pantangan radang sendi lutut

Pantangan Radang Sendi Lutut, Jangan Coba-Coba Lakukan Hal Ini

Pantangan radang sendi lutut yang jika pasien lakukan bisa memperparah kondisi. Nyeri lutut karena radang sendi bisa membuat hidup terasa lebih sulit, misalnya saja ketidakmampuan bergerak atau tidak sangup untuk melakukan aktivitas, tentunya akan membuat seseorang merasa frustasi. Ada hal- hal yang menjadi pantangan yang perlu kita tahu.

Pengobatan dari dokter memang penting. Tapi penting juga untuk memerhatikan kebiasaan hidup kita, mana hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada penderita radang sendi lutut. Tak peduli apakah nyeri tersebut  adalah sesuatu yang baru terjadi, berulang atau pasien  baru saja pulih dari keluhan tertentu. Beberapa kebiasaan dalam hidup bisa membuat kondisi lutut  memburuk.

Pantangan Radang Sendi Lutut

Pertama, Lari Jarak Jauh Permukaan Keras

Kebiasaan berlari, terutama pada permukaan yang keras, bisa membuat lutut stres. Kamu mungkin bisa bertahan, tapi itu bergantung kondisi seberapa rusak lutut kamu.

Jadi mungkin kamu bersedia mencari alternatif olahraga lainnya.Selain itu, jika kamu melakukan olahraga ini pada permukaan yang keras dan bergelompang, seperti aspal bisa menjadi salah satu risiko berbahaya.  Kamu mungkin bisa berlari pada permukaan yang lebih lunak, seperti rumput atau treadmill.

Malas Bergerak

Malas bergerak adalah pantangan penderita radang sendi. Mulailah dengan latihan low-impact yang ringan untuk lutut. Misalnya berenang, bersepeda berjalan kaki, yang baik untuk menjaga kebugaran secara umum tanpa memberi banyak beban bagi lutut.

Latihan dengan gerakan lembut seperti  yoga juga bisa meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan. Ini penting untuk kondisi peradangan seperti Rheumathoid Arthritis (RA).

Membawa Beban Terlalu Berat

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah faktor risiko mengalami osteoarthritis dan kondisi lainnya. Lutut akan menahan seluruh beban tubuh setiap kali melangkah, duduk atau bangkit dari duduk. Semakin ringan berat tubuh , semakin minim kerusakan pada sendi lutut dan semakin sedikit nyeri yang kamu rasakan.

Salah Memilih Alas Kaki

Setelah dokter mendiagnosis kamu mengalami nyeri lutut, berjalan mondar mandir dengan sandal jepit bukan pilihan yang bijaksana. Kamu membutuhkan sepatu dengan bahan pendukung yang tepat. Misalnya sepatu atletik jika  ingin berolahraga meski sekedar jalan santai.

Hal yang sama juga berlaku untuk braces. Asal-asalan membeli braces seperti alat untuk menutupi luka bukan cara yang tepat. Mintalah saran dokter ahli seperti yang ada di Lamina Pain and Spine Center. Dokter mungkin akan mengukur lutut kamu sebelum menyarankan braces yang cocok.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00