nyeri pada punggung kaki kanan

Nyeri Pada Punggung Kaki Kanan Apa Penyebabnya?

 

Nyeri pada punggung kaki kanan dapat saja terjadi. Bisa saja nyeri pada punggung kaki kanan ini akibat adanya cedera. Dari cedera yang simpel yang hanya mengenai satu sendi, hingga cedera yang cukup kompleks yang mengganggu beberapa sendi yang berbeda. Bahkan adanya patah tulang pada area punggung kaki juga bisa menyebabkan nyeri.

Kaki merupakan salah satu penopang tubuh saat Anda beraktivitas misalnya berjalan, berlari, lompat, jongkok dan lainnya. Hal ini membuat kaki berisiko rentan alami cedera. Bahkan punggung kaki pun juga tak luput dari cedera.

Penyebab Nyeri Pada Punggung Kaki Kanan

Punggung kaki merupakan bagian atas telapak kaki yang melengkung. Area ini berperan penting menopang berat badan, membantu menjaga keseimbangan, sebagai penjaga stabilitas gerakan dan membantu menyesuaikan gerakan kaki saat berjalan pada permukaan tanah yang tidak rata.

Pada punggung kaki terdapat area yang disebut dengan sendi Lisfranc yang cukup kompleks. Area ini tersusun dari sekelompok tulang kecil yang membentuk lengkungan kaki saat Anda berjongkok, misalnya.

Saat salah satu penyusun tulang kaki bagian tengan mengalami retak atau cedera pada tendon atau ligamennya dapat mengakibatkan bengkak, kemerahan dan nyeri pada punggung kaki kanan. Cedera ini bisa mengenai punggung kaki kiri juga.

Nah ketika punggung kaki ini tak sengaja tertimpa benda berat atau jatuh dari ketinggian, maka kemungkinan Lisfranc ini yang mengalami kerusakan atau cedera. Bisa juga akibat terjatuh dengan posisi kaki tertekuk ke bawah yang dapat berisiko menyebabkan robeknya tendon atau fraktur.

Nama Lisfranc berasal dari nama ahli bedah Perancis, Jacques Lisfranc. Cedera Lisfranc yang asli berasal dari gambaran saat itu, ada tentara yang jatuh dari kudanya, namun kakinya masih tergantung pada sanggurdi dari pelananya. Inilah asal muasal cedera Lisfranc.

cedera Lisfranc

cedera Lisfranc

Saat ini, sebagian besar cedera pada bagian tengah kaki terjadi karena akibat salah langkah saat berada pada permukaan yang tidak rata, cedera olahraga, atau tabrakan kendaraan bermotor.

Tingkat keparahan cedera bervariasi  dari yang sederhana hingga yang kompleks dan mungkin melibatkan beberapa sendi dan tulang pada bagian tengah kaki. Cedera ini biasanya salah didiagnosis sebagai keseleo, terutama jika pernah jatuh.

Cedera Lisfranc dapat menimbulkan beberapa gejala:

  • Punggung kaki bengkak dan nyeri.
  • Adanya memar pada punggung kaki dan telapak kaki atau bagian bawah.
  • Nyeri memburuk saat berdiri, berjalan atau mencoba mendorong kaki.

Sebagian besar kasus cedera Lisfranc ini, penanganannya dengan istirahat, kompres es dan meninggikan kaki yang cedera. Namun bila kemungkinan adanya fraktur, kemungkinan dokter akan merekomendasikan terapi fisik atau tindakan bedah.

Nyeri pada Punggung Kaki Kanan dan Penyebab Lainnya

Kondisi berikut ini dapat mengakibatkan nyeri pada punggung kaki kanan. Antara lain:

  • -peradangan tendon ekstensor (tendinitis ekstensor) akibat olahraga yang terlalu berat atau terlalu sering
  • -kista ganglion yaitu semacam kantung berisi cairan. Gejalanya ada rasa kesemutan. Bila kista ini berukuran besar maka ukuran punggung kaki juga berubah sehing ameyulitkan Anda memakai sepatu.
  • -cedera pada metatarsal yang seringkali muncul akibat cedera pada jari kaki terutama jari kelingking.

Penanganannya

Untuk memastikan penyebabnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan kemungkinan meminta Anda melakukan pemeriksaan penunjang radiologis, seperti rontgen, CT scan, MRI.

Penanganannya bergantung pada penyebabnya yang terdiri dari bedah dan nonbedah. Selain itu, kemungkinan dokter juga akan menyarankan rehabilitasi medik yang mencakup latihan untuk memperbaiki rentang gerak kaki dan latihan kesembangan.

Cedera Lisfranc yang tidak ditangani dengan baik dapat menimbulkan komplikasi. Peradangan sendi kaki atau artritis menjadi komplikasi tersering cedera Lisfranc ini yang mungkin memerlukan penanganan lebih lanjut.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now