lutut sakit saat sholat

Lutut Sakit Saat Sholat, Apa Penyebabnya?

Anda merasakan lutut sakit saat sholat terutama ketika bersujud? Hal ini tentu bisa menimbulkan rasa ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Tapi, Anda ternyata tidak sendiri, karena kondisi ini sering dialami oleh banyak orang khususnya orang tua atau lansia. Ada berbagai penyebab sakit lutut yang sebaiknya Anda waspadai. Jadi, sangat penting untuk memeriksakan diri ke dokter ahli untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang tepat. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja penyebabnya, yuk simak penjelasan berikut.

Penyebab Sakit Lutut 

Berbagai faktor dapat menyebabkan sakit lutut ketika ditekuk misalnya saat sholat atau bersujud. Anda sebaiknya memang tidak mengabaikan kondisi ini karena bisa semakin memburuk sehingga menghambat mobilitas dan menurunkan produktifitas. 

Kenali 4 penyebab sakit lutut yang paling sering terjadi berikut ini:

Osteoarthritis 

Osteoarthritis (OA) atau pengapuran sendi menyebabkan penipisan bantalan sendi pada lutut sehingga muncul rasa kaku, nyeri, hingga pembengkakan. Bukan hanya pada lutut, OA juga bisa terjadi di sendi tangan, pinggul ataupun tulang punggung. Faktor risiko OA biasanya pada orang yang berusia lanjut, menderita obesitas ataupun pernah mengalami cedera di sendi lutut.

Peradangan Tendon

Lutut yang terasa sakit saat bersujud juga bisa terjadi akibat adanya peradangan pada tendon. Tendon merupakan jaringan yang menghubungkan tulang betis dan tempurung lutut. Cedera tendon seringkali terjadi saat berolahraga ketika melakukan gerakan melompat dan mendarat dengan posisi yang tidak pas, berhenti secara mendadak atau memutar arah dengan tiba-tiba saat olahraga.

Bursitis

Bursitis terjadi ketika ada peradangan di bagian bursa, yakni kantong berisi pelumas untuk mencegah gesekan antar tulang pada lutut. Jika cairan pada bursa berkurang, maka dapat menyebabkan peradangan dan timbul nyeri serta pembengkakan. Bursitis dapat terjadi bukan hanya di lutut, namun juga pada pinggul, siku, ataupun bahu. Rasa nyeri dapat semakin memburuk ketika Anda melakukan gerakan berulang pada lutut.

Baca Juga  Cara Meredakan Nyeri Tumit Setelah Beraktivitas

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah kondisi yang terjadi akibat peradangan pada sendi karena sistem imunitas seseorang menyerang tubuh sendiri. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang dapat menyerang seluruh persendian tubuh dan bisa semakin parah seiring waktu. Gejala rheumatoid arthritis bisa berupa rasa nyeri kronis, kaku, bengkak, dan kelainan bentuk sendi.

Baca juga: Ini 4 Penyebab Belakang Lutut Sakit Saat Ditekuk

Perawatan Lutut Sakit

Ini adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri lutut, antara lain:

  • Ubahlah aktivitas yang sering dilakukan, terutama hal-hal yang membebani lutut secara berlebihan. Anda bisa mulai membatasi pergerakan atau melakukan olahraga low-impact, seperti bersepeda, berenang, berjalan, atau water aerobics.
  • Lakukan terapi RICE (Rest, Ice, Compress and Elevate), yang mencakup istirahatkan lutut, kompres dengan bantalan dingin, bebat atau balut lutut dengan perban elastis, dan angkat lutut lebih tinggi dari jantung.
  • Fisioterapi dengan menggunakan terapi modalitas heating process, seperti TENS.
  • Radiofrekuensi ablasi (RFA) untuk kondisi nyeri yang sudah kronis dan memburuk. Metode RFA merupakan tindakan minimal invasif yang bertujuan untuk mengurangi rasa nyeri akibat OA atau kondisi lainnya.

Penyebab nyeri lutut sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri yang kronis dan risiko komplikasi yang membahayakan. Untuk mengatasi gejalanya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella. Hubungi Assistance Center Patella di nomor 021-7919-6999 atau chat via whatsapp di 0811 1443 599.

Tonton juga video berikut tentang mitos atau fakta seputar nyeri lutut oleh dr. Nelfidayanti, Sp.KFR:

Referensi: 

Healthline. What Causes Knee Pain When You’re Bending It, and How’s It Treated?

https://www.healthline.com/health/knee-pain-when-bending

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now