Rheumatoid Arthritis Bisa Timbulkan Kekakuan Pada Sendi dan Otot  - Patella

Rheumatoid Arthritis Bisa Timbulkan Kekakuan Pada Sendi dan Otot 

Rheumatoid Arthritis (RA) adalah salah satu bentuk arthritis yang paling umum dan bisa terjadi pada siapa saja, tanpa mengenal usia. Kondisi ini bukan hanya menimbulkan rasa nyeri, tetapi juga dapat mengakibatkan kekakuan sendi dan otot yang dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya. Lantas, bagaimana cara mengatasi rheumatoid arthritis? Simak penjelasan berikut. 

Apa Itu Rheumatoid Arthritis (RA)?

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan kronis pada sendi. Dalam sistem kekebalan tubuh yang normal, sistem ini bertugas melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Namun, pada penderita RA, sistem kekebalan tubuh malah menyerang sendi dan jaringan sehat di sekitarnya. Hal ini mengakibatkan peradangan kronis yang merusak sendi, tulang, dan bahkan otot.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Rheumatoid Arthritis

Kekakuan Sendi dan Otot Pada Kondisi Rheumatoid Arthritis

Kekakuan sendi dan otot adalah gejala yang umum terjadi pada penderita RA. Ini biasanya terjadi sebagai respons terhadap peradangan yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Kekakuan ini dapat mengganggu berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk mobilitas, pekerjaan, dan kualitas tidur. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kekakuan sendi dan otot pada kondisi  RA:

  • Kekakuan di Pagi Hari: Salah satu ciri khas RA adalah kekakuan sendi yang terasa di pagi yang berkepanjangan. Penderita sering merasakan sendi mereka menjadi sangat kaku dan sulit digerakkan setelah bangun tidur atau dalam keadaan istirahat. Kekakuan ini dapat berlangsung selama berjam-jam dan membuat aktivitas pagi hari menjadi sulit dilakukan.
  • Sendi Kaku Selama Aktivitas: Selain kekakuan pagi, penderita RA juga dapat mengalami kekakuan sendi selama aktivitas fisik. Sendi yang terkena peradangan akan menjadi lebih kaku dan nyeri, sehingga membatasi kemampuan seseorang untuk bergerak dengan bebas.
  • Kekakuan Otot: Selain sendi, otot juga dapat mengalami kekakuan. Otot-otot yang terlibat dalam pergerakan sendi yang terkena RA dapat melemah dan menjadi kaku. Hal ini dapat mempengaruhi daya tahan fisik dan kemampuan penderita untuk menjalani aktivitas sehari-hari.
  • Bengkak dan Nyeri: Kekakuan sering disertai dengan bengkak dan nyeri pada sendi dan otot yang terkena RA. Bengkak adalah akibat dari peradangan yang menghasilkan penumpukan cairan di dalam sendi. Nyeri dapat tergolongi ringan hingga parah, dan dapat memengaruhi banyak sendi di seluruh tubuh.
Baca Juga  Lutut Sakit Saat Bersepeda, Bagaimana Mengatasinya?

Penanganan Kekakuan Sendi dan Otot dalam RA

Mengelola kekakuan sendi dan otot dalam RA merupakan bagian penting untuk proses kesembuhan yang optimal. Pengobatan RA bertujuan untuk mengurangi peradangan, mengendalikan gejala, dan mencegah kerusakan sendi. Salah satu metode pengobatan yang efektif untuk mengatasi gejala RA adalah injeksi steroid.

Injeksi steroid atau kortikosteroid, adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan mengatasi gejala RA. Mekanisme kerjanya melibatkan pengurangan aktivitas sistem kekebalan tubuh yang berlebihan, yang salah arah dan menyerang jaringan sendi.

Apabila Anda memiliki gejala rheumatoid arthritis yang tak kunjung membaik hingga mengganggu aktivitas, segeralah periksakan diri ke dokter ahli di Klinik Patella. Dokter akan membantu mendiagnosis seberapa parah kondisi nyeri Anda dan memberikan penanganan yang sesuai. 

Untuk berkonsultasi dan membuat janji temu dengan dokter, silakan menghubungi tim Assistance Center Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat melalui whatsapp di 0811 8124 2022

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Itu Rheumatoid Arthritis (RA)?

Rheumatoid Arthritis (RA) adalah salah satu bentuk arthritis yang paling umum dan bisa terjadi pada siapa saja, tanpa mengenal usia. Kondisi ini bukan hanya menimbulkan rasa nyeri, tetapi juga dapat mengakibatkan kekakuan sendi dan otot yang dapat mengganggu kualitas hidup penderitanya.

Apa Gejala Rheumatoid Arthritis?

Kekakuan sendi dan otot adalah gejala yang umum terjadi pada penderita RA. Ini biasanya terjadi sebagai respons terhadap peradangan yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Kekakuan ini dapat mengganggu berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk mobilitas, pekerjaan, dan kualitas tidur.

Bagaimana Penanganan Rheumatoid Arthritis?

Mengelola kekakuan sendi dan otot dalam RA merupakan bagian penting untuk proses kesembuhan yang optimal. Pengobatan RA bertujuan untuk mengurangi peradangan, mengendalikan gejala, dan mencegah kerusakan sendi. Salah satu metode pengobatan yang efektif untuk mengatasi gejala RA adalah injeksi steroid. Injeksi steroid atau kortikosteroid, adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan mengatasi gejala RA.

Baca Juga  Awas, Ini Dampak dari Penggunaan Alas Kaki yang Tidak Tepat!

***

Featured photo by user6724086 from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00