nyeri lutut jangan dianggap remeh

Nyeri Lutut Jangan Dianggap Remeh, Waspada Gejalanya!

Nyeri lutut merupakan keluhan yang sering ditemui dan sebaiknya jangan dianggap remeh, karena bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Kondisi ini terjadi akibat adanya gangguan pada struktur lutut, seperti tulang, ligamen,tendon maupun bantalan sendi. Ketika mengalami sakit lutut, apalagi jika sudah berlangsung cukup lama, maka sebaiknya segera periksakan diri ke Klinik Patella. Klinik Patella memiliki dokter spesialis handal dan metode pengobatan terkini tanpa operasi yang akan membantu mengatasi masalah pada lutut dan sendi Anda. 

Berbagai Kondisi Penyebab Nyeri Lutut

Beberapa kondisi dapat menyebabkan keluhan nyeri lutut, seperti: 

  • Patah tulang atau fraktur: Terjadi karena cedera berolahraga atau kecelakaan. Biasanya kondisi ini ditandai dengan rasa sakit pada lutut, pembengkakan, ataupun muncul kemerahan di area lutut yang fraktur.
  • Meniskus robek: Terjadi ketika bantalan sendi mengalami luka atau robek sehingga mobilitas terganggu karena lutut terasa sakit ketika digerakkan. 
  • Cedera ligamen: Biasanya terjadi pada atlet akibat cedera. Gejalanya bisa berupa lutut bengkak, muncul bunyi berderak dari lutut, dan sendi terasa longgar.
  • Osteoarthritis lutut: Peradangan sendi kronis pada lutut akibat penipisan tulang rawan karena proses penuaan.
  • Bursitis: Peradangan pada bursa, yakni pelumas dan bantalan di sekitar sendi. Bursitis bisa menimbulkan nyeri dan bengkak yang bisa membatasi pergerakan sendi.

Gejala yang Harus Diwaspadai

Gejala yang muncul berbeda dan tergantung dari penyebab dan tingkat keparahan nyeri. Jika mengalaminya, Anda mungkin akan merasakan nyeri ringan hingga nyeri hebat pada lutut. Apalagi jika menggunakannya secara berlebihan, maka rasa sakitnya bisa semakin parah.

Nyeri lutut yang tidak segera tertangani juga dapat menyebabkan ketidakstabilan dan kelemahan pada otot dan sendi lutut. Gejala lainnya, bisa mencakup rasa kaku, muncul bunyi gemeretak, sendi terasa seperti terkunci, dan kesulitan saat akan meluruskan lutut. 

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Gejala Nyeri Lutut yang Harus Diwaspadai

Cara Redakan Nyeri Lutut dengan Metode PRICE

Untuk mengatasi rasa sakit pada lutut, cobalah metode PRICE yang mudah untuk Anda lakukan di rumah.

  • Protect: Lindungi lutut dari benturan dan hindari melakukan aktivitas berat yang membebani lutut
  • Rest: Istirahatkan lutut dari kegiatan berlebihan selama beberapa waktu agar sampai nyerinya membaik
  • Ice: Kompres dengan bantalan dingin untuk menurunkan suhu di sekitar jaringan yang mengalami cedera sehingga bisa mengurangi nyeri dan pembengkakan
  • Compress: Berikan tekanan pada lutut bersamaan dengan mengompres dingin 
  • Elevate: Meninggikan bagian yang cedera melebihi ketinggian jantung. Tujuannya yaitu untuk membantu mendorong cairan keluar dari bagian yang mengalami pembengkakan. 

Untuk membantu meredakan sakitnya, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, jika tak juga membaik dan lutut semakin meradang atau membengkak, maka segeralah ke dokter. 

Anda bisa mengunjungi Klinik Patella sebagai Pusat Pengobatan Nyeri Lutut dan Sendi. Kami berlokasi di Mampang dan SMC Jakarta Pluit. Patella memiliki dokter spesialis yang handal dan berpengalaman serta metode terkini untuk menangani semua masalah lutut dan sendi. 

Yuk, konsultasi sekarang dengan dokter kami untuk keluhan nyeri lutut Anda! Silakan hubungi Assistance Center Patella di nomor 021-7919-6999 atau chat kami melalui whatsapp di 0811-1443-599. 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00