penyebab kaki kram

Penyebab Kaki Kram Yang Perlu Kamu Ketahui

Kaki kram penyebabnya beragam,  walaupun terkadang penyebab pastinya juga bisa tidak kita ketahui. Namun, penyebab umumnya adalah cedera saat berolahraga, gangguan sirkulasi darah pada tungkai atau kaki, kehamilan, dehidrasi, kekurangan asupan mineral tertentu, ataupun suhu dingin.

Kram bisa terjadi akibat adanya kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat dan secara tiba-tiba. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga menit. Kondisi ini paling sering menyerang bagian betis terutama saat malam hari ketika kamu baru tertidur atau baru saja terbangun.

Apa aja sih penyebab kaki kram?

Tekanan terhadap saraf

Adanya tekanan pada saraf tulang belakang bisa  menjadi kondisi ini terjadi dan timbul rasa nyeri. Kondisi ini akan semakin memburuk saat kamu berjalan. Untuk meringankannya kamu bisa berjalan dengan posisi agak membungkuk.

Suplai darah yang tidak memadai

Penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki juga  bisa memunculkan rasa nyeri, misalnya saat kamu olahraga dan mengalami kram.  Biasanya hilang dengan cepat setelah Anda beristirahat.

Kehamilan

Pada wanita hamil, kram kaki sudah biasa terjadi apalagi pada bulan-bulan terakhir kehamilan.

Cedera

Kurangnya pemanasan menjadi penyebab paling umum, apalagi jika ternyata menggunakan otot secara berlebihan sehingga cedera.

Kekurangan mineral

Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium, bisa  menyebabkan kondisi ini terjadi.

Dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, menyebabkan gangguan elektrolit sehinggan memungkinkan kaki mengalami kram.

Baca Juga  Ketahui Penyebab dan Gejala Radang Sendi pada Anak
Infeksi

Infeksi tetanus, bisa menyebabkan kaku otot dan kram.

Kondisi medis lainnya

Penyakit ginjal, penyakit tiroid, diabetes, atau masalah aliran darah (penyakit arteri perifer) juga berisiko meningkatkan terjadinya kondisi ini.

Bagaimana cara menanganinya?

Saat kamu mengalami kondisi ini, jangan khawatir, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

Hentikan aktivitas dan lemaskan otot

Saat kondisi ini menyerang secara tiba-tiba, hentikan aktivitas yang sedang kamu lakukan dan cobalah untuk melakukan  peregangan ringan.

Memijat

Bagian otot yang menegang bisa kamu lakukan pijatan ringan untuk membantu meredakan kram.

Kompres

Mengompres atau mandi dengan air hangat juga bisa kamu lakukan, lho. Tapi cara ini tidak dianjurkan untuk penderita diabetes atau cedera saraf tulang belakang. Lebih lanjut, kamu juga bisa mengombinasikan kompres hangat dengan kompres dingin juga dapat membantu meringankan kaki kram.

Minum air putih

Minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit, untuk mengisi cairan tubuh.

Konsumsi makanan kaya magnesium

Kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan magnesium, juga bisa menjadi salah satu caranya lho.   Bila perlu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium. Namun bagi  ibu hamil, sebaiknya konsultasi  dulu dengan dokter apabila ingin mengonsumsi suplemen ini.

 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now