neuroma Morton menyebabkan nyeri jari kaki

Neuroma Morton Menyebabkan Nyeri Jari Kaki

Neuroma Morton menyebabkan nyeri pada kaki bagian depan. Tidak hanya itu, neuroma Morton menyebabkan Anda merasa seperti ada batu kerikil dalam kaus kaki atau sepatu atau terasa seperti kaus kaki terlipat.

Neuroma Morton terjadi akibat menebalnya jaringan atau bantalan kaki sekitar salah satu saraf yang terbentang hingga jari-jari kaki. Kondisi ini biasanya terjadi antara jari kaki ketiga dan keempat.

Arti neuroma adalah pembesaran atau penebalan saraf kaki pada area antara jari, biasanya sela ketiga antara jari ketiga dan keempat, yang bisa lanjut pada sela kedua antara jari kedua dan ketiga.

Penebalan tersebut kemungkin merupakan respons tubuh akibat adanya tekanan/beban, iritasi atau cedera.

Bantalan kaki adalah bagian depan atau ujung kaki yang biasa menjadi pijakan saat berjinjit atau memakai sepatu, terutama sepatu hak tinggi.

Faktor Risiko

Bila ada bunion (kapalan), hammertoe atau kaki datar menjadi salah satu faktor yang membuat Anda berisiko mengalami neuroma Morton.

Selain itu, kebiasaan memakai sepatu hal tinggi yang dapat memberikan tekanan ekstra pada jari-jari kaki juga bisa membuat Anda penggemar sepatu hak tinggi berisiko mengalami neuroma Morton menyebabkan nyeri.

Olahraga lari, ski, panjat tebing, atau menari balet dapat menyebabkan tekanan berulang terus menerus pada jari kaki karena sepatu yang sempit sehingga dapat mengakibatkan neuroma Morton.

Anda pemiliki telapak kaki datar (flat feet) atau overpronasi juga memiliki risiko mengalami nyeri akibat neuroma Morton.

Neuroma Morton Menyebabkan Gejala Apa?

Akibat menebalnya bantalan kaki, maka kemungkinan neuroma Morton menyebabkan rasa sakit, perih pada bantalan kaki dan/atau nyeri pada ujung kaki.

Jari kaki juga akan terasa seperti tersengat, panas, hingga kebas atau mati rasa.

Nyeri dapat memburuk saat Anda memakai sepatu yang berujung ketat atau sempit, dan saat melakukan aktivitas yang memerlukan Anda selalu bertumpu pada kaki.

Saat berjalan, mungkin Anda akan merasakan seperti ada kelereng, kerikil atau benda lainnya dalam alas kaki. Terkadang juga terasa kram.

Pemeriksaan

Untuk memastikan penyebab nyeri pada kaki, dokter akan melakukan pemeriksaan yang komprehensif berdasarkan gejala yang Anda rasakan. Dokter juga akan mengesampingkan penyebab lainnya misalnya radang sendi, fraktur, maka kemungkinan perlu pemeriksaan radiologis sebagai penunjang, seperti rontgen, USG, dan MRI.

Untuk membantu mencegah nyerinya, dokter mungkin akan meresepkan obat antinyeri dan injeksi steroid.

 Neuroma Morton Menyebabkan Nyeri, Cegah dengan Cara Berikut

Ada beberapa cara untuk mencegah neuroma Morton menyebabkan nyeri pada kaki. Cara-cara tersebut antara lain:

  • Hindari memakai sepatu berujung sempit/ketat dan hak tinggi
  • Pilih sepatu yang berujung lebar
  • Memakai insert orthotic atau insole tambahan dalam alas kaki
  • Kaos kaki yang empuk juga dapat membantu melindungi telapak kaki dari tekanan saat berdiri atau berjalan
  • Kompres es pada area yang terasa nyeri
  • Kurangi aktivitas yang dapat memicu nyeri

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now