cara atasi nyeri lutut

Ragam Penyebab Lutut Bengkak Yang Perlu Diwaspadai!

Penyebab lutut bengkak biasanya karena adanya peningkatan cairan sekitar sendi lutut. Peningkatan yang berlebihan ini bisa karena beberapa faktor, misalnya  adalah cedera yang tidak mendapatkan penanganan atau  terjadi benturan keras pada lutut.

Lutut bengkak bisa menyerang siapa saja, baik usia muda maupun tua. Kendati demikian, tetap saja orang-orang berusia lanjut lebih berisiko. Selain itu, mereka yang memiliki berat badan berlebihan  atau obesitas juga berisiko tinggi alami kondisi ini.

Apa saja penyebab lutut bengkak?

Penyebab lutut bengkak paling umum adalah cedera yang menyebabkan terjadinya terkilir atau keseleo. Ketika ligamen lutut mengalami terkilir, akan timbul rasa sakit dan bagian tersebut alami pembengkakan.

Selain cedera dan terkilir ada juga faktor lain penyebab lutut bengkak, seperti alami penyakit tertentu. Antara lain:

Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah jenis radang sendi yang paling umum terjadi. Bisa menimbulkan rasa sakit dan bengkak pada area persendian dan kerusakan pada tulang rawan. Jika tulang rawan alami kerusakan, maka  tulang tungkai akan saling bergesekan sehingga mengakibatkan sendi lutut membengkak dan alami gangguan pergerakan.

Rheumatoid arthritis

Merupakan peradangan sendi akibat penyakit autoimun. Kerusakan akibat rheumatoid arthritis bisa mencapai lapisan luar sendi, tulang, dan area sekitar sendi. Kondisi ini juga bisa menyebabkan pembengkakan pada pergelangan tangan, pergelangan kaki dan lutut.

Septic arthritis

Kondisi peradangan pada sendi akibat kuman, bakteri, virus atau jamur yang menyebabkan infeksi pada jaringan dan cairan sekitar sendi. Pada awal terjadinya kondisi ini adalah infeksi pada bagian tubuh lain yang kemudian menyebar melalui aliran darah sampai ke sendi. Gejala yang bisa penderita alami antara lain, nyeri, peradangan, demam, dan pembengkakan sendi yang terinfeksi termasuk lutut.

Bagaimana cara mengatasi lutut bengkak?

Penanganan atau pengobatan kondisi ini sebenarnya bergantung pada penyebabnya dan kondisi penyakit penderita. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengurangi keluhan, sepert nyeri atau bengkaknya.

1. Istirahatkan lutut

Segera hentikan aktivitas saat alami kondisi ini untuk mengurangi rasa nyeri dan semakin parahnya pembengkakan yang terjadi.

2. Kompres es

Kompres es yang dibalut dengan handuk untuk membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah pembengkakan semakin parah. Lakukan kegiatan ini selama 10-20 menit selama tiga kali sehari.

3. Bantal pada bawah lutut

Baringkan kaki dengan memposisikan lutut bengkak lebih tinggi dari dada dengan meletakkan bantal pada bagian bawah lutut sebagai penyangga.

4. Mengonsumsi obat antinyeri

Ada beberapa jenis obat yang bisa kamu konsumsi sebagai pereda nyeri dan menangani pembengkakan, misalnya golongan obat anti-inflamasi nonsteroid dan paracetamol. Namun, kedua obat tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

Penyebab lutut bengkak beragam bisa karena  cedera atau justru gejala dari suatu penyakit. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai kondisi. Untuk bisa mendiagnosis penyebabnya, dokter akan menanyakan gejala yang penderita alami dan mungkin akan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti dengan MRI atau CT-Scan.

 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00