pangkal-paha-sakit

Pangkal Paha Sakit, Berikut Adalah Penyebabnya

Pangkal paha sakit dan nyeri biasanya akibat melakukan banyak aktivitas. Kondisi ini dikenal sebagai groin pain yang biasanya menyerang para atlet yang fokus olahraganya pada kaki.

Mengenal groin pain

Groin pain atau kondisi pangkal paha sakit  terjadi ketika paha bagian dalam atau selangkanan mendapatkan tekanan yang hebat. Akibatnya, otot  sekitarnya mengalami ketegangan atau bahkan kerobekan.

Pada beberapa kasus, akibat otot yang terlalu aktif, berlebihan dalam beraktivitas dan/atau paha terbentur benda keras juga bisa menjadi pemicu rasa nyeri ini.

Penyebab pangkal paha sakit

Penyebab pangkal paha sakit yang umum adalah hernia inguinalis. Hernia inguinalis ini bisa terjadi saat jaringan internal bergerak melalui titik lemah pada otot pangkal paha. Lebih lanjut, hal ini bisa menimbulkan benjolan pada area tersebut.  Selain itu, penyebab lainnya adalah batu ginjal dan/ atau patah tulang.

Berikut adalah beberapa faktor pemicunya:

  • Otot, tendon, atau ligamen yang ketarik saat melakukan olahraga
  • Memiliki riwayat hernia dan/atau kelemahan pada otot dinding perut
  • Alami cedera atau penyakit yang menimpa sendi panggul

Apabila, tidak pernah  faktor risiko yang telah disebutkan, bukan berarti tidak akan mengalami kondisi tersebut. Untuk mengetahui kondisi lutut, dokter akan melakukan pemeriksaan.

Berbagai kondisi lainnya juga bisa terjadi, mengingat nyeri pada pangkal paha bisa disebabkan oleh organ sekitarnya. Kondisi ini bisa terjadi oleh beberapa penyebab lainnya, antara lain:

  • Infeksi saluran kemih
  • Peradangan pada testis atau epididimis
  • Batu ginjal

Cara mencegah pangkal paha sakit (groin pain)

1. Pemanasan sebelum olahraga

Sebelum melakukan olahraga sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Melakukan pemanasan bisa membantu meningkatkan jangkaun  gerak dan membantu mengurangi efek nyeri pada otot

Baca Juga  Rheumatoid Arthritis Adalah Penyebab Nyeri Lutut dan Jari Tangan?
2. Jangan diforsir

Menghindari kondisi ini bisa terjadi, yaitu dengan meningkatkan intensitas dan gerakan olahraga secara bertahap. Intinya, jangan memaksakan diri.

3. Rutin olahraga

Rutin olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Penggunaan teknik dan peralatan olahraga yang tepat juga akan memengaruhi sakit atau tidaknya pangkal paha. Berikut adalah ketentuan olahraga yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Saat olahraga, pakai sepatuyang sesuai untuk  olahraga agar dapat menghindari risiko cedera kaki dan paha.
  • Penuhi kebutuhan air dalam tubuh secukupnya untuk mencegah otot kram dan kaku.

 

Proses pengobatan kondisi ini adalah dokter akan melakukan diagnosis awal, lalu lanjut dengan pemeriksaan sinar X-ray untuk membantu mengecek kondisi tulang. Setelahnya, dokter kemungkinana akan merekomendasikan tindakan pembedahan atau melakukan fisioterapi. Namun perlu kamu ketahui jika perawatan bergantung pada posisi pasien.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now