cedera-ACL-

Mengenal Cedera ACL Pada Lutut: Gejala dan Penyebabnya

Cedera ACL (anterior cruciate ligament), merupakan kondisi saat ligamen lutut anterior mengalami kerusakan atau robekan. Ligamen ini berfungsi sebagai penghubung tulang paha bagian bawah dengan tulang kering agar kestabilan lutut terjaga.

Kondisi ini biasanya terjadi akibat perubahan gerakan mendadak persendian pada lutut. Misalnya, berhenti jalan atau lari secara mendadak atau saat kaki atau lutut terbentur benda keras tiba-tiba. Biasanya diikuti dengan rasa nyeri dan pembengkakan.

Apa aja sih gejala Cedera ACL?

“POP” bunyi ini biasanya terdengar sebagai tanda bahwa ligamen mengalami kerobekan.  Tak hanya itu, ada beberapa gejala lainnya juga, seperti:

Lutut tidak stabil

Ketika terjadi cedera, sendi pada lutut akan menjadi tidak stabil. Kondisi ini berisiko menyebabkan tubuh kehilangan rentang gerak dan tersasa tidak stabil atau seimbang. Sendi pada lutut cenderung mengalami kerusakan.

Pembengkakan dan nyeri padalutut

Sendi yang mengalami kerobekan mengakibatkan terjadinya pembengkakan beberapa saat kemudian. Penyebabnya ini kemungkinan karena adanya perdarahan dalam lutut.

Selanjutnya, pembengkakan itu akan diikuti dengan rasa nyeri yang sangat parah sehingga tubuh tidak lagi bisa melanjutkan aktivitas. Rasa nyeri yang setiap orang berbeda-beda, bergantung pada tingkat keparahan kerusakan yang terjadi pada ligamen lutut.

Selain gejala yang telah disebutkan, kemungkinan ada gejala lainnya. Jika kamu khawatir, segera konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Cedera Meniskus Gejala dan Penyebabnya

 Apa yang menyebabkan Cedera ACL?

Cedera ini seringnya terjadi saat sedang beraktivitas atau berolahraga dengan berintensitas tinggi. Penyebab umumnya adalah saat seseorang melakukan gerakan yang menimbulkan tekanan pada lutut.

Baca Juga  Osteosarcoma, Kanker Tulang Yang Menyerang Remaja

Misalnya saja, saat seseorang berhenti bergerak secara tiba-tiba, saat berlari mengubah arah secara mendadak, melompat dan mendarat dengan posisi yang tidak tepat. Selain itu juga bisa karena terjatuh yang menyebabkan terjadinya peregangan sendi lutut dan cedera.

Seringnya, kondisi ini disertai dengan cedera lainnya, robeknya bagian lain dari ligamen lututu dan tulang rawan yang menyerap goncangan pada lutut.  Profesi yang sering mengalami kejadian ini adalah atlet pesebak bola, basket, ski atau olahraga lainnya yang

Apa saja faktor risiko yang bisa memicu kondisi ini?

1. Berjenis kelamin perempuan

2. Kegiatan olahraga tertentu

3. Tidak melakukan pemanasan dengan benar

4. Penggunaan sepatu yang tidak sesuai

5. Perlengkapan olahraga yang tidak memadai

6. Ligamen yang lemah

Untuk mendiagnosis cedera, dokter akan melakukan pemeriksaan pada lutut. Dokter juga kemungkinan akan merekomendasikan beberapa tes penunjang untuk mengetahui penyebab dan menentukan tingkat keparahan cedera.

 

 

 

 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now