Kenali Penyebab Lutut Sakit Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga, lutut sering terasa sakit umumnya merupakan hal yang wajar. Apalagi, jika kita melakukan olahraga yang melibatkan gerakan berulang atau tekanan berat pada lutut, seringkali orang mengalami nyeri atau ketidaknyamanan pada area ini. Namun, lutut yang sakit setelah berolahraga dapat menjadi masalah yang mengganggu dan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk beraktivitas dengan bebas. Lantas, apa penyebabnya? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca Juga: Gerakan Senam Lutut Ini Bantu Menyembuhkan Sakit Lutut

Penyebab Lutut Sakit Setelah Olahraga

Beberapa penyebab umum dari lutut sakit setelah berolahraga yang sebaiknya Anda waspadai, antara lain:

Overuse (Penggunaan Berlebihan)

Aktivitas fisik yang intens atau berulang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada struktur di sekitar lutut, seperti tendon dan ligamen. Olahraga yang melibatkan lompatan, pendaratan keras, atau gerakan cepat dapat menyebabkan tekanan ekstra pada lutut, yang akhirnya menyebabkan rasa sakit.

Cedera Akut

Cedera akut saat berolahraga, seperti jatuh atau tumbukan langsung pada lutut, dapat menyebabkan cedera serius seperti robekan ligamen, cedera meniskus, atau patah tulang. Gejala yang muncul biasanya berupa pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit yang intens.

Tekanan Berlebihan pada Sendi Lutut

Beberapa olahraga seperti angkat beban dengan teknik yang salah atau menggunakan beban berat, dapat memberikan tekanan berlebihan pada sendi lutut. Ini dapat menyebabkan masalah pada struktur di sekitar lutut, termasuk ligamen dan kartilago.

Ketidakseimbangan Otot

Jika otot-otot di sekitar lutut tidak seimbang dalam kekuatan dan fleksibilitas, hal ini dapat menyebabkan stres yang tidak merata pada sendi lutut saat berolahraga. Akibatnya, lutut menjadi rentan terhadap cedera dan rasa sakit.

Usia dan Degenerasi

Seiring bertambahnya usia, sendi-sendi tubuh cenderung mengalami degenerasi, termasuk sendi lutut. Struktur lutut dapat mengalami penurunan elastisitas dan fleksibilitas, yang dapat menyebabkan rasa sakit setelah berolahraga.

Postur Tubuh yang Salah

Postur tubuh yang salah saat berolahraga dapat menyebabkan stres tambahan pada lutut. Misalnya, membungkuk atau membungkuk lutut saat melakukan latihan beban dapat menyebabkan masalah pada lutut.

Kurangnya Pemanasan dan Peregangan

Kurangnya pemanasan sebelum berolahraga atau tidak melakukan peregangan yang cukup setelah berolahraga dapat meningkatkan risiko cedera pada lutut. Pemanasan dan peregangan membantu mempersiapkan tubuh sebelum dan setelah aktivitas fisik, sehingga meminimalkan potensi cedera.

Jika Anda mengalami rasa sakit pada lutut setelah berolahraga, berikan waktu untuk tubuh dalam memulihkan kondisi nyeri tersebut. Istirahat dan kompres dingin area yang bermasalah dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Namun, jika rasa sakit berlanjut atau semakin parah, sebaiknya periksakan kondisi Anda dengan  dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan perawatan yang tepat.

Untuk mencegah lutut sakit setelah berolahraga, selalu penting untuk melakukan pemanasan yang cukup, menjaga postur tubuh yang baik saat berolahraga, dan melakukan peregangan setelah beraktivitas fisik. Jika Anda memiliki riwayat cedera atau masalah lutut sebelumnya, konsultasikan dokter atau fisioterapis untuk program latihan yang sesuai dan aman untuk kebutuhan Anda. 

Baca Juga: Bagaimana Penanganan Lutut Sakit Saat Olahraga?

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00