Penyebab Nyeri pada Lutut di Malam Hari

Beberapa bagian persendian yang mungkin kerap mengalami gangguan yakni lutut. Rasa nyeri pada lutut akan semakin menjadi-jadi ketika Anda banyak melakukan pergerakan atau tidur dalam posisi yang tidak tepat.

Konsultasikan Masalah Nyeri Lutut Via Whatsapp

Nyeri lutut pada malam hari seringkali terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Seringnya dialami oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, atau dialami oleh mereka setelah melakukan aktivitas berat sepanjang hari sehingga beban menjadi berlebihan pada lutut.

Nyeri lutut malam hari bisa mengganggu kenyamanan istirahat dan tidur Anda sehingga dapat mengganggu kebugaran keesokan harinya.

Penyebab Nyeri Lutut Malam Hari

Penyebab tersering antara lain keseleo/terkilir, nyeri lutut anterior (bagian depan), kerusakan tulang rawan atau meniskus, peradangan pada tendon (tendonitis), bursitis, ligamen atau tendon terobek, perdarahan ke dalam persendian, penyakit Osgood-Schllater, gout, artritis septik, penggunaan sendi lutut secara berlebihan, dan obesitas.

  • Osteoartritis lutut

Bila terjadi radang pada lutut dapat menyebabkan penipisan kartilago lutut dan pembentukan taji tulang (bone spur), yang keduanya dapat meningkatkan risiko terjadinya penyempitan ruang sendi. Sendi lutut dikelilingi oleh kapsul berisi cairan yang berfungsi memberikan nutrisi, melumasi dan menjadi bantalan sendi, layaknya oli. Namun di malam hari, cairan sendi ini dapat mengering menyebabkan sendi dan tulang saling bergesekan sehingga timbullah nyeri. Tetapi dalam semalam cairan ini mengering, dan tulang-tulang lutut mulai saling bergesekan. Hasilnya adalah nyeri lutut pada malam hari dan kekakuan pada persendian saat Anda bangun – keduanya merupakan gejala klasik artritis lutut.

  • Gout

Gout adalah penyebab umum nyeri lutut di malam hari saat tidur. Kadar asam urat berlebihan menyebabkan terbentuknya kristal pada sendi sehingga timbullah peradangan, rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan lutut kadang terasa hangat.

  • Proses inflamasi dan aktivitas

Apa pun yang menyebabkan pembengkakan atau peradangan pada sendi lutut dapat menyebabkan nyeri lutut pada malam hari misalnya tendonitis (cedera yang terjadi secara tiba-tiba saat berolahraga atau cedera akibat penggunaan tendon ini saat berlari), keseleo/terkilir, cedera, bursitis (gerakan berulang sehingga cairan akan menumpuk berlebihan di atas sendi lutut), dan rheumatoid arthritis.

Ruang di dalam dan di sekitar sendi lutut cukup banyak, sehingga setiap peradangan atau kelebihan cairan di bagian tersebut kemungkinan dapat meningkatkan tekanan sehingga timbul nyeri di lutut, kadang terasa seperti ditusuk.

Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah ke sendi sehingga berisiko timbulkan bengkak. Peradangan di lutut biasanya terjadi karena semakin banyak aktivitas tubuh, sehingga cenderung lebih terasa di malam hari. Pengerahan tenaga fisik juga dapat menyebabkan penumpukan asam laktat pada otot yang menyebabkan nyeri otot. Anda mungkin tidak menyadari kalau sudah berolahraga/beraktivitas berlebihan, sehingga terasa nyerinya di malam hari.

 Yuk Atasi Nyerinya

  • Kompres dingin jika sendi sedang bengkak, dan jika sudah teratasi atau jika terasa kaku maka lakukan kompres hangat
  • Latihan menggunakan otot-otot, terutama otot paha bagi mereka yang mengalami OA pada lututnya merupakan terapi yang baik.
  • Mengoleskan analgesik topikal, dapat berupa jel, krim atau semprotan yang dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan.
  • Beristirahat secara teratur, dan juga di siang hari.
  • Tidak merokok karena dapat berdampak terhadap sirkulasi darah sehingga dapat memperlambat proses penyembuhan setelah cedera.

Pencegahan Lebih Utama

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di siang hari untuk mengurangi risiko terkena nyeri lutut di malam hari.

  • Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, menjaga berat badan yang seimbang, dan rutin berolahraga
  • Sebelum berolahraga lakukan pemanasan, dan lakukan pendinginan setelah olahraga
  • Lakukan latihan-latihan yang membantu memperkuat otot-otot kaki dan meluruskan/regangkan otot-otot kaki
  • Memakai alas kaki yang datar dan memiliki bantalan yang nyaman
  • Berolahraga teratur untuk membantu memperkuat lutut sehingga dapat mengurangi tekanan dan menghasilkan endorfin (pereda nyeri alami).
  • Perubahan gaya hidup, dengan menghindari posisi atau keadaan yang menimbulkan beban pada sendi seperti jongkok, lompat, lari, naik-turun tangga atau berdiri terlalu lama. Jika timbul nyeri istirahatlah sejenak.

Konsultasikan Masalah Nyeri Lutut Via Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Jati Barat No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now

Layanan Call Center