menjaga kesehatan lutut

Menjaga Kesehatan Lutut dengan Terapi aaPRP

Tahukah anda mengapa kita perlu menjaga kesehatan lutut? Sebab, lutut adalah sendi yang sangat penting dalam tubuh manusia, karena memungkinkan gerakan dan mobilitas untuk berjalan, berlari, dan melakukan aktivitas sehari-hari lainnya. Namun, seringkali lutut menjadi rentan terhadap cedera dan masalah kesehatan, terutama pada orang-orang yang aktif secara fisik atau yang memiliki riwayat cedera lutut. Nah, salah satu terapi pengobatan yang semakin populer adalah aaPRP (Autologous Protein Solution Rich in Platelets) atau Solusi Protein Autologus yang Kaya akan Trombosit. Apa itu AAPRP? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di sini!

Mengenal Terapi Pengobatan AAPRP

Terapi aaPRP melibatkan pengambilan darah pasien, yang kemudian melalui proses secara khusus untuk memisahkan plasma kaya trombosit (PRP) dari komponen darah lainnya. PRP mengandung faktor pertumbuhan dan protein lainnya yang dapat merangsang penyembuhan dan regenerasi jaringan. Setelah terpisah, dokter akan memasukkan kembali plasma tersebut ke lutut pasien, pada area yang mengalami cedera atau kerusakan.

Manfaat Terapi AAPRP untuk Kesehatan Lutut

Ada beragam manfaat yang bisa Anda peroleh dari melakukan terapi ini, yaitu:

  • Merangsang Penyembuhan: PRP mengandung faktor pertumbuhan yang memicu proses penyembuhan di area yang terluka. Ini dapat membantu mempercepat pemulihan dari cedera lutut, seperti ligamen robek, radang sendi, atau masalah tendon.
  • Meredakan Peradangan: Terapi AAPRP telah terbukti memiliki efek antiinflamasi. Hal ini dapat membantu meredakan peradangan yang mungkin terjadi di lutut dan mengurangi rasa sakit yang terkait.
  • Meningkatkan Regenerasi Jaringan: PRP dapat merangsang regenerasi jaringan yang rusak atau terkikis di lutut. Ini dapat membantu memperbaiki dan meregenerasi tulang rawan, ligamen, dan tendon yang rusak.
  • Menyediakan Perlindungan Jangka Panjang: Dengan merangsang penyembuhan dan regenerasi jaringan, terapi aaPRP dapat membantu mengurangi risiko komplikasi jangka panjang dan mencegah masalah kesehatan lutut yang lebih serius di masa depan.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan 

  • Konsultasikan dengan Dokter: Sebelum menjalani terapi AAPRP atau terapi apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Mereka akan mengevaluasi kondisi lutut Anda dan menentukan apakah terapi aaPRP sesuai dengan kondisi yang dialami.
  • Terapi Tambahan: Terapi aaPRP sering digunakan sebagai bagian dari rencana perawatan yang lebih luas. Dokter mungkin merekomendasikan terapi fisik, perubahan gaya hidup, atau intervensi lainnya untuk memaksimalkan hasil pengobatan.
  • Proses Pemulihan: Setiap orang bereaksi secara berbeda terhadap terapi aaPRP, dan waktu pemulihan dapat bervariasi. Penting untuk mengikuti petunjuk dokter dan melibatkan diri dalam program rehabilitasi yang direkomendasikan untuk mempercepat pemulihan lutut Anda.

Terapi pengobatan aaPRP adalah salah satu metode inovatif yang dapat membantu menjaga kesehatan lutut. Dengan merangsang penyembuhan, mengurangi peradangan, dan mendorong regenerasi jaringan, terapi ini dapat mempercepat pemulihan dari cedera lutut dan mengurangi risiko komplikasi jangka panjang. Meskipun terapi ini menunjukkan potensi yang menjanjikan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk menjalani terapi. Dengan panduan medis yang tepat, Anda dapat memperoleh manfaatnya untuk kesehatan lutut dalam jangka panjang.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang AAPRP, silakan hubungi tim Assistance Center Klinik Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat via whatsapp di 0811 8124 2022.

Semoga bermanfaat!

Baca juga: Terapi PRP, Atasi Lutut Sakit Pada Penggemar Olahraga Sepeda dan Lari

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00