nyeri lutut berkepanjangan - Patella

Nyeri Lutut Berkepanjangan, Apa Penyebabnya?

Mengapa lutut Anda terus menerus terasa sakit, kira-kira apa ya penyebabnya? Nyeri lutut berkepanjangan merupakan keluhan umum yang sering dialami oleh banyak orang di berbagai rentang usia. Namun, ketika kondisi tersebut terjadi, itu bisa menjadi masalah yang signifikan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyeri lutut berkepanjangan, baik yang berkaitan dengan cedera maupun kondisi medis tertentu. 

Penyebab Nyeri Lutut Berkepanjangan

septic arthritis

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memicu sakit lutut yang berkepanjangan dan tak kunjung membaik, antara lain: 

1. Cedera fisik

Salah satu penyebab umum nyeri lutut berkepanjangan adalah cedera fisik, seperti cedera ligamen atau cedera meniskus. Cedera ligamen biasanya terjadi saat lutut terjatuh atau tiba-tiba memutar dengan keras. Sementara itu, cedera meniskus bisa terjadi karena gerakan yang tiba-tiba dan memaksa pada lutut. Cedera ini seringkali menyebabkan nyeri berkepanjangan dan mungkin memerlukan perawatan medis atau fisioterapi untuk pemulihan yang optimal.

2. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang paling umum dan dapat menyebabkan nyeri lutut berkepanjangan. Kondisi ini terjadi ketika lapisan pelindung tulang rawan di lutut mulai mengalami kerusakan dan aus seiring waktu. Gejala yang biasanya terkait dengan osteoarthritis meliputi nyeri, kekakuan, peradangan, dan pembengkakan. Pengelolaan osteoarthritis melibatkan perawatan medis, seperti obat penghilang rasa sakit, fisioterapi, olahraga ringan, dan penyesuaian gaya hidup.

Baca juga: Mengelola Gejala Nyeri Lutut Pada Penderita Rheumatoid Arthritis

3. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit autoimun yang dapat menyebabkan peradangan kronis pada sendi, termasuk lutut. RA seringkali menyerang kedua lutut secara simetris. Nyeri lutut berkepanjangan, pembengkakan, kemerahan, dan kekakuan pagi hari adalah gejala umum RA. Perawatan untuk RA melibatkan penggunaan obat antiinflamasi non steroid, obat antirheumatoid, dan terapi fisik untuk mengurangi gejala dan memperlambat kerusakan sendi.

4. Bursitis

Bursitis adalah peradangan pada bursa, kantung kecil yang berfungsi melumasi dan melindungi persendian. Kondisi ini dapat terjadi akibat penggunaan berlebihan, cedera, atau infeksi. Gejalanya termasuk nyeri pada lutut, pembengkakan, dan kemerahan di sekitar daerah lutut. Perawatan bursitis meliputi istirahat, penggunaan es, obat antiinflamasi nonsteroid, dan terapi fisik.

5. Tendinitis

Tendinitis terjadi ketika tendon, yang menghubungkan otot dengan tulang, mengalami peradangan. Peradangan pada lutut ini sering kali terjadi pada tendon patella atau tendon quadriceps. Kondisi ini umumnya terjadi akibat dari melakukan aktivitas berulang, cedera, atau penuaan. Gejala tendinitis lutut meliputi nyeri saat bergerak, pembengkakan, dan kekakuan. Perawatan melibatkan istirahat, terapi fisik, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid, serta injeksi kortikosteroid.

Sakit lutut yang tak kunjung membaik dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk cedera fisik, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, bursitis, dan tendinitis. Jika Anda mengalami nyeri lutut berkepanjangan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan perawatan medis maupun terapi fisik untuk mengurangi nyeri dan memulihkan fungsi lutut yang optimal. Selain itu, menjaga pola hidup sehat dan menghindari aktivitas yang membebani lutut dapat membantu mencegah perburukan kondisi nyeri pada lutut.

Silakan berkonsultasi dengan menghubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022. 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Nyeri Lutut Berkepanjangan?

Berikut ini beberapa hal yang memicu nyeri lutut berkepanjangan: 1. Cedera fisik 2. Osteoarthritis 3. Rheumatoid arthritis 4. Bursitis 5. Tendinitis

Bagaiman Tendinitis dapat Terjadi?

Tendinitis terjadi ketika tendon, yang menghubungkan otot dengan tulang, mengalami peradangan. Peradangan pada lutut ini sering kali terjadi pada tendon patella atau tendon quadriceps. Kondisi ini umumnya terjadi akibat dari melakukan aktivitas berulang, cedera, atau penuaan.

Apa itu Osteoarthritis?

Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang paling umum dan dapat menyebabkan nyeri lutut berkepanjangan. Kondisi ini terjadi ketika lapisan pelindung tulang rawan di lutut mulai mengalami kerusakan dan aus seiring waktu. Gejala yang biasanya terkait dengan osteoarthritis meliputi nyeri, kekakuan, peradangan, dan pembengkakan.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00