Terapi RICE Kaki Keseleo - Patella

Penanganan Pertama Kaki Keseleo dengan Terapi RICE

Apakah Anda pernah mengalami kaki keseleo saat berolahraga atau beraktivitas lainnya? Jika ya, apa yang dilakukan pertama kali untuk mengatasinya? Kaki keseleo adalah cedera umum yang sering terjadi pada sendi, termasuk sendi-sendi di kaki. Umumnya, keseleo bisa terjadi akibat gerakan secara tiba-tiba atau gerakan berlebihan saat berolahraga. Kondisi ini dapat mengakibatkan rasa sakit, pembengkakan, dan keterbatasan gerakan. 

Salah satu pendekatan yang umum digunakan untuk mengatasi keseleo kaki adalah melalui terapi RICE, singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Terapi RICE merupakan penanganan pertama yang efektif untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan setelah kaki mengalami keseleo.

Terapi RICE untuk Mengatasi Kaki Keseleo

Terapi RICE Kaki Keseleo - Patella

Rest (Istirahat)

Langkah pertama dalam mengatasi kaki yang keseleo adalah memberikan waktu istirahat kepada kaki yang cedera. Menghindari aktivitas berat atau gerakan yang berlebihan pada kaki yang keseleo sangat penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada jaringan yang rusak. Istirahat memberikan kesempatan bagi tubuh untuk memulai proses penyembuhan alami.

Ice (Kompres Es)

Mengompres dingin dengan bantalan es pada area yang terkena keseleo membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Terapi dingin membantu menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke area cedera, dan meminimalkan pembengkakan. Namun, penting untuk tidak langsung mengoleskan es pada kulit. Bungkus es dalam kain tipis dan aplikasikan selama 15-20 menit setiap 2-3 jam selama 1-2 hari pertama setelah cedera.

Compression (Kompresi)

Penggunaan perban atau balutan elastis membantu menjaga tekanan ringan pada area yang cedera. Ini membantu mengendalikan pembengkakan dengan membatasi aliran cairan ke area tersebut. Pastikan kompresi cukup longgar untuk tidak mengganggu aliran darah normal.

Elevation (Elevasi)

Mengangkat kaki yang cedera di atas  jantung saat beristirahat dapat membantu mengurangi pembengkakan. Elevasi membantu mengalirkan cairan dan darah yang terakumulasi kembali ke jantung secara lebih efektif. Gunakan bantal atau benda lainnya untuk menjaga kaki tetap di posisi yang terangkat.

Pentingnya Konsultasi Medis

Meskipun terapi RICE dapat sangat efektif dalam meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan, penting untuk mencari nasihat dari tenaga medis jika:

  • Nyeri atau pembengkakan tidak membaik dalam beberapa hari.
  • Terjadi kesulitan berjalan atau berat badan tidak dapat ditopang pada kaki yang cedera.
  • Ada tanda-tanda infeksi, seperti demam atau kulit merah dan panas di sekitar area cedera.

Terapi RICE adalah pendekatan pertama yang umum digunakan dalam penanganan kaki yang keseleo. Istirahat, es, kompresi, dan elevasi bekerja bersama-sama untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, dan nyeri pada area yang cedera. Namun, jika gejala tidak membaik atau memburuk, segeralah berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. 

Baca juga: Mengenal Apa Itu Tennis Elbow dan Cara Mengatasinya

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Terapi RICE?

Merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation. Terapi RICE merupakan penanganan pertama yang efektif untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan setelah kaki mengalami keseleo.

Apakah Terapi RICE Cukup untuk Mengobati Kaki Keseleo?

Meskipun terapi RICE dapat sangat efektif dalam meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan, penting untuk mencari nasihat dari tenaga medis jika: 1. Nyeri atau pembengkakan tidak membaik dalam beberapa hari. 2. Terjadi kesulitan berjalan atau berat badan tidak dapat ditopang pada kaki yang cedera. 3. Ada tanda-tanda infeksi.

Apa Itu Elevation pada Terapi RICE?

Mengangkat kaki yang cedera di atas jantung saat beristirahat dapat membantu mengurangi pembengkakan. Elevasi membantu mengalirkan cairan dan darah yang terakumulasi kembali ke jantung secara lebih efektif. Gunakan bantal atau benda lainnya untuk menjaga kaki tetap di posisi yang terangkat.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00