Beberapa gejala umum RA, yaitu: 1. Nyeri dan pembengkakan sendi 2. Kekakuan sendi 3. Kelemahan pada otot dan sendi 4. Kelelahan dan demam ringan

Bagaimana Cara Pengobatan Rheumatoid Arthritis (RA)?

Beberapa metode pengobatan meliputi: 1. Penggunaan obat-obatan 2. Fisioterapi dan terapi 3. Diet seimbang 4. Olahraga teratur 5. Pengelolaan stress

***

Feature photo by Lamina Pain and Spine Center

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now