lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan

Lutut Sakit Saat Ditekuk dan Diluruskan, Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenapa lutut sering terasa sakit saat ditekuk dan diluruskan? Lutut memang berperan penting dalam mendukung segala aktivitas yang Anda lakukan, seperti berjalan ataupun berlari. Namun, jika ada gangguan pada sendi lutut, maka hal ini bisa sangat mengganggu aktivitas. Sebenarnya, ada beragam faktor yang bisa menyebabkan lutut sakit, salah satunya yaitu bursitis atau peradangan pada bursa untuk melumasi sendi lutut. Lantas, apa penyebab lainnya dan bagaimana mengatasinya? Simak ya penjelasannya berikut.


Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Lutut Sakit

Ada beberapa kondisi yang bisa memicu lutut sakit saat ditekuk dan diluruskan, antara lain:

Bursitis

Kondisi ini terjadi akibat adanya peradangan pada bursa, yaitu cairan pelumas di sekitar sendi. Fungsinya yaitu untuk mengurangi gesekan antar tulang dan tendon saat kita melakukan mobilitas. Peradangan ini disebabkan oleh gerakan berulang pada sendi sehingga menimbulkan tekanan berlebihan. Gejalanya bisa berupa nyeri dan pembengkakan sehingga bisa memengaruhi dan menghambat pergerakan sendi lutut.

Dislokasi lutut

Dislokasi lutut merupakan salah satu penyebab lutut sakit. Hal ini terjadi akibat adanya cedera traumatis pada sendi lutut, seperti keluarnya tiga tulang lutut dari tempatnya karena tekanan besar (guncangan) sehingga posisinya tidak sejajar. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa sehingga Anda mungkin membutuhkan penanganan dari dokter ahli.

Osteoarthritis

Osteoarthritis (OA) adalah peradangan kronis di sekitar sendi karena terjadinya kerusakan pada tulang rawan. OA merupakan jenis radang sendi yang paling umum terjadi. Gejalanya bisa berupa sendi-sendi yang terasa kaku, nyeri, hingga bengkak. Gejalanya bisa tergolong ringan pada awalnya, namun akan berkembang secara bertahap dan semakin memburuk seiring waktu.

Baca Juga  Tanya Jawab / Konsultasi Nyeri Lutut Via Chat Wa

Arthritis

Kondisi ini terjadi akibat adanya pembengkakan pada sendi yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan kekakuan sendi. Jenis arthritis yang sering terjadi yaitu osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Gejalanya juga bertahap dan bisa semakin parah seiring usia yang bertambah.

Cedera meniskus

Cedera meniskus terjadi akibat robeknya tulang rawan akibat terjatuh atau gerakan olahraga yang berlebihan. Kondisi ini tentu akan mengganggu mobilitas penderita karena sulit menggerakkan lututnya. Meniskus adalah jaringan tulang rawan yang berada di tulang paha dan tulang kering yang berperan dalam meredam guncangan serta melindungi sendi dari beban atau tekanan. Gejala yang timbul akibat cedera ini yaitu rasa nyeri, lutut kaku serta lutut membengkak.

Penanganan Lutut Sakit

Ada berbagai pilihan metode pengobatan untuk mengatasi nyeri lutut. Salah satunya yaitu dengan injeksi PRP. PRP atau platelet rich plasma adalah metode terbaru dengan menggunakan plasma darah yang disuntikkan ke sendi lutut. Metode ini termasuk tindakan minimal invasif yang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka dengan menstimulasi keluarnya faktor pertumbuhan (growth factor).

Cara kerja PRP adalah proses pengambilan darah yang kemudian akan melalui tahap sentrifugasi sebanyak dua kali untuk proses pemisahan (isolasi) sel trombosit. Sel trombosit kemudian akan disuntikkan perlahan ke dalam lutut.

Proses penyembuhan dengan PRP ini lebih cepat dan proses pengerjaannya juga terbilang singkat. Pasca injeksi, Anda pun bisa langsung pulang ke rumah tanpa harus menjalani rawat inap.

Untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik Patella, silakan menghubungi Assistance Center Klinik Patella pada nomor yang tertera.

Yuk, segera atasi sakit lutut Anda agar bisa bebas bergerak dan beraktivitas seperti biasa!

Simak video berikut tentang PRP oleh Prof.dr.Darto Satoto, SpAN (K):

Baca Juga  Apa Obat Sakit Lutut Terbaik? Di Sini Jawabannya!
lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now