lutut sering sakit

Lutut Sering Sakit dan Semakin Parah? Cek Yuk Penyebabnya!

Nyeri lutut memang telah menjadi keluhan umum yang bisa terjadi pada siapapun. Saat lutut sering terasa sakit, sebaiknya dicari apa penyebabnya. Sebab, jika mengabaikan kondisi ini maka bisa berdampak pada terganggunya aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan. Oleh karenanya, rasa nyeri pada lutut yang semakin tidak tertahankan harus mendapatkan penanganan secepatnya.

Ketahui Penyebab Nyeri Lutut

penyebab lutut sakit

Mengetahui apa penyebab sakit lutut adalah cara terbaik untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi di kemudian hari. Anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara, namun ada baiknya kenali dulu hal-hal yang bisa memicu nyeri lutut.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit lutut yang harus Anda waspadai, antara lain:

Cedera atau Trauma Lutut

Nyeri yang muncul secara tiba-tiba bisa menjadi gejala Anda terkena cedera pada lutut. Cedera ini banyak macamnya, misalnya adanya robekan di ligamen, tendon, atau meniskus. Kondisi ini bisa menyebabkan pembengkakan, perdarahan atau memar pada lutut sehingga menimbulkan nyeri hebat dan menghambat pergerakan lutut.  

Osteoarthritis Lutut

Osteoarhtritis (OA) lutut merupakan radang sendi kronis yang terjadi akibat penipisan tulang rawan sehingga menyebabkan gesekan antar tulang. Gesekan inilah yang bisa berakibat pada timbulnya rasa nyeri di lutut. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami OA yaitu faktor degeneratif (usia lanjut), trauma pada lutut, peradangan ataupun karena gangguan metabolisme.

Sindrom nyeri patellofemoral

Gangguan ini merupakan kondisi medis yang mengakibatkan sakit di bagian depan lutut dan area tulang tempurung lutut. Penyebabnya memang belum diketahui secara pasti, namun olahraga berat yang membebani lutut, gerakan yang salah dan berulang, serta kelemahan otot paha diduga turut menjadi pemicunya.

Asam Urat

Nyeri lutut juga bisa terjadi akibat Anda menderita asam urat. Ketika lutut memproduksi asam urat secara berlebihan dan membentuk kristal di sendi, maka bisa sebabkan nyeri hebat. Kondisi ini bisa menimbulkan peradangan dan rasa sakit yang tak tertahankan. Pasalnya, dalam kondisi yang lebih parah, asam urat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk berjalan dengan normal, karena terasa nyeri setiap menggerakkan lutut.

Cara Mengatasi Lutut Sering Sakit

Penanganan awal untuk sakit lutut yaitu dengan melakukan perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Untuk mengurangi nyeri, minumlah obat pereda nyeri dan istirahatkan lutut dari aktivitas fisik yang terlalu berat. Anda juga bisa mengompres lutut dengan bantalan dingin untuk mengurangi sakitnya. Kemudian bebat lutut agar membatasi pergerakan sendi lutut dan angkat tinggi lutut saat berbaring dengan meletakkan bantal di bawahnya.

Jika cara tersebut tetap tidak mengurangi rasa nyerinya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis di Klinik Patella untuk penanganan yang sesuai. Dokter kami akan membantu mengatasi sakit lutut Anda dengan beberapa pilihan pengobatan, seperti:

Untuk hasil yang lebih optimal, aaPRP adalah salah satu pengobatan yang disarankan. Prosedur aaPRP yaitu dengan mengambil darah pasien untuk kemudian memisahkan trombositnya menggunakan mesin centrifuge. Proses pemisahan ini memakan waktu sekitar 15 menit dan akan disuntikkan kembali ke tubuh pasien melalui cairan infus.

Terapi ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan karena protein trombosit mampu merangsang sel-sel baru yang sehat untuk regenerasi.         

Mau tahu informasi lebih lanjut tentang terapi aaPRP? Hubungi Assistance Center Klinik Patella untuk mengetahui penjelasan selengkapnya tentang sakit lutut dan metode pengobatan yang digunakan. Yuk, chat dan konsultasi sekarang dengan dokter kami untuk kesehatan lutut Anda!

Baca juga: Awas, Ini Bahaya Lutut Sering Sakit Saat Sujud!

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00