lutut sakit saat mau berdiri

Lutut Sakit Saat Mau Berdiri, Waspada Penyebabnya!

Mungkin lutut Anda pernah terasa sakit saat mau berdiri, namun belum menyadari apa penyebabnya. Nah, yang perlu diperhatikan adalah apakah rasa nyeri yang timbul sangat menyakitkan, berlangsung dalam waktu lama atau tidak. Jika ya, maka kondisi ini bisa mengindikasikan suatu penyakit tertentu yang tidak boleh Anda sepelekan begitu saja. Lantas, apa sih penyebabnya? Yuk, simak ulasannya. 

Berbagai Penyebab Lutut Sakit

Ada banyak kondisi yang bisa memicu lutut sakit saat mau berdiri, berjalan atau berjongkok. Hal ini tentu sangat membuat tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebabnya seperti berikut: 

  • Patellar tendonitis: peradangan yang terjadi pada patellar tendon (tendon yang menghubungkan tempurung lutut dan  tulang kering). Kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri seperti terbakar hingga pembengkakan. 
  • Osteoarthritis: Peradangan kronis di sendi akibat degenerasi tulang rawan, sehingga menyebabkan lutut terasa lemah, nyeri, dan bengkak. Bahkan, terkadang timbuk gemeretak (krepitasi) saat digerakkan.
  • Bursitis: Peradangan pada bursa pada lutut akibat penggunaan berulang atau berlebihan (overuse) hingga menyebabkan tulang rawan rusak.
  • Robekan meniskus: Robek atau pecahnya ligamen pada lutut sehingga lutut akan terasa sangat nyeri ketika menggerakkannya.

Cara Mengobati Lutut Sakit dengan Terapi Injeksi

Sakit lutut memang bisa sembuh dengan sendirinya jika perawatannya tepat. Namun, pada beberapa kondisi nyeri yang berkepanjangan dan tidak membaik, diperlukan penanganan khusus. Misalnya, dengan terapi injeksi yang terbukti lebih efektif dalam menghilangkan rasa sakitnya. 

  • Injeksi intra artikular

Injeksi intra artikular yang terdapat di Klinik Patella yaitu berupa injeksi steroid dan prolotherapy. Injeksi sendi ini merupakan bentuk terapi yang berguna untuk membantu mengatasi nyeri sendi. Biasanya, penggunaan injeksi ini  efektif pada orang yang menderita osteoarthritis. Terapi bertujuan untuk meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada area yang terdampak. 

  • Viskosuplementasi

Viskosuplementasi merupakan salah satu terapi yang tepat untuk mengatasi nyeri lutut. Terapi ini bekerja dengan memasukkan asam hyaluronat melalui injeksi ke dalam sendi lutut, untuk memulihkan komposisi cairan sinoval pada sendi yang sehat.


Tujuan viskosuplementasi yaitu meredakan nyeri, mengurangi peradangan dan pembengkakan, memperlambat proses degenerasi tulang rawan dan memperbaiki fungsi sendi lutut.

Keluhan nyeri lutut sebaiknya memang tidak diabaikan begitu saja. Untuk mencegah kondisi memburuk, langsung saja hubungi Assistance Center kami dengan klik di sini. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kami di Klinik Patella untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan penanganan yang sesuai.

Yuk, bebaskan nyeri lutut dan sendi bersama Patella agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan nyaman!

Baca juga: Lutut Berbunyi “Krek” Saat Ditekuk, Bahayakah?

Cedera ACL Saat Berolahraga, Ini Cara Mengatasinya!

Artikel ini telah ditinjau oleh: dr. Rifalisanto, Sp.KFR (Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik di Klinik Patella)

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00