ultrasonografi

Kelebihan Ultrasonografi Pada Pemeriksaan dan Penanganan Kelainan Otot, Tulang dan Sendi

Ultrasonografi (USG) merupakan salah satu teknik pencitraan medis yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar organ dan jaringan di dalam tubuh. USG telah menjadi salah satu alat diagnostik yang sangat penting dalam bidang kedokteran, terutama dalam pemeriksaan dan penanganan kelainan otot, tulang, dan sendi.

Kelebihan USG

Ada beberapa kelebihan dari ultrasonografi dalam membantu diagnosa dokter terhadap suatu kondisi medis, antara lain: 

Non-invasif dan Tidak Menggunakan Radiasi

Salah satu keunggulan utama USG adalah non-invasif, artinya prosedur ini tidak memerlukan pembedahan atau proses masuknya alat kedalam tubuh. Selain itu, USG tidak menggunakan radiasi seperti halnya sinar-X atau CT scan. Hal ini menjadikan USG sebagai pilihan yang aman untuk pemeriksaan berulang-ulang tanpa efek merugikan bagi pasien.

Real-time Imaging (Pencitraan dalam Waktu Nyata) 

USG menghasilkan gambar secara real-time, yang dapat terlihat langsung saat pemeriksaan sedang berlangsung. Kecepatan ini sangat membantu dalam melihat gerakan otot dan sendi, serta memberikan gambaran dinamis tentang struktur suatu jaringan. Dokter dapat dengan cepat menilai keadaan yang sedang berlangsung dan mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Evaluasi Fungsi Otot dan Gerakan Sendi

Pemeriksaan USG memungkinkan dokter untuk mengevaluasi fungsi otot dengan baik. Hal ini sangat berguna dalam mengidentifikasi kelainan otot, seperti cedera, peradangan, atau pendarahan dalam otot (hematoma). Selain itu, USG juga membantu melihat gerakan sendi dengan lebih jelas, sehingga dapat membantu deteksi perubahan patologis yang mungkin terjadi dalam sendi.

Baca Juga  Lutut Terasa Nyeri Saat Udara Dingin, Ternyata Sering Menyerang Para Lansia

Deteksi Cedera Otot dan Ligamen 

USG memiliki kepekaan tinggi dalam mendeteksi cedera pada otot dan ligamen. Cedera olahraga, seperti distorsi (sprain) atau putusnya ligamen, dapat teridentifikasi dengan akurasi tinggi menggunakan USG. Dengan demikian, dokter dapat dengan cepat melakukan penanganan dan proses pemulihan dapat terpantau dengan lebih baik.

Panduan Penyuntikkan

Dokter atau tenaga medis juga biasanya menggunakan USG sebagai panduan untuk prosedur penyuntikan, seperti injeksi kortikosteroid atau aspirasi cairan dari bursa (bursa adalah kantong berisi cairan di antara tendon dan tulang). Dengan menggunakan USG untuk memandu prosedur, tingkat keberhasilan penyuntikan meningkat, dan risiko komplikasi berkurang.

Studi Kualitatif dan Kuantitatif

USG dapat memberikan informasi kualitatif dan kuantitatif tentang kondisi otot, tulang, dan sendi. Selain mendapatkan gambaran visual tentang organ tertentu dalam tubuh, USG juga bertujuan untuk mengukur aliran darah, kepadatan tulang, dan sifat elastisitas jaringan. Informasi ini membantu dalam diagnosis yang lebih tepat dan penilaian progresi penyakit.

Biaya Lebih Terjangkau

Biaya pemeriksaan USG cenderung lebih murah dari beberapa teknik pencitraan medis lainnya, biaya pemeriksaan USG cenderung lebih rendah. Selain itu, untuk mengakses prosedur USG juga lebih mudah karena hampir semua rumah sakit dan klinik memiliki peralatan jenis ini. Hal tersebut memungkinkan pemeriksaan dan penanganan yang lebih cepat dan efisien bagi pasien.

Ultrasonografi (USG) telah  terbukti sebagai alat yang sangat penting dalam pemeriksaan dan penanganan kelainan otot, tulang, dan sendi. Meskipun demikian, sebagai alat diagnostik, USG juga memiliki batasan, dan dokter harus menggabungkannya dengan informasi dari pemeriksaan lain serta riwayat kesehatan pasien untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan memberikan penanganan yang tepat.

Baca juga: Ketahui Penyebab dan Gejala Nyeri Lutut yang Harus Diwaspadai

Baca Juga  Mengenal Viskosuplementasi untuk Osteoarthritis Lutut

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Ultrasonografi (USG)?

Ultrasonografi (USG) merupakan salah satu teknik pencitraan medis yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar organ dan jaringan di dalam tubuh. USG telah menjadi salah satu alat diagnostik yang sangat penting dalam bidang kedokteran, terutama dalam pemeriksaan dan penanganan kelainan otot, tulang, dan sendi.

Apa Saja Kelebihan Ultrasonografi (USG)?

Ada beberapa kelebihan dari ultrasonografi dalam membantu diagnosa dokter terhadap suatu kondisi medis, antara lain: 1. Non-invasif dan tidak menggunakan radiasi 2. Real-time imaging 3. Evaluasi fungsi otot dan gerakan sendi 4. Deteksi cedera otot dan ligamen 5. Panduan penyuntikkan 6. Studi kualitatif dan kuantitatif 7. Biaya lebih terjangkau

Apa yang Dimaksud dengan USG Non-Invasif?

Salah satu keunggulan utama USG adalah non-invasif, artinya prosedur ini tidak memerlukan pembedahan atau proses masuknya alat kedalam tubuh. Selain itu, USG tidak menggunakan radiasi seperti sinar-X atau CT scan. Hal ini menjadikan USG sebagai pilihan yang aman untuk pemeriksaan berulang-ulang tanpa efek merugikan bagi pasien.

Artikel ini ditinjau oleh: dr. Yuti Purnamasari

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now