olahraga squat

Apakah Olahraga Squat Berbahaya untuk Lutut?

Olahraga squat merupakan salah satu latihan kekuatan yang populer dan efektif dalam mengembangkan kekuatan otot-otot tungkai, terutama otot paha dan glutes (otot pinggul). Namun, beberapa orang mungkin masih mempertanyakan apakah squat berbahaya bagi lutut. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Risiko Lutut

Ada beberapa faktor yang sebaiknya Anda perhatikan saat melakukan olahraga squat, antara lain: 

Teknik dan Cara Squat yang Salah

Salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan risiko cedera lutut saat melakukan squat adalah teknik dan formulasi yang salah. Ketika melaksanakan squat dengan posisi yang tidak tepat, seperti lutut melampaui jari kaki atau jatuh ke dalam, beban yang diberikan pada lutut dapat menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat menyebabkan stres yang berlebihan pada persendian lutut dan ligamen yang mendukungnya.

Penggunaan Beban yang Berlebihan

Penggunaan beban yang terlalu berat atau melampaui kapasitas individu juga dapat meningkatkan risiko cedera lutut. Beban yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan berlebih pada lutut dan meningkatkan risiko kerusakan struktural, seperti cedera ligamen atau kerusakan kartilago.

Riwayat Cedera atau Kelainan Lutut

Individu dengan riwayat cedera lutut atau kelainan struktural seperti osteoarthritis atau kondromalasia patella mungkin lebih rentan terhadap cedera lutut saat melakukan squat. Pada kasus-kasus ini, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau pelatih olahraga untuk menentukan apakah squat merupakan olahraga yang aman untuk dilakukan.

Manfaat Olahraga Squat

Melakukan squat dengan teknik yang benar dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Latihan squat dapat membantu memperkuat otot-otot paha, gluteus, dan inti tubuh, serta meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas lutut. Hal ini dapat mendukung fungsi lutut yang sehat dan mengurangi risiko cedera.

Tindakan Pencegahan

Untuk mengurangi risiko cedera lutut saat melakukan squat, berikut beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan:

  • Pelajari teknik yang benar: Belajarlah teknik squat yang benar dengan bantuan pelatih olahraga berpengalaman. Posisi tubuh yang tepat dan distribusi beban yang seimbang dapat membantu melindungi lutut.
  • Mulai dengan beban yang sesuai: Jangan terburu-buru untuk menggunakan beban yang terlalu berat. Mulailah dengan beban yang sesuai dengan kekuatan dan kemampuan Anda, dan secara bertahap tingkatkan seiring waktu.
  • Pemanasan dan pendinginan yang tepat: Lakukan pemanasan sebelum latihan dan pendinginan setelahnya untuk mempersiapkan dan meredakan otot sebelum dan setelah squat.
  • Dengarkan tubuh Anda: Jika Anda merasa nyeri atau ketidaknyamanan yang berlebihan saat melakukan squat, hentikan dan konsultasikan dengan profesional medis atau pelatih olahraga.

Olahraga squat dapat menjadi latihan yang aman dan efektif jika melakukannya dengan teknik yang benar dan dalam batas kemampuan individu. Penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi risiko cedera lutut dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Jika Anda memiliki riwayat cedera atau kelainan lutut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella sebelum memulai program squat atau latihan kekuatan lainnya.

Untuk membuat janji temu dan konsultasi dengan dokter kami, Anda bisa menghubungi nomor 021-2237-9999 atau chat via whatsapp ke 0811 8124 2022.

Baca juga: 4 Jenis Cedera Lutut yang Sering Terjadi Ketika Berolahraga

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00