nyeri tumit - Patella

Penanganan Nyeri Tumit dengan Injeksi Steroid

Nyeri tumit seringkali dianggap masalah kesehatan yang sepele. Padahal, pada beberapa kasus, rasa nyeri tersebut bisa semakin memburuk jika tidak ditangani dengan baik. Kondisi ini terjadi karena berbagai hal seperti plantar fasciitis atau akibat cedera dan bisa membuat rasa tidak nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

Namun, pilihan pengobatan untuk sakit tumit semakin beragam, salah satunya yaitu dengan injeksi steroid. Terapi ini bertujuan untuk mengurangi nyeri dan peradangan di area tumit. 

Mengapa Anda Mengalami Nyeri Tumit?

nyeri tumit - Patella

Tumit adalah salah satu bagian tubuh yang sering kita gunakan setiap hari dan dapat mengalami berbagai masalah kesehatan. Salah satu masalah yang umum terjadi pada tumit adalah plantar fasciitis, yang merupakan peradangan pada jaringan ikat di bagian bawah kaki yang menghubungkan tumit dengan jari kaki. Selain itu, tumit juga dapat mengalami peradangan akibat cedera atau tekanan berlebihan, yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

Bagaimana Mengatasi Nyeri Tumit yang Mengganggu? 

Injeksi steroid merupakan salah satu metode penanganan yang efektif untuk mengatasi nyeri tumit. Obat steroid memberikan efek antiinflamasi secara langsung pada area yang terkena. Steroid yang umumnya digunakan untuk injeksi ini adalah kortikosteroid, seperti triamcinolone atau betamethasone. Kortikosteroid bekerja dengan mengurangi peradangan dan pembengkakan, sehingga dapat meredakan gejala seperti nyeri, kemerahan, dan pembengkakan.

Baca juga: Penanganan Bursitis dengan Injeksi Intra Artikular

Apa Manfaat Injeksi Steroid?

Injeksi steroid dapat memberikan manfaat yang signifikan, seperti meredakan nyeri dan peradangan dengan cepat. Namun, seperti halnya prosedur medis lainnya, metode ini juga memiliki risiko, maka sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter untuk terapi yang sesuai. 

Apabila Anda memiliki keluhan sakit di bagian tumit, jangan tunda pengobatan sampai kondisi memburuk. Segeralah periksakan diri ke Klinik Patella untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Mengapa Tumit Dapat Terasa Nyeri?

Salah satu masalah yang umum terjadi pada tumit adalah plantar fasciitis, yang merupakan peradangan pada jaringan ikat di bagian bawah kaki yang menghubungkan tumit dengan jari kaki. Selain itu, tumit juga dapat mengalami peradangan akibat cedera atau tekanan berlebihan, yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Tumit?

Injeksi steroid merupakan salah satu metode penanganan yang efektif untuk mengatasi nyeri tumit. Obat steroid memberikan efek antiinflamasi secara langsung pada area yang terkena.

Apa Keunggulan Injeksi Steroid?

Injeksi steroid dapat memberikan manfaat yang signifikan, seperti meredakan nyeri dan peradangan dengan cepat. Namun, seperti halnya prosedur medis lainnya, metode ini juga memiliki risiko, maka sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter untuk terapi yang sesuai.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00