manfaat treadmill pada sendi

Manfaat Olahraga Treadmill Pada Sendi

Manfaat treadmill pada sendi perlu dikenali agar nyeri sendi tidak bertambah buruk.

Treadmill adalah sebuah alat olahraga yang umumnya dipakai untuk berjalan, berlari atau mendaki tanpa perlu berpindah tempat.

Treadmill ini juga digunakan sebagai alat kebugaran yang dapat digunakan di dalam ruangan sehingga Anda bisa berolahraga lari dengan nyaman sembari menikmati lagu-lagu favorit Anda atau sambil menonton televisi sekalipun.

Alat treadmill sudah banyak dikenal sebagai salah satu peralatan olahraga yang cukup praktis dan dapat dilakukan di rumah bagi Anda yang memilikinya.

Apalagi dalam masa meningkatnya penderita Covid-19, maka Anda tetap dapat berolahraga di rumah dan mengurangi risiko Anda terpapar oleh virus.

Walau perlu melakukan segala kegiatan dalam rumah, sendi-sendi perlu bergerak agar tetap sehat.

Namun kalau gerakan terlalu banyak hentakan dapat saja menimbulkan cedera dan/atau peradangan pada sendi (artritis).

Bagi sebagian orang, treadmill sangat ideal sebagai latihan kardio dan sendi-sendi yang sehat. Sebagian lagi, terutama pada orang-orang dengan kondisi medis tertentu, treadmill justru berdampak negatif atau buruk pada sendi lutut, panggul, dan pergelangan kaki.

Manfaat Treadmill pada Sendi

Berjalan di Treadmill

Berjalan dengan treadmill dianggap sebagai salah satu latihan dampak rendah atau low impact dan bisa menjadi pilihan program olahraga yang dapat rutin dilakukan.

Mesin treadmill biasanya mudah digunakan dan dapat ditoleransi dengan baik karena memiliki alat pengatur waktu, dan kecepatan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan penggunanya masing-masing, juga dapat dilakukan oleh Anda yang memiliki masalah pada punggung.

Berapa lamanya Anda perlu berolahraga dengan treadmill, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Berlari di Treadmill

Lari di treadmill merupakan olahraga dampak tinggi atau high impact. Olahraga atau aktivitas fisik tipe ini dapat memberikan tekanan atau beban pada sendi-sendi, terutama sendi lutut.

Sebagian besar mungkin orang dapat berlari, baik dengan treadmill atau di luar rumah, tanpa mengalami masalah pada sendinya. Sedangkan yang lainnya, dapat berdampak pada sendi termasuk artritis.

Treadmill berkualitas lebih tinggi memiliki alas atau permukaan yang dapat meredam atau meminimalkan dampak tekanan terhadap sendi.

Agar Tidak Membebani Sendi, Pilih Olahraga Ini

Bentuk latihan fisik atau olahraga yang tidak membebani tubuh seperti lari atau jalan di treadmill, adalah dengan sepeda statis.

sepeda statis

sepeda statis

Beban pada sendi lebih minimal pada sepeda statis dibandingkan dengan treadmill.

Begitu juga dengan berenang, yang dapat memberikan daya mengapung  sehingga tidak akan membebani sendi.

Itu sebabnya berenang atau berjalan di air adalah latihan fisik yang layak dilakukan pada Anda bahkan juga dapat dilakukan oleh Anda yang mengalami cedera, atau masalah pada sendi, yang disebabkan oleh proses penuaan.

Di kolam renang, bagi Anda yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir, karena Anda dapat melakukan gerakan lain dalam kolam renang, misalnya berjalan, jogging atau lainnya.

Berolahraga dalam Kolam Renang 

Manfaat olahraga dalam kolam renang antara lain dapat membantu:

– memperkuat sistem kardiovaskular

– membangun kekuatan otot dan sendi

– meningkatkan atau memperbaiki fleksibilitas otot dan sendi

– melindungi sendi dari cedera lebih lanjut.

Jika Anda mengalami nyeri lutut, aktivitas aerobik dalam kolam renang sekitar 150 menit setiap minggu dapat menjadi pilihan lain bagi Anda agar tetap dapat berolahraga. Hal ini juga direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Semakin berat tubuh Anda, maka semakin berat beban pada sendi-sendi, baik saat Anda berjalan atau berlari sehingga sendi akan rentan cedera.

Sepeda statis dan berenang atau berolahraga dalam kolam renang, bisa menjadi pilihan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Warung Buncit Raya No. 34B, Kalibata, Jakarta 12760

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

Email

Email

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now