makanan untuk kesehatan otot dan sendi

4 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otot dan Sendi Selama Berpuasa

Memperhatikan asupan makanan bergizi tinggi sangat penting untuk menjaga kesehatan otot dan sendi selama berpuasa. Menu makanan yang Anda konsumsi, baik saat sahur maupun berbuka tentu harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh otot, sendi maupun tulang. Nutrisi tersebut antara lain protein, kolagen, kalsium, magnesium, vitamin B, C, D, dan E. Untuk menjaga stamina dan kekuatan otot dan sendi, kami akan berbagi tips makanan apa saja yang bisa kamu konsumsi selama berpuasa.

Rekomendasi Menu Makanan Sehat Saat Puasa

Buah dan Sayuran Hijau

Buah-buahan memang mengandung banyak sekali vitamin dan zat gizi lainnya yang baik untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsi buah jeruk setiap harinya, karena mengandung tinggi vitamin C yang berperan dalam membantu pembentukan jaringan kolagen untuk kesehatan sendi. 

Selain buah, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan pakcoy menjadi sumber vitamin, mineral serta kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang, sendi dan otot. Bahkan, pada sayuran hijau terkandung serat yang tinggi dan antioksidan untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh selama berpuasa. 

Sereal dan Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan nutrisi yang melimpah, seperti tinggi serat, protein, zinc, vitamin B1 dan B5, serta vitamin lainnya yang penting untuk kesehatan otot dan sendi. Untuk membuat perut lebih kenyang dalam waktu lama, Anda bisa memilih menu sereal atau oatmeal saat sahur. Anda juga bisa menambahkan susu dan topping lain seperti buah dan kacang-kacangan yang juga memiliki banyak nutrisi di dalamnya. 

Ikan dan Telur

Protein juga merupakan nutrisi penting yang baik untuk Anda konsumsi selama berpuasa. Menu makanan yang menjadi sumber protein terbaik dan untuk menjaga kesehatan otot dan persendian, yaitu ikan dan telur. Konsumsilah ikan dan telur bersama dengan sayuran hijau untuk kesehatan yang lebih maksimal. 

Baca Juga  Penyebab Nyeri Tumit dan Cara Mengatasinya

Produk susu

Susu menjadi sumber kalsium yang berperan penting dalam menjaga kekuatan tulang, otot dan sendi. Selain susu, berbagai produk yang terbuat dari susu seperti keju dan yogurt juga menjadi sumber vitamin D dan kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh. Satu gelas susu bisa mencukupi kebutuhan kalsium harian sampai 30 persen, dan satu lembar keju dapat memenuhi sekitar 18 persen kebutuhan kalsium harian.

Untuk mendukung otot, tulang dan sendi yang kuat, tak hanya dari asupan makanan harian, namun juga dari aktivitas yang Anda lakukan. Mulailah bergerak aktif dan rutin berolahraga untuk menjaga kekuatan otot, tulang, sendi, dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now