pendinginan setelah olahraga 1

Pendinginan Setelah Olahraga, Seberapa Pentingkah?

Pendinginan atau meregangkan tubuh setelah olahraga, seberapa banyak orang yang melakukan ini? Apakah kamu salah satunya yang melakukannya? Nah, kebanyakan orang pasti hanya melakukan pemanasan sebelum olahraga, tapi tidak dengan pendinginan setelahnya. Tahukah kamu, jika pendinginan setelah olahraga juga sangat penting?

Menurut Amerian Council on Exercise, pendinginan setelah olahraga sangat penting. Alasannya,  tidak hanyabisa  membantu mencegah cedera, tapi juga membantu mengatasi nyeri yang timbul setelahnya. Saat olahraga, otot tubuh akan terasa hangat akibat dari gerakan dan kecepatan setelah olahraga. Nah, manfaat dari pendinginan ini untuk meningkatkan rentang gerak otot supaya tidak robek dan terluka saat otot dalam kondisi hangat. Bila melakukan pendinginan dengan rutin setelah berolahraga, bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada otot yang kemungkinan bisa timbul satu atau dua hari setelah olahraga.

Nah, supaya lebih jelas apa saja manfaat pendinginan setelah olahraga simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

   Manfaat Pendinginan Setelah Olahraga

1. Membantu mengurangi kelelahan otot

Saat olahraga, asam laktat terbentuk pada otot, yang seringnya menyebabkan kelelahan dan nyeri pada otot. Melakukan peregangan tubuh, akan membuat otot melakukan penurunan suhu menuju aktivitas biasa dan memulihkan nyeri dengan cepat.

2. Melatih fleksibilitas otot

Manfaat lainnya adalah untuk melatih dan meningkatkan fleksibilitas otot tubuh. Kelenturan dan ke-fleksibelan otot perlu adanya pelatihan jika kamu termasuk yang suka arau ruitn olahraga.

Hal ini juga berpengaruh seiring bertambahnya usia. Semakin tua usia kamu, otot dan persendian tubuh juga akan semakin kaku dan tidak fleksibel. Sehingga rutinitas seperti peregangan tubuh ini atau melakukan pijat setelah olahraga sangat kamu butuhkan untuk membantu mengurangi kekakuan otot.

3. Mencegah stress badan dan pikiran

Peregangan tubuh sehabis berolahraga juga bermanfaar untuk mencegah stres tubuh dan pikiran. Saat melakukan peregangan, kamu akan mengatur napas dengan baik yang artinya sedang menyatukan badan, perasaan dan pikiran jadi satu.

Setiap helaan napas yang kamu keluarkan, badan akan ikut meregang sambil mengatasi rasa nyeri . Saraf dalam otak dan selutruh badan pun akan terasa lebih tenang jika rutin melakukan peregangan.

Jangan Sembarangan Melakukan Pendinginan

Pentingnya melakukan pendinginan sudah kamu ketahui, jadi jangan sampai lupa melakukannya setelah olahraga ya. Namun, kamu juga perlu ingat untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga. Keduanya, harus kamu lakukan dengan tepat, hindari melakukan gerakan melompat dan bergerak yang terlalu cepat dan kuat. Atur napas  dan rasakan setiap tarikan dan helaan napas. Peregangan setelah olahraga bisa kamu lakukan 3 sampai 5 menit setelah olahraga.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00