lutut nyeri setelah kecelakaan - Patella

Lutut Nyeri Setelah Kecelakaan, Bagaimana Mengatasinya? 

Lutut nyeri setelah kecelakaan dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi banyak orang, Apalagi jika rasa nyeri di lutut tak juga membaik dan malah semakin parah. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan saat beraktivitas. 

Apa Penyebab Lutut Nyeri Setelah Kecelakaan?

  • Trauma Langsung pada Lutut: Dalam kecelakaan, benturan langsung pada lutut dapat menyebabkan cedera pada jaringan lunak, seperti ligamen dan tendon.
  • Fraktur Tulang: Patah tulang pada lutut dapat terjadi akibat kekuatan traumatis yang kuat. Ini seringkali memerlukan perawatan bedah.
  • Cedera Ligamen dan Tendon: Kecelakaan dapat menyebabkan cedera pada ligamen dan tendon di sekitar lutut. Ini dapat mengakibatkan instabilitas dan nyeri.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Lutut Nyeri?

Jika Anda mengalami nyeri lutut setelah kecelakaan, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter ahli. Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan penunjang, seperti sinar-X atau MRI, untuk menentukan sejauh mana cedera pada lutut.

Baca juga: Awas, Bursitis Bisa Sebabkan Lutut Nyeri dan Bengkak!

Pengobatan Lutut Nyeri Setelah Kecelakaan

  • Penggunaan Perban atau Brace Lutut: Pada beberapa kasus, penggunaan perban atau penyangga lutut mungkin penting untuk mengurangi beban pada lutut dan memungkinkan penyembuhan.
  • Obat-obatan: Dokter mungkin meresepkan obat pereda nyeri atau antiinflamasi non-steroid (OAINS) untuk mengurangi nyeri dan peradangan.
  • Intervensi Bedah: Jika cedera sangat parah, dokter mungkin akan menyarankan tindakan lain seperti minimal invasif maupun pembedahan. Ini bisa meliputi operasi untuk memperbaiki ligamen, menstabilkan tulang, atau mengganti sendi lutut.

Sakit pada lutut sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja. Anda harus secepatnya berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman. Dokter akan membantu mengelola gejala dengan penanganan dan perawatan yang tepat. Terkadang rasa nyeri bisa hilang timbul, namun bisa berlangsung dalam waktu lama. 

Anda bisa membuat janji konsultasi dengan dokter di Klinik Patella dengan menghubungi nomor 021-2237-9999 atau chat via whatsapp di 0811 8124 2022.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Lutut Nyeri?

Beberapa penyebab yang umum terjadi, diantaranya: 1. Trauma langsung pada lutut 2. Fraktur tulang 3. Cedera ligamen dan tendon

Apa yang Harus Dilakukan Jika Lutut Nyeri?

Jika Anda mengalami nyeri lutut setelah kecelakaan, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter ahli. Mereka akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan penunjang, seperti sinar-X atau MRI, untuk menentukan sejauh mana cedera pada lutut.

Bagaimana Pengobatan Lutut Nyeri?

1. Penggunaan Perban atau Brace Lutut 2. Obat-obatan 3. Intervensi Bedah

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00