obat alami penghilang nyeri lutut

Obat Alami Penghilang Nyeri Lutut

Obat alami penghilang nyeri lutut dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu mengatasi nyeri yang Anda rasakan pada lutut.

Nyeri lutut bisa saja mengenai setiap orang, tak hanya pada lanjut usia, bahkan tak jarang usia belia atau muda juga bisa mengalami masalah pada lututnya.

Penyebabnya bisa beragam, dari kemungkinan adanya cedera, atau peradangan, infeksi, pengapuran dan lainnya.

Lutut menjadi nyeri kadang juga bisa terjadi akibat aktivitas harian Anda seperti berlari, atau menari, atau saat salah memijakkan kaki juga bisa memicu nyeri pada sendi ini.

Nyeri yang dirasakan itu juga bisa ada pada sendi lutut atau pada struktur penyusun sendi lutut misalnya tendon, ligament atau saraf.

Saat nyeri lutut ini sudah memengaruhi berbagai aspek kehidupan harian, Anda pun mulai mencari solusinya bisa langsung berkonsultasi dengan dokter atau mencari tahu apakah ada obat alami penghilang nyeri lutut.

Salah satu obat alami penghilang nyeri lutut adalah dengan memanfaatkan sebagian bahan makanan alami atau makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Penyebab Nyeri Lutut

Bengkak kadangkala menyertai rasa nyeri pada lutut. Selain itu, bisa membuat Anda tak bisa meluruskan atau menekuk lutut. Nah bila sudah seperti ini, tentu aktivitas pun menjadi tertunda.

Penyebab nyeri dan bengkak bisa diakibatkan oleh cedera, patah tulang, jatuh atau benturan mekanis, dislokasi sendi lutut.

Proses degeneratif atau proses yang terjadi seiring dengan usia juga bisa mengenai lutut. Kondisi osteoartritis atau gout juga bisa mengakibatkan rasa nyeri, kemerahan dan bengkak pada lutut.

Anda yang termasuk sebagai penggemar olahraga juga memiliki risiko mengalami nyeri pada lutut.

Obat Alami Penghilang Nyeri Lutut

Bahan alami yang ada di rumah Anda dapat bermanfaat membantu mengurangi nyeri sendi lutut.

Obat alami penghilang nyeri sendi lutut tersebut antara lain:

1. Jahe

Jahe memiliki bahan alami, gingerol, yang menurut beberapa penelitian memiliki sifat antiinflamasi atau bahan untuk membantu proses peradangan (inflamasi). Jahe ini bisa Anda manfaatkan dengan meminum air rebusan jahe, sebagai bahan ke dalam masakan, atau ekstrak jahe yang diseduh dengan air hangat. Atau dicampur ke dalam teh hangat juga bisa Anda gunakan sebagai obat alami penghilang nyeri sendi lutut.

Baca Juga  Bentuk Kaki X Pada Orang Dewasa Penyebab dan Dampaknya Apa?

2. Kunyit

Kalau Anda termasuk penggemar kari, berarti sudah banyak kurkuma yang Anda makan.

Kunyit yang berwarna kuning tua ini mengandung senyawa kuat, kurkumin yang juga memiiliki sifat antiinflamasi dan dapat menghambat enzim atau protein tertentu yang dapat memicu peradangan.

Dari beberapa penelitian menemukan, secara khusus kunyit dapat mengurangi rasa sakit/nyeri dan bengkak pada pasien radang sendi sehingga mobilitas sendi juga membaik.

3. Cinnamon atau kayu manis

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde and cinnamic acid, yaitu antioksidan yang berperan membantu menghambat kerusakan sel akibat zat radikal bebas. Bisa Anda konsumsi dengan mencampurkannya sebagai bumbu ke dalam masakan maupun kue.

4. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat membantu memperlambat kerusakan tulang rawan dan mampu membantu menghilangkan nyeri pada lutut.

5. Bawang putih, merah, dan daun bawang

Bawang memiliki senyawa dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi dan mencegah kerusakan sendi.

Obat Alami Penghilang Nyeri Lutut Berikutnya Adalah

7. Buah ceri
Warna merah pada ceri menandakan buah ini mengandung antioksidan sehingga dapat bermanfaat membantu mencegah peradangan. Buah ceri ini bisa dibuat jus atau dimakan begitu saja, dapat membantu mengurangi nyeri dan kekakuan sendi.

8. Cuka apel

Cuka sari apel memiliki efek alkali, sehingga dapat membantu melarutkan penumpukan mineral yang berlebihan dalam sendi lutut. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu memulihkan cairan pelumas sendi sehingga dapat membantu mengurangi nyeri dan meningkatkan mobilitas.

9. Wortel

Mengandung beta karoten dan vitamin A yang merupakan salah satu senyawa antiinflamasi. Bisa Anda konsumsi dalam kondisi mentah atau matang dalam santapan harian Anda atau sebagai camilan sehat.

10. Nanas

Buah ini kaya dengan vitamin C yang juga mengandung bromelain sebagai senyawa antiinflamasi yan bisa membantu atasi nyeri akibat radang sendi. Bila Anda bukan penggemar nanas, papaya juga bisa menjadi penggantinya.

11. Kedelai

Kacang ini kaya dengan asam lemak omega-3 yang salah satu perannya dapat membantu mengurangi peradangan. Senyawa-senyawa kimia yang menyerang jaringan sendi dapat mengakibatkan terbentuknya cairan pada sendi dan memicu kerusakan kartilago sehingga nyeri. Nah kandungan dalam kacang kedelai dapat membantu mengurangi peradangan. Bisa Anda konsumsi dalam bentuk susu atau tofu yang memiliki manfaat yang sama.

Baca Juga  Radiofrekuensi Ablasi Efektif Redakan Nyeri di Persendian Akibat Osteoarthritis

12. Teh hijau

Teh ini sarat dengan polifenol, yakni senyawa antioksidan yang diyakini dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat kerusakan kartilago atau tulang rawan sendi.

Selain itu, teh ini juga mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang juga berperan sebagai antioksidan dan bekerja dengan menghambat produksi molekul-molekul kimiawi yang dapat merusak sendi pada rheumatoid arthritis (RA).

Perlu Suplementasi

Untuk membantu mengatasi nyeri sendi lutut, mungkin Anda memerlukan suplemen sebagai pelengkapnya. Namun sebelumnya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu suplemen mana yang cocok dengan Anda.

Minyak ikan. Studi di Inggris menemukan, minyak ikan cod mengandung enzim-enzim yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Vitamin E. Vitamin ini mengandung alfa-tokoferol alami yang dapat membantu mengurangi kekakuan dan nyeri sendi pada pagi hari.

Glukosamin/kondroitin. Kombinasi keduanya dapat membantu Anda bebas dari rasa nyeri jangka panjang dan membantu memperlambat proses degenerasi pada kartilago sendi. Bahkan para periset juga meyakini keduanya ini juga bisa membantu proses perbaikan kartilago.

Obat Alami Penghilang Nyeri Sendi Lutut Lainnya

1. Kompres hangat atau dingin

Kompres ini dapat membantu mengatasi nyeri lutut akibat cedera. Jika ada peradangan maka sebaiknya hindari kompres panas karena dapat memperburuk keadaan. Terapi panas paling baik untuk nyeri kronis seperti artritis. Jika terjadi cedera olahraga, sebaiknya berikan kompres dingin.

2. Metode RICE (Rest, Ice, Compression, dan Elevation)

Metode ini terdiri dari istirahat, kompres dengan es, kompresi atau menggunakan bebat, dan meninggikan kaki dengan meletakkan bantal kecil bawah lutut saat berbaring.

3. Menjaga berat badan tetap ideal

Berat badan yang berlebihan dapat memberikan beban berlebihan pula pada sendi lutut yang lama kelamaan dapat menyebabkan nyeri.

Nyeri yang masih berlanjut sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Kadang untuk ini, dokter akan meminta Anda melakukan pemeriksaan radiologis sebagai penunjang agar dapat memberikan terapi yang sesuai.

Kini sudah ada metode penanganan nyeri sendi lutut tanpa operasi, seperti radiofrekuensi ablasi dan injeksi asam hialuronat (viscosuplementasi).

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now