nyeri tumit kaki

Nyeri Tumit Kaki, Cara Menanganinya Tak Melulu Harus Operasi

Nyeri tumit kaki paling sering dialami kaum perempuan yang suka memakai high heels. Orang-orang yang berkerja dengan menghabiskan waktu berdiri, orang yang rutin berolahraga atau yang memiliki rematik atau tendinitis juga merasakan keluhan ini. Jika sudah mengalami keluhan satu ini, pasti akan mengganggu aktivitas. Berjalan pun akan sulit karena rasa sakit meski jaraknya dekat.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara untuk mengatasi nyeri tumit kaki

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri tumit kaki yang bisa kamu coba, seperti:

1. Minum obat pereda nyeri

Peradangan pada area ini bisa menimbulkan rasa sakit yang sebenarnya bisa saja teratasi dengan obat pereda nyeri.  Obat-obatan ini bisa membantu meredakan nyeri dengan menghambat dan mengurangi peradangan. Namun, kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

2. Istirahat

Saat keluhan terjadi ketika sedang beraktivitas, sebaiknya hentikan dulu dan beristirahatlah sampai keluhan membaik. Khawatir, jika terus beraktivitas akan membuat kondisi semakin parah.

3. Kompres dengan es

Kamu juga bisa mengompres dengan es batu yang dibalut handuk atau kain saat sedang beristirahat. Rasa dingin bisa membantu mengurangi pembengkakan dan sakit. Kompres ini bisa kamu lakukan 2 kali sehari, bila keluhan kembali muncul.

4. Latihan peregangan kaki

Meskipun memang sebaiknya mengistirahatkan kaki, bukan berarti tidak bisa beraktivitas sama sekali, lho. Kamu bisa melakukan aktivitas peregangan khusus pada kaki untuk memperkuat otot-otot kaki dan membantu mengurangi keluhan. Latihan yang bisa kamu lakukan, seperti berikut ini:

  • Duduk pada kursi sambil meregangkan kaki dengan psosisi lurus ke depan dan tangan menyentuh kaki.
  • Berdiri dengan menghadap dinding dan tempatkan tumit yang alami keluhan ke belakang kaki lainnya. Selanjutnya, tekuk kaki bagian depan sambil mendorong tubuh bagian ataske arah dinding, lalu tempelkan tangan pada dinding. Gerakan tubuh naik turun.
Baca Juga  Mengenal Cedera ACL Pada Lutut: Gejala dan Penyebabnya
5. Operasi

Jika pengobatan dan perawatan di atas telah kamu lakukan namun kondisi tak kunjung membaik mungkin operasi bisa menjadi salah satu solusi. Tapi, pastikan lebih dulu yang menjadi penyebab nyeri tumit kaki dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika hasil pemeriksaan memang harus melakukan operasi, maka tindakan tersebut memang perlu untuk membantu memperbaiki masalah pada tumit.

 

 

Untuk menghindari kondisi ini terjadi, perhatikan aktivitas yang kamu lakukan ya. Jangan terlalu lama melakukan aktivitas yang berat, kurangi menggunakan high heels pada perempuan dan beristirahat yang cukup. Jika keluhan tidak kunjung hilang selama beberapa minggu, segera periksakan diri ke dokter.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now