perawatan dini untuk rheumatoid arthritis

Pentingnya Perawatan Dini untuk Rheumatoid Arthritis: Mengurangi Dampak Jangka Panjang

Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit autoimun yang ditandai oleh peradangan kronis pada sendi. Jika tidak diobati dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sendi yang parah dan dampak jangka panjang yang signifikan pada kualitas hidup pasien. Oleh karena itu, perawatan dini sangat penting dalam mengurangi dampak jangka panjang dari RA. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa perawatan dini penting dalam mengelola gejala RA dan bagaimana hal itu dapat mengurangi dampak jangka panjang dari penyakit ini.

Manfaat Perawatan Rheumatoid  Arthritis Sejak Dini

Mencegah Kerusakan Sendi

Salah satu tujuan utama perawatan dini dalam RA adalah mencegah atau memperlambat kerusakan sendi. Penggunaan obat antiinflamasi non steroid (OAINS), obat pengendali penyakit rematik modifikasi (DMARD), dan terapi biologis dapat membantu mengurangi peradangan, memperlambat kemajuan penyakit, dan mencegah kerusakan sendi yang lebih lanjut.

Mengurangi Rasa Sakit dan Peradangan

Perawatan dini RA juga berfokus pada mengurangi rasa sakit dan peradangan yang dialami oleh pasien. Penggunaan obat antiinflamasi, analgesik, dan kortikosteroid dapat membantu mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Dengan mengontrol peradangan, pasien dapat mengalami peningkatan mobilitas sendi dan berkurangnya rasa sakit yang berkepanjangan.

Mempertahankan Fungsi Sendi 

RA dapat mempengaruhi kemampuan pasien untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan mempengaruhi kualitas hidup secara keseluruhan. Dengan perawatan dini yang tepat, pasien dapat mempertahankan fungsi sendi mereka dan melanjutkan aktivitas normal. Terapi fisik dan okupasi, serta latihan reguler, dapat membantu mempertahankan fleksibilitas dan kekuatan sendi, serta memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.

Baca Juga  Neuropati Perifer Penyebab Kaki Nyeri dan Kesemutan

Menghindari Komplikasi Serius

RA tidak hanya mempengaruhi sendi, tetapi juga dapat menyebabkan komplikasi serius pada organ tubuh lainnya. Jika tidak tertangani dengan baik, RA dapat menyebabkan kerusakan pada jantung, paru-paru, mata, dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Dengan perawatan dini yang tepat, Anda dapat mencegah risiko komplikasi penyakit yang lebih serius.

Mendukung Perawatan yang Efektif

Cara ini memungkinkan pasien untuk merespons lebih baik terhadap terapi yang direkomendasikan. Mengidentifikasi dan memulai perawatan sesegera mungkin dapat membantu menghentikan berkembangnya penyakit dan mengurangi risiko kerusakan sendi yang lebih parah. Hal ini juga dapat memberikan kesempatan untuk memantau dan menyesuaikan rencana perawatan secara teratur, berdasarkan respons pasien.

Perawatan dini dalam rheumatoid arthritis memang memiliki peran penting dalam mengurangi dampak jangka panjang penyakit. Dengan mengurangi kerusakan sendi, mengurangi rasa sakit dan peradangan, mempertahankan fungsi sendi dan kualitas hidup, serta menghindari komplikasi serius, pasien RA dapat mengelola kondisi mereka dengan lebih efektif. Oleh karena itu, penting bagi pasien RA untuk segera mencari penanganan medis dan mengikuti rencana perawatan yang direkomendasikan oleh dokter guna memperoleh manfaat maksimal dalam jangka panjang.

Namun, jika gejala radang sendi tak kunjung membaik, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella. Silakan hubungi nomor Assistance Center Patella di 021-2237-9999  atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022. Anda juga bisa datang langsung ke klinik Patella yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan dan Gedung Amanyaak, Pluit.

Baca juga: Perbedaan Osteoarthritis dan Rheumatoid Arthritis

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now