lutut berbunyi krek

Lutut Berbunyi ‘Krek’ Saat Ditekuk, Bahayakah?

Lutut Anda mungkin pernah berbunyi krek saat naik turun tangga, ditekuk, atau berjalan. Dalam istilah medisnya, hal ini disebut dengan krepitasi. Ada beberapa kondisi yang menyebabkan lutut berbunyi saat kita melakukan aktivitas, misalnya karena peregangan pada ligamen, pernah mengalami cedera, atau penyakit tertentu pada lutut. 

Untuk mengetahui penyebab lainnya dan cara mengatasinya, simak penjelasan berikut. 

Penyebab Lutut Berbunyi 

Berbagai hal dapat mengakibatkan lutut berbunyi, antara lain: 

Peregangan Ligamen dan Tendon

Saat berolahraga, Anda bisa saja mengalami peregangan pada ligamen dan tendon  saat melewati benjolan tulang kecil. Ketika menggerakkan lutut dan persendian kembali ke posisinya, maka akan muncul suara krek di sekitar lutut.

Patellofemoral yang Tidak Stabil

Pada struktur lutut, jaringan dan komponen yang membentuknya berbeda pada setiap orang. Perbedaan tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal seperti usia, cedera dan lainnya. Tempurung lutut Anda mungkin saja lebih lentur, sedangkan orang lain mengalami kekakuan lutut, dan lain sebagainya. Kondisi yang berbeda ini lah yang menyebabkan lutut berbunyi krek ketika menekuk, berjalan atau beraktivitas lainnya. 

Riwayat Cedera

Krepitasi juga bisa terjadi akibat pernah mengalami cedera lutut. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan tempurung lutut atau bagian lainnya. Riwayat cedera yang Anda alami mungkin seperti robekan meniskus, chondromalacia patella, ataupun sindrom patellofemoral. 

Radang Sendi

Kondisi ini dapat dialami oleh semua usia, meskipun lebih sering menyerang usia lebih dari 50 tahun. Radang sendi atau osteoarthritis menyebabkan tekanan dan perubahan biokimia yang dapat memecah tulang rawan sebagai pelindung sendi lutut. Hal inilah yang akan menyebabkan peradangan, rasa nyeri tajam hingga keluar bunyi krek saat menggerakkan lutut.

Gelembung Gas

Penyebab lain dari lutut berbunyi adalah terlepasnya gelembung gas. Hal ini sebenarnya sangat normal dan siapapun dapat mengalaminya. Gas dapat menumpuk di sekitar sendi dan membentuk gelembung kecil pada cairan sinoval. Gelembung ini dapat pecah saat menekuk lutut sehingga mengeluarkan bunyi. 

Penanganan Lutut Berbunyi

Lutut yang berbunyi memang bisa menandai adanya penyakit kronis, seperti osteoarthritis. Jika lutut bunyi disertai dengan rasa nyeri hebat, maka sebaiknya segeralah ke dokter. 

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter ahli di Klinik Patella. Klinik Patella memiliki beragam metode pengobatan terbaik dengan teknologi terkini yang akan menyembuhkan sakit lutut dan sendi tanpa operasi. Dengan penanganan yang tepat, lutut terbebas dari nyeri dan Anda pun bisa bebas beraktivitas. 

Metode tanpa operasi dapat menjadi pilihan terbaik karena lebih minim risiko dan prosesnya pun lebih cepat. Teknik ini mencakup radiofrekuensi ablasi, injeksi PRP, viskosuplementasi, injeksi kortikosteroid, dan lainnya.

Yuk, konsultasi sekarang dengan dokter kami hanya di Klinik Patella! Anda bisa menghubungi Assistance Center Patella di nomor 021-7919-6999 atau chat kami ke 0811-1443-599. 

Bagi Anda yang ingin datang langsung ke klinik, kami berlokasi di Mampang Jakarta Selatan dan SMC Jakarta Gedung Aamanyak Pluit. 

Semoga sehat selalu!

Baca juga: Krepitus, Penyebab Lutut Sakit dan Sering Berbunyi pada Lansia

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00