lutut nyeri dan bengkak

Lutut Nyeri dan Bengkak, Benarkah Akibat Kanker Tulang Osteosarcoma?

Lutut nyeri dan bengkak, hati-hati bisa jadi kanker tulang osteosarcoma. Osteosarcoma merupakan jenis kanker tulang yang paling umum pada remaja usia kurang dari 20 tahun dan/atau anak-anak.  Selain itu, laki-laki lebih berisiko daripada perempuan.

Kanker tulang osteosarcoma ini umumnya menyerang tulang-tulang yang berukuran besar dan memiliki tingkat pertumbuhan paling cepat. Sementara pertumbuhan tulang paling cepat terjadi pada masa remaja.  Itulah alasannya anak-anak atau remaja lebih berisiko terserang osteosarcoma.

Lalu, benarkah tulang lutut yang paling sering terkena kanker tulang ini? Oteosarcoma menyerang tulang-tulang besar pada bagian tubuh yang mengalami tingkat pertumbuhan paling cepat. Selain tulang lutut, osteosarcoma juga bisa menyerang tulang paha dan tulang kering. Sementara itu, tumor tulang dapat  terbentuk di tulang bahu, tulang panggul, atau tulang rahang.

Penyebab Osteosarcoma

Penyebab osteosarcoma, adanya kesalahan kode genetik DNA anak yang kemudian  membuat sel-sel yang bertanggung jawab pada pertumbuhan tulang menghasilkan tumor osteosarcoma. Selain itu, ada juga  faktor dari luar, yaitu paparan radiasi.

Baca juga: Penyebab Osteosarcoma Pada Anak

Lutut Nyeri dan Bengkak, Jadi Gejala Osteosarcoma

Lutut nyeri dan bengkak bisa menjadi salah satu gejala osteosarcoma, jika tulang lutut yang terserang. Pasien osteosarcoma akan merasakan gejala, seperti nyeri dan sakit pada tulang atau persendian. Rasa sakit tersebut juga akan terasa ketika menyentuh anggota tubuh yang terserang.

Selain munculnya rasa nyeri dan sakit pada tulang atau persendian, ada juga gejala lainnya, seperta pembengkakan. Pembengkakan dan benjolan bisa muncul sekitar tulang atau ujung tulang yang terserang kanker.

Jika benjolan tumor muncul pada kaki, pengidap akan mengalami kesulitan berjalan atau saat berjalan pincang. Akibatnya, penderita tidak bisa bergerak dengan bebas atau terbatas. Selain itu, akan lebih rentan mengalami retak tulang akibat sesuatu yang tidak normal atau patah tulang saat melakukan gerakan rutin. Namun, bila  benjolan muncul pada bagian tangan, pasien akan merasakan nyeri saat mengangkat sesuatu.

Baca juga: Osteosarcoma, Kanker Tulang Yang Menyerang Remaja

Penanganan Osteosarcoma

Penanganan kanker tulang jenis ini pada setiap pasien tidaklah sama, bergantung pada lokasi dan tingkat keparahannya. Berikut tindakan pengobatan untuk osteosarcoma yang umumnya dilakukan:

  • Operasi untuk pengangkatan tumor.
  • Terapi radiasi dan kemoterapi tujuannya adalah untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi menggunakan pancaran sinar X. Sementara kemoterapi menggunakan obat-obatan.
  • Operasi pengangkatan tulang, baru dilakukan jika kanker belum menyebar keluar dari tulang atau menyebar ke jaringan lain.
  • Amputasi, jika kanker sudah menyebar sampai saraf, pembuluh darah, dan kulit.
lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00