nyeri sendi dan lutut

Nyeri Sendi dan Lutut Kekurangan Vitamin Apa? Cari Tahu Yuk!

Nyeri sendi dan lutut kekurangan vitamin apa? Mungkin masih banyak yang belum tahu ya, jika nyeri sendi berkepanjangan yang disertai kelelahan terkadang juga merupakan indikasi dari kekurangan vitamin D. Vitamin D merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita, yaitu untuk penyerapan kalsium dan membangun tulang yang kuat. Tak hanya itu, asupan vitamin D ternyata juga penting bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk menjaga kesehatan persendian.

Mengapa Vitamin D Penting untuk Kesehatan Sendi?

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga semakin berkurang. Berbagai risiko terkait radang sendi, seperti osteoarthritis lutut pun akan semakin meningkat. Kondisi ini tidak bisa Anda abaikan begitu saja karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada persendian. 

Ada banyak cara untuk mencegah nyeri sendi yang memburuk, terutama pada lutut. Salah satu caranya adalah dengan menambah asupan vitamin D yang cukup. Kekurangan vitamin ini dapat berbahaya bagi kesehatan apalagi di usia tua nantinya, karena dapat menyebabkan osteoporosis dan patah tulang. Hal ini juga menyiratkan bahwa kalsium yang Anda konsumsi tidak terserap dengan baik oleh tubuh, sehingga dapat mengakibatkan pelunakan tulang, kelemahan otot, hingga nyeri pada persendian.

Vitamin D bisa Anda dapatkan secara alami dari paparan sinar matahari pagi. Sebab, matahari adalah sumber utama vitamin D, dan ketika matahari berinteraksi dengan kulit, tubuh secara alami memproduksi vitamin tersebut.  Selain itu, asupan vitamin D juga terdapat pada makanan tertentu. 

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D

Mengidap radang sendi lutut memang sangat tidak menyenangkan. Kondisi ini bisa menyebabkan lutut nyeri, bengkak, memerah hingga sulit digerakkan. Biasanya bagian sendi yang mengalami peradangan menjadi kaku dan bisa mengganggu aktivitas yang dilakukan. 

Namun, untuk mencegah nyeri sendi dan nyeri lutut yang parah, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin D, antioksidan, vitamin A dan C, serta selenium. Berikut jenis makanan yang bisa Anda coba, antara lain: 

  • Ikan salmon
  • Oatmeal
  • Sayur Bayam
  • Minyak zaitun
  • Susu
  • Kacang-kacangan

Makanan-makanan tersebut mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk meredakan nyeri sendi dan mencegah kondisi memburuk. 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Nyeri Sendi Lutut Memburuk? 

Kondisi yang tidak segera tertangani dapat menyebabkan nyeri sendi ataupun nyeri lutut semakin parah. Tentu, Anda harus segera melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosa yang tepat dari dokter. 

Anda bisa ke Klinik Patella untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kami. Patella merupakan solusi terbaik untuk penanganan nyeri sendi dan berbagai masalah pada lutut. 

Dokter kami akan melakukan sejumlah pemeriksaan fisik dan radiologis guna memastikan kondisi nyeri yang dialami. Selanjutnya, ada beberapa metode pengobatan yang bisa Anda pilih, dan pastikan untuk memilih yang terbaik sesuai saran dokter.

Untuk mengatasi radang sendi lutut, berikut penanganannya:

  • Radiofrekuensi ablasi
  • Injeksi PRP atau Platelet Rich-Plasma
  • Viskosuplementasi
  • Injeksi intra artikular
  • Injeksi intra muskular

Segera atasi nyeri sendi dan masalah lutut Anda hanya di Klinik Patella. Hubungi Assistance Center kami di nomor 021-7919-6999 atau chat kami melalui whatsapp di 0811-1443-599.

Tak perlu khawatir jarak ya, karena Klinik Patella berlokasi di tempat strategis yaitu di Mampang, Jakarta Selatan dan SMC Jakarta di Gedung Aamanyak Pluit. 

Yuk, konsultasi sekarang dengan dokter kami dan Anda bisa bebas bergerak lagi!

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34, RT.7/RW.5, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00