obat pengapuran lutut

Obat Pengapuran Lutut Itu Apa?

Obat pengapuran lutut itu apa? Obat ini diperlukan untuk mencegah lutut Anda menjadi nyeri dan bengkak yang menjadi gejala kemungkinan adanya pengapuran di lutut.

Pengapuran tulang atau dikenal dengan istilah osteoartritis (OA) adalah penyakit akibat rusaknya lapisan tulang rawan akibat sendi yang menipis. Penipisan ini menyebabkan bergeseknya tulang dengan jaringan lain saat bergerak. Saat bergesekan inilah yang membuat Anda merasakan nyeri, misalnya di lutut.

Pengapuran merupakan penyakit yang dikaitkan dengan tulang dan sendi, bukan hanya osteoporosis saja.

Semua sendi di tubuh Anda tak luput dari pengapuran ini. Namun, tulang lutut, tangan, pinggul, leher, dan tulang belakang seringkali menjadi target proses pengapuran ini.

Penyebab Pengapuran Lutut

Penyebab tersering pengapuran sendi adalah proses degeneratif, yang terjadi seiring dengan pertambahan usia maka hampir semua orang akan berisiko mengalami pengapuran dengan derajat tertentu.
Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan pengapuran tulang:

  • Obesitas atau kelebihan berat badan membuat sendi-sendi penahan tubuh Anda (terutama lutut, dan tulang belakang) harus bekerja secara esktra menopang beban Anda yang berlebihan. Berat tubuh yang berlebih akan menekan bantalan tulang rawan. Bila terus-menerus ditekan, bantalan ini akan mengalami pengikisan sehingga semakin menipis
  • Cedera, baik olahraga atau kecelakaan.
  • Gerakan berulang dalam waktu lama saat melakukan pekerjaan harian, misalnya banyak membungkuk, mengangkat beban berat.
  • Genetik, misalnya kurangnya produksi kolagen, kelainan susunan tulang

Nyeri sendi merupakan gejala yang paling sering muncul pada kasus pengapuran tulang. Nyeri ini biasanya akan menetap. Selain itu, juga akan diikuti dengan kekakuan sendi, serta penurunan fungsi sehari-hari.

Selain gejala pengapuran, ada gejala lainnya seperti mudah lelah, kesulitan jongkok, dan mudah jatuh. Sementara itu, nyeri yang dirasakan bisa menyebabkan keterbatasan gerak, atau bahkan bisa mengalami perubahan pada bentuk.

Umumnya, penyakit ini diderita oleh usia lanjut, namun tak menutup kemungkinan kerap terjadi pada usia muda juga.

Apa Gejala Pengapuran Lutut?

  • Nyeri saat melakukan gerakan berlebihan
  • Sulit berjalan
  • Sendi bisa membengkak dan kemerahan
  • Sendi kaku sulit digerakkan
  • Lutut terasa nyeri
  • Terdengar bunyi gemeretak (krepitus)

Yuk Cegah Pengapuran

mencegah pengapuran lutut

mencegah pengapuran lutut

Kendati pengapuran atau osteoartritis merupakan kondisi degeneratif atau proses penuaan yang tidak bisa dihindari, namun Anda bisa memperlambatnya atau tidak bertambah parah. gejala ini bisa diupayakan untuk dialami lebih lambat atau tidak lebih parah.

Langkah pencegahan terjadinya pengapuran yang paling penting adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat yang harus Anda lakukan secara konsisten demi sehatnya sendi-sendi.

 

 

Berikut beberapa caranya:

– Melakukan pekerjaan dengan postur tubuh yang tetap terjaga, misalnya perlu menekuk lutut saat mengangkat benda dari lantai

– Olahraga rutin juga sangat penting dilakukan guna membantu kesehatan sendi, misalnya jalan kaki, bersepeda, berenang

– Jangan olahraga berlebihan agar sendi Anda tidak terbebani secara berlebihan atau kurangi aktivitas yang menekan lutut misalnya naik turun tangga

– Memakai sepatu yang nyaman dan sesuai dengan bentuk anatomi kaki. Hindari sepatu hak karena dapat memberikan tekanan pada sendi lutut

Tetap menjaga berat badan tetap ideal merupakan langkah terpenting untuk menjaga sendi. Indeks massa tubuh (IMT) merupakan parameter untuk menentukan Anda termasuk kegemukan atau tidak.

IMT didapatkan dengan membagi berat badan (kilogram) dengan kuadrat dari tinggi badan (meter). Contoh berat badan 50 kilogram dengan tinggi 165 cm, maka IMT Anda = adalah 18,37.

Menurut WHO, IMT normal adalah 18,5-24,9. Jika berada di kisaran 25-29,9, adalah kategori pra- obesitas. Jika ≥ 30, kategorinya adalah kegemukan (obesitas).

Hasil riset John Hopkins Arthritis Center, setiap kelebihan 5 kilogram berat badan sudah dapat menambah beban pada lutut sebanyak 15­30 kilogram saat berjalan. Saat berjalan, lutut menerima beban sebanyak 3-6 kali lipat dari total berat badan. Hal ini lebih diperberat saat menuruni tangga.

Kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan risiko mengalami pengapuran sebanyak 4 kali lipat dibandingkan dengan berat badan normal.

Obat Pengapuran Lutut Tanpa Operasi

Tujuan dari pengobatan pengapuran sendi adalah untuk meredakan nyeri, mengembalikan mobilitas sendi dan mencegah progresivitas kerusakan sendi.
Terdapat beberapa pengobatan untuk membantu mengatasi nyeri akibat pengapuran lutut.

  • Untuk membantu mengurangi rasa nyeri dan meredakan radang, dokter kemungkinan memberikan obat pereda nyeri
  • Injeksi steroid untuk membantu mengatasi nyeri. Injeksi ini dapat dilakukan secara berkala beberapa kali dalam setahun bergantung hasil pemeriksaan baik klinis maupun radiologis.
  • Injeksi viscosuplementasi atau dengan asam hyaluronat dengan tujuan melubrikasi dan melindungi sendi
  • Injeksi platelet-rich plasma (PRP)
  • Arthroskopi
  • Radiofrekuensi ablasi

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now