Cara Mengatasi Kebotakan Dini di Usia Muda - Patella

Cara Mengatasi Kebotakan Dini di Usia Muda

Kebotakan dini bisa terjadi sebelum usia 25 tahun. Meskipun tidak berbahaya, kebotakan dini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman atau kurang percaya diri. Lalu bagaimana cara mengatasi kebotakan dini pada usia muda?

Penyebab Kebotakan

Kebotakan dini sering kali membuat penderitanya merasa cemas karena dapat membuat penampilan jadi kurang menarik dan menurunkan kepercayaan diri. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan kebotakan dini:

  1. Faktor keturunan

Penyebab kebotakan dini yang paling umum adalah genetik atau faktor keturunan. Jika memiliki anggota keluarga yang mengalami kebotakan, Anda mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalaminya juga.

  1. Perubahan hormon

Perubahan hormon pada usia muda yang belum stabil juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh, termasuk menyebabkan rambut mengalami kebotakan. Kondisi ini umum dialami oleh perempuan muda di masa haid.

  1. Gaya hidup

Faktor-faktor seperti stress berat, kebiasaan merokok, atau pola makan yang tidak sehat dapat mempercepat proses kebotakan dini

  1. Kekurangan nutrisi

Selain perawatan, tubuh kita memerlukan nutrisi yang memadai. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut di usia muda, Anda dapat membantunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, zinc, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12.

  1. Efek samping obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat mengganggu siklus normal pertumbuhan rambut, sehingga menimbulkan kerontokan hingga kebotakan dini.

  1. Penyakit tertentu

Riwayat penyakit tertentu dapat pula menyebabkan kebotakan. Misalnya penyakit autoimun yang dapat menyebabkan alopecia areata dan infeksi jamur di kulit kepala.

Baca Juga  Rekomendasi Dokter Spesialis Radang Sendi Terbaik di Jakarta

Pengobatan Dengan Terapi PRP Rambut

PRP adalah terapi yang efektif dalam mengatasi kerontokan rambut dengan menggunakan plasma darah dari tubuh sendiri. Plasma darah tersebut kaya akan platelet atau trombosit, salah satu elemen darah yang mengandung faktor pertumbuhan (growth factor).

Kandungan faktor pertumbuhan pada plasma darah mempercepat proses penyembuhan dan regenerasi sel. Selain itu, faktor pertumbuhan tersebut juga dapat meningkatkan vaskularisasi kulit kepala, yang meningkatkan pasokan nutrisi dan oksigen ke folikel rambut.

Kelebihan Terapi PRP Rambut

Berikut keunggulan terapi PRP untuk penanganan kebotakan dini, antara lain:

  • Lebih aman karena diambil dari plasma darah tubuh pasien sendiri
  • Tindakan relatif singkat
  • Tanpa rawat inap
  • Minim efek samping
  • Rambut lebih cepat untuk tumbuh kembali
  • Tingkat keberhasilan tinggi

Setiap orang bisa memiliki kondisi yang berbeda terkait dengan kebotakan dini. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kondisi Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kami di Klinik Patella atau datang langsung ke klinik yang berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan. Hubungi nomor Assistance Center Klinik Patella di nomor 021-2237-9999 atau chat whatsapp di 0811 8124 2022.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa Faktor Penyebab Kebotakan Dini?

Faktor keturunan atau genetik, perubahan hormon, gaya hidup yang tidak sehat dan kekurangan nutrisi dapat menjadi penyebab kebotakan dini

Apa Itu Terapi PRP Rambut untuk Mengatasi Kebotakan Dini?

PRP adalah terapi yang efektif dalam mengatasi kerontokan rambut dengan menggunakan plasma darah dari tubuh sendiri. Plasma darah tersebut kaya akan platelet atau trombosit, salah satu elemen darah yang mengandung faktor pertumbuhan (growth factor).

Apa Keunggulan Terapi PRP Rambut?

Beberapa keunggulannya meliputi: 1. Lebih aman karena diambil dari plasma darah tubuh pasien sendiri 2. Tindakan relatif singkat 3. Tanpa rawat inap 4. Minim efek samping 5. Rambut lebih cepat untuk tumbuh kembali 6. Tingkat keberhasilan tinggi

Baca Juga  Yuk Coba! Ini 5 Cara Mudah Mengobati Lutut Sakit Saat Ditekuk

***

Featured photo by sweet_tomato from Freepik

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now