Tips Mudah Mengatasi Bahu Kaku di Rumah - Patella

6 Tips Mudah Mengatasi Bahu Kaku di Rumah

Bahu Anda terasa kaku saat sedang beraktivitas? Awas, kondisi ini jika dibiarkan bisa terus memburuk dan menghambat mobilitas harian. Bahu yang terasa nyeri dan kaku ternyata bisa mengindikasikan gejala penyakit tertentu, seperti radang sendi, bursitis, atau frozen shoulder

Penyebab Bahu Kaku

Bahu kaku adalah masalah umum yang seringkali disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, postur tubuh yang buruk, aktivitas fisik yang berlebihan, atau bahkan tidur yang tidak nyaman. Namun, tak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi bahu kaku di rumah. 

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Nyeri yang Menjalar pada Bahu Sebelah Kiri!

Cara Mengatasi Bahu Kaku

Beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mengatasi bahu kaku, diantaranya:

1. Peregangan Bahu 

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi bahu kaku adalah dengan melakukan peregangan bahu secara teratur. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Duduk dengan tegak, kemudian tarik bahu Anda ke belakang dan turunkan perlahan ke arah belakang, merasa peregangan di bagian tengah bahu.
  • Angkat tangan kanan ke atas kepala dan biarkan siku kanan menekuk. Gunakan tangan kiri untuk mendorong siku kanan perlahan ke arah kiri.
  • Ganti tangan untuk mengulangi peregangan pada sisi lain.

2. Pemanasan Sebelum Aktivitas Fisik 

Jika bahu kaku terjadi akibat aktivitas fisik, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelumnya. Pemanasan akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, merenggangkan otot-otot, dan mencegah cedera. Lakukan peregangan yang fokus pada bahu dan lengan sebelum memulai aktivitas fisik.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Peradangan Pada Tendon? Ini Jawabannya

3. Pijatan dan Terapi Panas 

Pijatan ringan pada bahu dan leher dapat membantu meredakan ketegangan otot. Anda juga bisa mencoba menggunakan bantal pemanas atau kantong air hangat untuk mengompres area yang kaku. Panas dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan otot.

4. Perhatikan Postur Tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat menjadi penyebab bahu kaku. Cobalah untuk duduk atau berdiri dengan tegak, dan selalu perhatikan posisi bahu Anda. Pergantian posisi secara teratur saat bekerja di depan komputer atau meja kerja juga bisa membantu.

5. Latihan Kekuatan dan Fleksibilitas

Latihan kekuatan dan fleksibilitas tertentu dapat membantu menguatkan otot bahu dan meningkatkan mobilitas. Cobalah yoga atau pilates, yang fokus pada peregangan dan penguatan otot-otot inti dan bahu.

6. Hindari Aktivitas yang Berlebihan

Jika aktivitas fisik yang berlebihan menjadi penyebab bahu kaku Anda, cobalah untuk menghindari kelelahan. Berikan tubuh Anda cukup waktu untuk pulih setelah aktivitas berat.

Apabila bahu kaku Anda tidak kunjung membaik atau menyebabkan rasa sakit yang parah, segeralah berkonsultasi dengan dokter di klinik Patella. Dokter dapat memberikan saran medis yang sesuai untuk kondisi Anda. Dalam banyak kasus, perawatan medis mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah bahu yang serius.

Dengan melakukan perubahan gaya hidup sederhana dan mengikuti tips di atas, Anda dapat membantu mengatasi bahu kaku di rumah. Bahu yang sehat akan membantu Anda merasa lebih baik dan dapat beraktivitas dengan lebih nyaman tanpa rasa nyeri. 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Bahu Kaku?

Bahu kaku adalah masalah umum yang seringkali disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, postur tubuh yang buruk, aktivitas fisik yang berlebihan, atau bahkan tidur yang tidak nyaman.

Baca Juga  Berbagai Jenis Cedera Lutut Yang Sering Terjadi
Bagaimana Cara Mengatasi Bahu Kaku?

Beberapa cara yang dapat dilakukan: 1. Peregangan bahu 2. Pemanasan sebelum aktivitas fisik 3, Pijatan dan terapi panas 4. Perhatikan postur tubuh 5. Latihan kekuatan dan fleksibilitas 6. Hindari aktivitas yang berlebihan

Bagaimana Cara Melakukan Peregangan Bahu?

1. Duduk dengan tegak, kemudian tarik bahu Anda ke belakang dan turunkan perlahan ke arah belakang, merasa peregangan di bagian tengah bahu. 2. Angkat tangan kanan ke atas kepala dan biarkan siku kanan menekuk. Gunakan tangan kiri untuk mendorong siku kanan perlahan ke arah kiri. 3. Ganti tangan untuk mengulangi peregangan pada sisi lain.

***

Feature photo by reezky11 from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now