obat lutut bengkak karena asam urat

Obat Lutut Bengkak Karena Asam Urat Itu Apa Saja?

Obat lutut bengkak karena asam urat kira-kira seperti apa ya? Jangan hanya obatnya saja yang perlu Anda pahami, namun juga perlu mengenali penyebabnya.

Saat lutut sakit atau lutut bengkak kemerahan, banyak yang menganggap biang keladinya adalah penyakit asam urat (artritis gout).

Artritis gout terjadi saat kadar asam urat tinggi dalam darah, sehingga menyebabkan gejala seperti nyeri hebat dan mendadak (terutama jempol kaki), kemerahan, terasa panas, dan gerak sendi yang terkena menjadi terbatas.

Tak hanya pada jempol kaki, penyakit ini juga menyerang sendi lainnya seperti lutut, siku, pergelangan tangan, serta jari tangan. Itulah sebabnya lutut sakit atau lutut bengkak bisa dicurigai sebagai akibat dari asam urat tinggi.

Meski jarang terjadi, lutut bengkak bisa saja terjadi akibat berlebihnya kadar asam urat dalam tubuh.

Tentunya kondisi ini bisa mengganggu aktivitas gerak Anda akibat rasa nyeri yang luar biasa. Sehingga, tak heran Anda ingin segera mengobatinya.

Asam Urat Itu Apa? 

Asam urat merupakan hasil akhir dari metabolisme purin yang berasal dari makanan yang Anda makan sehari-hari dan akan keluar secara alami sebagian besar dalam urine dan sebagian kecil melalui saluran cerna (feses).

Kadarnya akan meningkat dalam tubuh bisa terjadi saat kerja ginjal terganggu sehingga tidak mampu mengeluarkannya melalui urine.

Kadar asam urat normal pada laki-laki < 7 mg/dl dan perempuan < 6 mg/dl. Bila kadarnya berlebihan dikenal dengan hiperurisemia.

Dampak Asam Urat Menyerang Sendi

Asam urat ini tak pandang bulu. Semua sendi berisiko terkena asam urat. Namun kebanyakan menyerang sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, kondisi ini lebih sering menyerang laki- laki, kisaran usia > 30 tahun.

Jika tak ada tindakan penanganannya, kondisi ni mungkin saja menimbulkan komplikasi yakni merusak sendi atau deformitas sendi.

Akibatnya, jaringan sendi akan rusak secara permanen dan dapat mengakibatkan sendi mengalami perubahan bentuk hingga membengkok hingga tidak dapat bergerak kembali.

Selain itu, asam urat yang berbentuk kristal juga akan membentuk tophus/tophi. Tophus adalah nodul atau gumpalan kristal yang terbentuk pada bawah kulit yang dapat membesar sehingga menyebabkan rasa sakit saat asam urat menyerang.

Obat Lutut Bengkak Karena Asam Urat dan Pemicunya

Masalah pada sendi ini salah satunya memang asam urat yang berlebihan yang terpicu beberapa sebab antara lain:

  • Ada riwayat keluarga dengan asam urat tinggi
  • Sering makan makanan berpurin tinggi, seperti daging merah, jeroan, seafood dll
  • Suka minuman tinggi gula.
  • Kerap menggunakan obat tertentu seperti aspirin, diuretik
  • Memiliki kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, masalah pada tiroid, ginjal, obesitas dan lainnya.

Gejalanya Seperti Apa?

  • 1.Nyeri sendi tak tertahankan
  • 2.Bengkak yang tidak hanya pada sendinya tetapi juga pada area sekitarnya.
  • 3.Meningkatnya volume cairan sinovial atau pelumas sendi sehingga sendi membengkak dan tidak mampu bergerak leluasa
  • 4.Kulit berwarna kemerahan yang kemungkinan terpicu oleh adanya peradangan sehingga aliran darah pun meningkat sehingga warna kulit berubah memerah
  • 5.Sendi terasa hangat
  • 6.Muncul benjolan keras (tophus/tophi) yang secara permanen dapat merusak sendi.

Mengingat dampak asam urat yang cukup dapat membuat kerusakan sendi, maka memerlukan penanganan yang tepat sebelum merusak sendi secara permanen.

Obat Lutut Bengkak Karena Asam Urat

Anda dapat mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh. Seringnya gejala membaik dalam waktu 24 jam setelah mulai proses pengobatan.

Obat lutut bengkak karena asam urat ini bertujuan untuk membantu:

  • Meredakan nyeri dan peradangan
  • Mencegah serangan berulang agar tidak menimbulkan kelainan sendi permanen
  • Meminimalkan risiko terbentuknya tophi
  • Mencegah kerusakan ginjal

Dokter akan memberikan obat lutut bengkak karena asam urat bergantung pada faktor-faktor tertentu, seperti usia, fungsi ginjal, penyakit penyerta, dan pengobatan lain tengah Anda lakukan.

Obat tersebut dapat berupa obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), injeksi steroid (ke dalam sendi lutut sehingga membantu meredakan nyerinya), obat penghambat produksi asam urat dalam tubuh (penghambat enzim xanthine oxidase).

Tips sehat atasi lutut bengkak karena asam urat:

  • Batasi makanan dengan purin tinggi seperti jerohan, kembang kol, seafood, dan lainnya
  • Perbanyak minum air putih
  • Minum kopi secukupnya.
  • Menjaga berat badan ideal

Jangan lupa untuk tetap aktif atau berolahraga, meski telah memasuki usia senja. Bergerak akan membantu mencegah kekakuan sendi, yang mungkin justru akan berujung menumpuknya purin.

Untuk membantu meredakan nyeri, gunakan kompres dingin dalam waktu 1-2 hari setelah sendi bengkak. Lakukan 10-20 menit, sesering mungkin. Kompres ini bermanfaat membantu memicu menyempitnya pembuluh darah atau  memperlambat aliran darah ke sendi yang bengkak. Sehingga diharapkan pembengkakan akan reda.

Asam Urat Berlebihan

Yang terjadi ketika asam urat melebihi kadar normal dapat menyebabkan gout. Namun tidak semua hiperurisemia menimbulkan gout. Definisi gout adalah asam urat yang berbentuk kristal-kristal  menumpuk pada sendi.

Tidak hanya sendi saja yang terkena dampaknya tetapi juga berdampak pada organ lainnya, seperti ginjal.

Gout memiliki episode peradangan (akut dan kronis), membentuk tophus, dan menumpuknya kristal pada ginjal dan saluran kemih yang membentuk batu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now