meniskus

Kenali Apa itu Meniskus, Tulang Rawan Lutut Yang Rentan Cedera

Cedera meniskus kerap terjadi pada atlet atau saat melakukan pertandingan sepak bola. Akan tetapi, masyarakat umum juga bisa mengalaminya seperti ketika berolahraga atau melakukan aktivitas yang banyak menggunakan lutut. Faktor lain yang dapat menyebabkan cedera tulang rawan ini adalah usia yang semakin bertambah. Lalu, apa itu meniskus? Yuk, simak ulasannya di artikel ini.

Pengertian Meniskus

Meniskus adalah jaringan tulang rawan elastis (fibrocartilage) yang terdapat pada lutut dan berbentuk seperti huruf C atau bulan sabit yang melekat pada bagian atas tulang kering. Tulang rawan ini berada di antara tulang paha dan tulang kering. Meniskus sangat rentan terkena cedera atau robek saat Anda melakukan aktivitas yang berat.

Fungsi meniskus pada lutut, yaitu antara lain untuk:

  • Menjaga keseimbangan tubuh
  • Mendistribusikan nutrisi ke jaringan sekitarnya
  • Melindungi tulang paha dan tulang kering supaya tidak bergesekan saat bergerak
  • Meredam guncangan
  • Melindungi sendi lutut dari beban yang terlalu berat saat beraktivitas
  • Menstabilkan sendi lutut

Cedera Meniskus

Ilustrasi: Pesepakbola alami cedera meniskus

Cedera meniskus atau yang dikenal dengan meniscus tear adalah salah satu cedera lutut yang paling sering terjadi saat meniskus robek. Kondisi ini bisa menimbulkan rasa nyeri, kaku dan bengkak pada lutut. Bahkan, cedera ini dapat menghambat berbagai aktivitas yang menggunakan lutut jika tidak tertangani dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat mengakibatkan robekan pada meniskus, yaitu:

  • Cedera lutut

Umumnya, cedera meniskus ini kerap terjadi pada atlet sepakbola, futsal, tenis atau badminton. Meski sering juga terjadi saat kita melakukan aktivitas harian seperti melompat atau memutar saat kaki sedang berpijak kuat. Cedera lutut ini bisa terjadi bersama dengan cedera lainnya, seperti cedera ACL (anterior cruciate ligament).

  • Osteoartritis

Pada penderita osteoartritis (pengapuran sendi), sangat rentan mengalami cedera meniskus. Sebab, sendi lutut mengalami penuaan dan struktur sendi sudah rusak .

  • Faktor Pertambahan Usia

Meniskus robek sering terjadi pada orang yang berusia di atas 30 tahun. Pertambahan usia membuat fungsinya melemah sehingga strukturnya lebih mudah robek. Bahkan, jika Anda hanya melakukan gerakan sederhana seperti berjongkok atau menginjak permukaan yang tak rata, bisa menyebabkan cedera pada tulang rawan.

Apa saja Gejala Robekan Meniskus?

Anda mungkin saja mengalami gejala-gejala berikut ini jika terjadi cedera meniskus, yaitu:

  • Rasa nyeri pada bagian lutut dan sekitarnya
  • Terdengar bunyi klik saat cedera
  • Pembengkakan pada lutut hingga terasa kaku
  • Kesulitan meluruskan atau menekuk lutut

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Jika nyeri yang Anda rasakan bertambah parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan beberapa pemindaian, seperti MRI, Rontgen, ataupun arthroskopi. Tujuannya yaitu untuk melihat ukuran dan lokasi robekan.  

Setelah melakukan diagnosa, dokter akan melakukan penanganan tergantung dari tingkat keparahan robekannya tersebut. Umumnya, dokter akan memberikan obat antiinflamasi untuk membantu meredakan rasa nyeri dan pembengkakan. Perhatikan juga dosis konsumsi obat ini agar sesuai anjuran dokter karena memiliki efek samping.

Penanganan lainnya untuk cedera ini yaitu dengan tindakan bedah atau operasi. Dokter akan melakukan bedah arthroskopi lutut yang bertujuan untuk mengatasi rasa sakit pada lutut, memperbaiki persendian dan meningkatkan pergerakan atau mobilitas lutut.

Pasca tindakan, dokter akan menyarankan Anda untuk beristirahat selama kurang lebih 4-6 minggu dan selanjutnya menjalani fisioterapi. Proses pemulihan dan fisioterapi ini berguna untuk memperkuat sendi lutut dan mempercepat penyembuhan.

Untuk berkonsultasi dengan dokter di Klinik Patella, Anda bisa menghubungi nomor kontak yang tertera di website ini. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, maka nyeri yang Anda rasakan cepat membaik. Yuk, kunjungi klinik Patella terdekat dan Anda bisa beraktivitas kembali.

Baca juga: Cedera lutut, Penyebab dan Pencegahannya

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00