Klinik Patella

Obat Nyeri Lutut Kanan, Salah Satunya Injeksi PRP

obat nyeri lutut kanan dengan PRP

Obat nyeri lutut kanan dapat menangani keluhan nyeri pada lutut sehingga Anda bisa melakukan beragam aktivitas harian.

Obat nyeri lutut kanan ini juga membantu memulihkan bengkak yang kadang menyertai nyeri pada lutut.

PRP, Obat Nyeri Lutut Kanan

Sebelum memberikan obat nyeri lutut kanan, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan bila perlu dokter juga akan menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan radiologis seperti rontgen, MRI, agar dokter mengetahui penyebab nyeri dan bengkak.

Salah satu teknologi yang juga berkembang dalam dunia medis khususnya dalam bidang pengobatan lutut, kini terdapat injeksi platelet-rich plasma (PRP) atau plasma darah kaya trombosit.

Dokter akan melakukan injeksi PRP ini sebagai obat nyeri lutut kanan setelah melihat hasil pemeriksaan radiologis yang mungkin menunjukkan adanya kerusakan pada lutut.

PRP mengandung faktor anti-radang dan faktor pertumbuhan (growth factor) yang memiliki kemampuan untuk membantu mempercepat kesembuhan dan meregenerasi pertumbuhan sel-sel.

Prosedur PRP ini relatif sederhana yaitu hanya dengan menggunakan darah pasien sendiri dan akan melalui proses secara medis untuk menghasilkan konsentrat trombosit. Kemudian dokter akan menyuntikkan konsentrat ini secara langsung ke dalam lokasi cedera.

Terapi injeksi PRP telah meluas dan dokter menerapkannya tidak hanya pada a kasus cedera muskuloskeletal akibat olahraga saja, namun juga pada kasus degeneratif tulang rawan dan sendi, seperti pengapuran atau osteoartritis (OA).

Metode PRP memiliki prinsip regenerasi dapat membantu memudakan sendi akibat proses degeneratif atau proses penuaan dan secara alami dapat memulihkan jaringan yang rusak.

Injeksi PRP, Obat Nyeri Lutut Kanan

PRP yang memanfaatkan darah pasien ini, membantu:

Dokter akan melakukan injeksi PRP sebagai obat nyeri lutut kanan Anda yang memiliki dampak positif pada lutut dengan membantu mengurangi nyeri lutut, mengurangi bunyi (krepitus) pada sendi lutut, mengurangi kekakuan lutut sehingga memudahkan Anda untuk kembali dapat melakukan aktivitas harian Anda tanpa gangguan nyeri lagi.

Meskipun setiap pasien berbeda, dokter akan melakukan injeksi platelet-rich plasma (PRP) bervariasi menyesuaikan kondisi pasien masing-masing. Hasil studi menunjukkan agar mendapatkan hasil optimal, pengobatan awal dengan PRP memerlukan tiga kali injeksi selama tiga bulan. Salah satu studi University of Utah menyarankan, hasil perbaikan dari injeksi PRP, pasien sudah dapat merasakannya selama satu dan tiga tahun.

Menurut salah satu review Musculoskeletal Medicine, injeksi PRP adalah metode pengobatan yang terbukti meningkatkan pertumbuhan jaringan, mengurangi peradangan. Jumlah injeksi PRP untuk membantu mengatasi nyeri lutut akan bervariasi.

Jika Anda mengalami mobilitas yang buruk, nyeri kronis, atau sendi lainnya, PRP dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pantangan Pasca-PRP, Anda sebaiknya tidak melakukan olahraga dalam waktu 24 jam. Anda boleh melakukan aktivitas harian namun tidak secara berlebihan terutama gerakan atau aktivitas yang membebani lutut.

Persiapan Injeksi PRP

Sebelum dokter melakukan injeksi PRP, Anda perlu menginformasikan beberapa hal antara lain: