Pengobatan pengapuran tulang lutut secara alami

Pengobatan Pengapuran Tulang Lutut Secara Alami

Pengobatan pengapuran tulang lutut secara alami dapat membantu mengembalikan kekuatan otot dan struktur pada lutut. Pengobatan pengapuran tulang lutut secara alami ini dapat Anda lakukan di rumah.

Lutut Sakit Penyebabnya Apa?

Lutut nyeri setelah berolahraga atau latihan, atau nyeri kambuh akibat cedera lama dapat membuat Anda tak nyaman dalam melakukan aktivitas harian.

Nyeri atau sakit pada lutut penyebabnya antara lain cedera mendadak, pemakaian sendi lutut secara berlebihan atau adanya penyakit tertentu.

Beberapa studi menunjukkan nyeri lutut juga dapat terjadi saat tubuh kekurangan beberapa vitamin dan mineral penting yaitu vitamin D, zat besi, dan kalsium. Menurut hasil studi terbaru, kekurangan vitamin D juga berperan dalam menghambat optimalnya kesehatan tulang yang menjadi salah satu masalah medis terbanyak di India.

Lutut nyeri ini penyebabnya bisa jangka pendek dan jangka panjang. Bahkan ada jenis nyeri lutut yang memerlukan penanganan dokter segera.  Namun ada beberapa jenis nyeri lutut yang dapat pulih di rumah dengan menggunakan beberapa cara mudah dan cukup efektif.

Pengobatan Alami Lutut Sakit

Cara rumahan ini bisa membantu meredakan pengapuran tulang lutut baik yang akut maupun kronis.

  1. Aktivitas fisik dapat membantu memperlambat proses terjadinya pengapuran lutut (osteoartritis/OA) yang menjadi penyebab tersering lutut nyeri. Aktivitas fisik atau olahraga juga dapat berperan dalam menjaga sehatnya lapisan tulang rawan (kartilago). Otot kaki yang kuat juga bermanfaat pada lutut.
  2. Menjaga asupan makanan yang bergizi agar dapat menjaga berat badan tetap ideal dan sehat. Berat badan yang berlebihan atau obesitas membuat Anda rentan mengalami nyeri pada lutut karena beban pada lutut semakin besar. Bobot tubuh tertopang secara komplet pada lutut, jadi kalau berat berlebihan, lutut akan terkena dampaknya. Perbanyak sayuran dan buah, kurangi makanan berlemak.
  3. Kompres hangat dan/atau dingin merupakan cara yang cukup efektif untuk membantu mengatasi nyeri otot. Lakukan sesuai dengan kenyamanan Anda.
  4. Mengonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan karena sarat dengan kalsium yang dapat membantu mengatasi nyeri lutut. Selain itu, sumber makanan ini juga dapat membantu tubuh mengatasi nyeri.
  5. Minum vitamin C yang ada dalam sayuran dan buah. Vitamin ini merupakan salah satu antioksidan yang mengandung bahan antiperadangan sehingga membantu meredakan nyeri. Sumbernya ada dalam lemon, kunyit dan lainnya.

Selain pengobatan rumahan, ada beberapa penanganan lainnya yang sebenarnya dapat bervariasi bergantung pada penyebab nyeri lutut Anda.

Untuk mengetahui penyebabnya, dokter akan melakukan serangkaian  pemeriksaan fisik dan bila perlu dengan menyarankan pemeriksaan radiologis seperti rontgen.

Selain itu dokter kemungkinan juga akan menyarankan latihan fisik atau rehabilitasi medik untuk membantu mengembalikan kekuatan dan kesehatan lutut Anda.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi Lamina Pain and Spine Center akan menyusun program latihan ini agar dapat menjadi gerakan rutin harian sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan nyaman.

Pengobatan Pengapuran Tulang Lutut Secara Alami

Untuk berikutnya, pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan otot, serta untuk mencegah kekambuhan nyeri pada lutut:

  • Memakai sepatu yang tepat agar Anda dapat mempertahankan postur tubuh yang benar saat berjalan atau beraktivitas lainnya
  • Menjaga asupan makanan agar tidak terjadi lonjakan berat badan
  • Pertahankan postur tubuh, terutama saat duduk, mengemudi, atau bekerja
  • Jauhi aktivitas fisik atau olahraga yang intens atau berat
  • Stop merokok
  • Hindari duduk dalam waktu lama dengan lutut ditekuk, karena lutut dalam posisi tidak wajar sehingga menyebabkan otot dan ligamen di sekitar lutut meregang atau tegang berlebihan.
3 Comments
  1. Pingback: Perdossi Nyeri Kepala » Nyeri Saraf

  2. Pingback: Penyakit Kanker Rahim » Nyeri Saraf

  3. Pingback: Jadwal Dokter Bedah Rs Hga Depok » Trigeminal Neuralgia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now