pengobatan kanker osteosarcoma

Pengobatan Kanker Osteosarcoma

Pengobatan kanker osteosarcoma beragam, bergantung pada kondisinya. Kanker osteosarcoma sendiri merupakan salah satu jenis kanker tulang  yang terjadi saat terbentuknya  sel-sel tulang abnormal. Biasanya, hal ini terjadi pada tulang yang memiliki ukuran panjang, misalnya tulang kaki. Sel abnormal tersebut kemudian membentuk jaringan yang membelah diri dan semakin berkembang pada tulang.

Lalu, bagaimana pengobatan kanker osteosarcoma?

Baca Juga: Lutut Nyeri dan Bengkak, Benarkah Akibat Kanker Tulang Osteosarcoma?

Apa Saja Pilihan Pengobatan Kanker Osteosarcoma

Untuk menentukan pengobatan kanker osteosarcoma, dokter akan mediagnosis pasien terlebih dulu dengan melakukan beberapa pemeriksaan. Tulang yang mengalami osteosarcoma memiliki gambaran berupa kerusakan pada tulang metafisis dengan munculnya destruksi tulang dan pembentukan tulang baru.

Dokter akan melakukan pemeriksaan berupa MRI atau CT Scan, untuk melihat sel tumor dan perluasannya. Sel tumor rentan menyebar dan berisiko menyebabkan kerusakan otot dan organ lain. Dokter juga melakukan pemeriksaan, seperti bone scan, angiografi, dan biopsi.

Setelah selesai mendiagnosis, langkah penanganan akan dokter lakukan untuk menangani kanker tulang osteosarcoma, antara lain:

1.Kemoterapi

Pengobatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan tingkat kesempatan hidup penderita osteosarcoma. Ada dua prinsip kemoterapi, antara lain  induction chemotherapy dan postoperative chemotherapy.

Keduanya bertujuan untuk mengecilkan tumor dan mempertahankan struktur tulang. Selain itu, pemberian obat-obatan kombinasi pada kemoterapi, juga bisa dilakukan.

2.Operasi

Tindakan operasi bisa memberikan efek positif dalam menghancurkan sel tumor, serta membantu mempertahankan struktur tulang. Hal ini juga bisa untuk menghindari  tindakan  amputasi. Selain itu, rekonstruksi tulang juga perlu dalam metode tersebut untuk mengembalikan stabilitas tulang dan persendian.

Selanjutnya, kombinasi operasi dan kemoterapi juga bermanfaat untuk membantu mencegah sel tumor kambuh kembali atau mencegahnya menyebar ke organ lain.

Apa Yang Menjadi Penyebab Osteosarcoma?

Penyebab kanker tulang osteosarcoma ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, sejauh ini ada beberapa faktor risiko yang dapat memicu penyakit ini, seperti:

  • Paparan radiasi  dalam jangka waktu yang lama.
  • Infeksi virus.
  • Traumaakibat patah tulang yang terjadi dapat meningkatkan risiko munculnya osteosarcoma. Namun, kondisi ini jarang terjadi.
  • Tumor suppressor gene.
  • Efek samping obat-obatan tertentu.

Untuk mengetahui lebih pasti apa yang jadi penyebab osteosarcoma, sebaiknya konsultasikan dengan dokter lebih lanjut.

Baca Juga: Kanker Osteosarcoma Bisa Karena Paparan Radiasi

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00