mengatasi masalah kebotakan - patella

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Kebotakan dengan PRP

Kerontokan rambut atau alopecia dapat menyebabkan kebotakan yang seringkali ditakutkan banyak orang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kebotakan, mulai dari genetika hingga gaya hidup. Untuk mengatasi kondisi tersebut, salah satu metode yang semakin populer di masyarakat yaitu dengan terapi Platelet-Rich Plasma (PRP). 

Penyebab Kebotakan yang Harus Diwaspadai

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kebotakan, antara lain: 

  • Faktor Genetik: Kebotakan seringkali merupakan hasil dari faktor genetik, terutama pada jenis kebotakan alopecia androgenetika atau pola kebotakan yang diwarisi.
  • Hormonal: Perubahan hormon, terutama di masa pubertas, kehamilan, atau menopause, dapat menyebabkan kebotakan pada beberapa individu.
  • Stres: Stres kronis dapat memicu kebotakan pada beberapa orang. Ini bisa menjadi stres emosional atau fisik yang berat.
  • Kondisi Medis: Beberapa kondisi medis seperti alopecia areata, penyakit autoimun, atau gangguan hormonal lainnya juga dapat menjadi penyebab kebotakan.
  • Efek Samping Obat: Beberapa obat-obatan, terutama pada pengobatan kanker atau masalah kesehatan lainnya, dapat menyebabkan kebotakan sebagai efek sampingnya.
  • Kurangnya Gizi: Kekurangan nutrisi tertentu, terutama zat besi, protein, dan vitamin tertentu, dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan kebotakan.

Terapi PRP untuk Mengatasi Masalah Kebotakan

Platelet-Rich Plasma (PRP) adalah prosedur medis yang melibatkan pengambilan sejumlah kecil darah dari pasien, dan melalui proses pemisahan yang bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi platelet. Dokter kemudian akan menyuntikkan darah tersebut ke kulit kepala di bagian-bagian tertentu.

Bagaimana PRP Bekerja?

  • Menstimulasi Pertumbuhan Rambut: Platelet dalam PRP mengandung faktor pertumbuhan (growth factor) yang dapat merangsang folikel rambut untuk mempercepat pertumbuhan rambut.
  • Mengurangi Peradangan: PRP juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan di kulit kepala, yang mungkin menjadi faktor penyebab kebotakan pada beberapa kasus.
  • Memperbaiki Jaringan: Platelet dalam PRP juga dapat membantu dalam memperbaiki jaringan kulit kepala yang rusak, memungkinkan rambut tumbuh dengan lebih baik.

Prosedur Terapi PRP

  • Pengumpulan Darah: Dokter mengambil sejumlah darah dari tubuh pasien, biasanya dari lengan.
  • Pemrosesan Darah: Darah akan melalui sebuah proses menggunakan mesin sentrifugasi untuk memisahkan platelet dari komponen darah lainnya.
  • Injeksi PRP: Setelah terpisah, dokter akan menyuntikkan platelet kembali ke kulit kepala pada area yang membutuhkan perbaikan.
  • Sesi Berulang: Biasanya, pasien memerlukan beberapa sesi terapi PRP untuk mencapai hasil yang optimal. Dokter akan menjadwalkan sesi-sesi tersebut dalam beberapa minggu atau bulan.

Kebotakan tentu dapat menjadi masalah yang akan berdampak terhadap kepercayaan diri dan kehidupan Anda. Terapi PRP adalah salah satu metode yang semakin populer dalam mengatasi masalah kebotakan. Namun, sebelum memutuskan untuk menjalani terapi PRP, penting untuk berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengetahui apakah ini adalah pilihan yang sesuai untuk kondisi kebotakan Anda. Dengan pengetahuan tentang penyebab kebotakan dan solusi yang efektif seperti terapi PRP, kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengembalikan kesehatan rambut dan meningkatkan rasa percaya diri.

Apabila Anda mengalami masalah pada rambut seperti kerontokan rambut yang parah hingga kebotakan, silakan berkonsultasi langsung dengan dokter ahli kami di Klinik Patella. Anda bisa menghubungi Patella melalui chat di nomor whatsapp 0811 8124 2022. 

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00