olahraga telapak kaki

Olahraga Telapak Kaki Tanpa Sepatu, Begini Caranya

Olahraga telapak kaki tanpa sepatu, bisa kamu lakukan dalam rumah, lho.  Saat berolahraga, fungsi  sepatu untuk  melindungi telapak kaki dari benda tajam atau kotoran di tanah. Namun,  jika terlalu sering memakai sepatu,  keseimbangan tubuh menjadi tidak stabil karena kaki tidak stabil menopang berat tubuh.

Menurut seorang ahli kesehatan kaki lulusan New York College of Podiatric Medicine, dr. Emily Splichal, kaki manusia sudah didesain untuk berdiri dengan stabil. Namun, banyak penjual sepatu dan alas kaki yang mengklaim bisa  membuat kaki lebih stabil. Sayangnya, bukannya mendapatkan manfaat terkadang sepatu dengan model-model terkini justru membawa kerugian pada mekanisme alami yang kaki miliki untuk menyeimbangkan diri. Nah, oleh sebab itu, sekali waktu kaki harus tetap dipakai untuk berolahraga tanpa alas.

Manfaat Olahraga Telapak Kaki Tanpa Alas

Manfaat olahraga telapak kaki tanpa alas menurut dr.  Splichal ada dua, yaitu menjaga kekuatan otot khususnya pada telapak kaki sekaligus menjaga kelenturannya. Melatih kekuatan dan kelenturan otot telapak kaki bisa dengan berdiri tanpa alas kaki  pada selembar kain. Gunakan kekuatan jari kaki untuk melipat kain tersebut sampai terasa pegal. handuk atau kain tersebut harus dilipat-lipat sampai terasa pegal.

Cara lainnya bisa dengan menggunakan kelereng lalu gunakan jari kaki untuk mengambil kelereng tersebut yang berserakan di lantai.  Latihan ini bisa juga untuk pijat refleksi. Refleksi ini dipercaya dapat meredakan mual, cemas, sembelit, dan insomnia.

Namun, latihan ini sebaiknya tidak kamu lakukan ketika berada di luar rumah karena bisa membawa beberapa risiko bagi kesehatan.

  • Mengakibatkan kurungnya dukungan untuk kaki dan bisa menimbulkan berbagai masalah pada kaki
  • Khawatir masuknya bakteri, infeksi jamur dan virus
  • Kemungkinan munculnya kutil plantar dan infeksi vrirus
  • Menginjak pecahan kaca atau paku yang mengakibatkan terkena tetanus
  • Masuknya cacing tambang  saat kaki menyentuh kotoran hewan.
Baca Juga  Beda Kaki Keseleo Dengan Patah Tulang Kaki

Tips Memilih Sepatu

Nah, jika kamu tidak menggunakan sepatu saat berolahraga dalam rumah, tapi jangan lupa gunakan sepatu saat keluar luar rumah. Berikut tips memilih sepatu yang tepat:

  • Kunjungi toko yang khusus menjual sepatu olahraga
  • Belilah sepatu yang tepat dengan ukuran kaki, jangan terelalu sempit atau longgar  atau terlalu pas
  • Cari  sepatu yang nyaman sejak pertama kali kamu gunakan
  • Pastikan bagian tumit dengan sepatu melekat dengan kuat. Jangan pilih sepatu yang terasa longgar pada  bagian tumit.
lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now