nyeri tulang ekor

Nyeri Tulang Ekor Sampai Kaki, Kenapa Ya?

Nyeri tulang ekor terkadang terasa sampai kaki dan tentunya menyebabkan ketidaknyamanan khususnya saat beraktivitas, terutama saat duduk.  Kondisi ini bisa tejadi akibat cedera pada tulang ekor atau karena  penyakit tertentu. Namun, bisa juga karena penyebab yang tidak diketahui.

Tulang ekor merupakan bagian tulang yang berbentuk V dan melengkung yang berada pada  area bawah tulang belakang. Fungsinya,  menunjang tubuh saat dalam posisi duduk serta membantu menopang berat badan selama mengubah posisi duduk.

Penyebab nyeri tulang ekor

Cedera tulang ekor

Cedera pada punggung bagian bawah merupakan penyebab sakit tulang ekor yang paling sering terjadi. Gejalanya dapat berupa memar, retak, patah, atau pergeseran pada tulang ekor. Pemicunya bisa karena jatuh dalam posisi duduk, aktivitas yang menimbulkan tekanan terus-menerus pada tulang dalam jangka waktu lama.

Penyakit sendi degeneratif

Penyakit sendi atau kondisi sendi yang kian  melemah akibat seiring bertambahnya usia seseorang  atau gerakan berulang dapat menimbulkan rasa sakit pada tulang ekor. Kondisi yang bisa menyebabkan keluhan ini antara lain,  osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Gangguan saraf tulang ekor

Gangguan pada saraf tulang belakang juga bisa menimbulkan keluhan ini, salah satunya adalah akibat saraf kejepit atau HNP.

Duduk terlalu lama

Kebiasaan duduk dengan  posisi yang kurang tepat dalam  jangka waktu lama juga bisa  memberikan banyak tekanan pada tulang ekor. Kemudian, akan muncul rasa sakit yang bertambah parah saat kamu duduk.

Kelebihan atau kekurangan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa memberikan tekanan berlebih pada tulang ekor, terutama saat kamu duduk.  Tapi, bukan berarti seseorang yang tidak gemuk tidak mengalami keluhan ini. Pada seseorang yang terlalu kurus tidak ada  bantalan lemak pada  bokong yang cukup untuk mencegah tulang ekor bergesekkan dengan jaringan sekitarnya.

Perawatan nyeru tulang ekor dari Rumah

  • Kompres dingin dan hangat secara bergantian selama 10-15 menit pada area yang mengalami sakit
  • Penggunaan bantal donat dan posisi duduk yang tepat  dapat mengurangi tekanan pada tulang ekor sehingga nyerinya bisa berkurang.
  • Melakukan pijatan lembut pada  area sekitar tulang ekor.  Namun, hindari  pijatan yang terlalu kuat karena berisiko memperparah nyeri.
  • Lakukan fisioterapi pada tulang ekor.
  • Konsumsi obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri yang dapat digunakan antara lain ibuprofen, paracetamol, atau obat pelemas otot.

Namun, jika keluhan tak kunjung hilang setelah melakukan perawatan tersebut segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00