Lutut Nyeri Saat Naik Tangga Osteoarthritis - Patella

Lutut Nyeri Saat Naik Tangga, Apa Ya Penyebabnya?

Lutut terasa nyeri saat naik tangga adalah keluhan umum yang dapat mempengaruhi berbagai kelompok usia, khususnya pada usia lanjut. Anda mungkin akan merasa sangat kesakitan atau aktivitas sederhana seperti naik tangga bisa terasa sangat menyulitkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab dan cara mengatasinya agar kondisi tidak semakin memburuk.  

Penyebab Nyeri Lutut Saat Naik Tangga

Ada beberapa penyebab nyeri lutut saat naik tangga yang sebaiknya Anda waspadai, yaitu: 

Osteoarthritis

Lutut Nyeri Saat Naik Tangga Osteoarthritis - Patella

Osteoarthritis adalah salah satu penyebab umum nyeri lutut saat naik tangga. Ini adalah kondisi degeneratif di mana lapisan tulang rawan yang melapisi ujung tulang di lutut mulai rusak. Saat seseorang menaiki tangga, tekanan pada lutut meningkat, dan tulang rawan yang rusak tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup. Hal ini dapat menimbulkan gesekan dan rasa nyeri. 

Cedera dan Peradangan 

Cedera pada lutut, seperti robeknya ligamen atau menegangnya otot, dapat menyebabkan peradangan dan nyeri saat bergerak, termasuk saat meniti tangga. Peradangan pada sendi lutut dapat membatasi gerakan dan menyebabkan rasa tidak nyaman saat digunakan.

Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih dapat memberikan beban ekstra pada sendi-sendi, termasuk lutut. Saat naik tangga, beban tersebut dapat meningkat secara signifikan. Akibatnya, lutut harus menanggung tekanan yang lebih besar, yang dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan.

Postur yang Salah 

Postur yang tidak tepat saat naik tangga dapat menyebabkan peningkatan stres pada lutut. Bila seseorang tidak menggunakan teknik yang benar saat naik tangga, hal ini dapat menyebabkan tekanan tidak merata pada sendi lutut dan akhirnya menyebabkan nyeri.

Kondisi Medis Lainnya

Beberapa kondisi medis seperti rheumatoid arthritis, infeksi, atau kondisi inflamasi lainnya dapat memicu peradangan pada sendi lutut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri saat menaiki tangga.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Salah satu pengobatan yang efektif untuk mengatasi nyeri lutut yaitu dengan prosedur radiofrekuensi ablasi. 

Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur medis yang menggunakan energi listrik berfrekuensi tinggi untuk menghancurkan atau menonaktifkan jalur saraf yang menyebabkan nyeri. Prosedur ini menggunakan elektroda yang ditempatkan di dekat saraf yang menjadi sumber nyeri. Kemudian energi listrik berfrekuensi tinggi kemudian diarahkan ke elektroda untuk menghasilkan panas, yang dapat menghancurkan saraf atau mengganggu sinyal nyeri yang diteruskan ke otak. 

Manfaat Radiofrekuensi Ablasi dalam Penanganan Nyeri Lutut

Radiofrekuensi ablasi merupakan salah satu pilihan pengobatan terbaik untuk mengatasi sakit lutut dengan berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan.

  • Meredakan Nyeri: Metode ini dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan nyeri lutut kronis dengan mengganggu sinyal nyeri yang dikirimkan ke otak.
  • Meningkatkan Kualitas Hidup: Dengan meredakan nyeri, pasien dapat mengembalikan mobilitas dan kualitas hidup yang lebih baik. Aktivitas sehari-hari seperti berjalan, berlari, dan berolahraga dapat menjadi lebih mungkin dilakukan.
  • Alternatif non-bedah: Radiofrekuensi ablasi adalah alternatif non-bedah untuk mengatasi nyeri lutut kronis, yang dapat mengurangi risiko dan pemulihan pasca operasi.
  • Durasi Efek yang Bervariasi: Efek penghilangan nyeri dapat berlangsung selama beberapa bulan hingga bertahun-tahun, tergantung pada kondisi pasien. Jika efeknya mereda, Anda dapat mengulang prosedur. 

Apabila Anda memiliki keluhan nyeri lutut yang tak kunjung membaik, maka berkonsultasilah dengan dokter terpercaya kami di Lamina. Dokter akan membantu mendiagnosa penyakit melalui sejumlah pemeriksaan dan memberikan penanganan yang tepat. Untuk membuat janji temu dengan dokter, Anda bisa menghubungi nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp ke 0811 8124 2022.

Baca juga: Waspada Gejala Osteoarthritis yang Bisa Sebabkan Nyeri Saat Berjalan

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Penyebab Lutut Nyeri Saat Naik Tangga?

Beberapa penyebab nyeri lutut saat naik tangga, yaitu: 1. Osteoarthritis 2. Cedera dan peradangan pada lutut 3. Berat badan berlebih 4. Postur tubuh yang salah 5. Kondisi medis lainnya seperti rheumatoid arthritis, infeksi, dll

Bagaimana Cara Mengatasi Lutut Nyeri Saat Naik Tangga?

Salah satu pengobatan yang efektif untuk mengatasi nyeri lutut yaitu dengan prosedur radiofrekuensi ablasi.

Apa itu Radiofrekuensi Ablasi?

Radiofrekuensi ablasi adalah prosedur medis yang menggunakan energi listrik berfrekuensi tinggi untuk menghancurkan atau menonaktifkan jalur saraf yang menyebabkan nyeri. Prosedur ini menggunakan elektroda yang ditempatkan di dekat saraf yang menjadi sumber nyeri.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00