Bengkak Kaki Pada Ibu Hamil

Kaki Membengkak Akibat Posisi Tidur, Mitos atau Fakta?

Kaki membengkak setelah bangun tidur, pernahkah kamu mengalaminya? Sebagian orang meyakini kaki bengkak terjadi karena posisi tidur yang tepat, namun benarkah demikian?

Kaki merupakan anggota tubuh yang paling bekerja keras daripada anggota tubuh lainnya. Anggota tubuh ini berfungsi sebagai penopang berat badan dan untuk membantu berjalan, berlari, melompat, berdiri, dan berjinjit. Mengutip dari Spinal Care, ada 26 tulang dan lebih dari 100 otot, tendon, dan ligamen pada setiap kaki yang bekerja sama agar bisa berfungsi untuk beraktivitas dengan normal.

Ketika anggota tubuh ini mengalami masalah, tentunya akan membuat kamu kesulitan berjalan normal, sehingga aktivitas terganggu. Kaki bengkak merupakan salah satu masalah yang siapapun bisa mengalaminya. Namun, benarkah penyebab dari kondisi ini adalah posisi tidur yang salah?  Berikut penjelasannya.

Benarkah Posisi Tidur Bisa Menyebabkan Kaki Membengkak?

Posisi tidur yang salah atau tidak tepat jarang menyebabkan kaki membengkak. Andaikan hal ini terjadi, kemungkinannya karena  kaki terselip di bawah selimut yang terlalu ketat sehingga jari-jari kaki dapat tertarik ke bawah.  Kondisi kaki bengkak ini bisa karena cedera, asupan garam yang tinggi, hamil dan kondisi medis tertentu.

Ketika jari  kaki tertarik ke bawah, maka anggota tubuh yang berfungsi untuk berjalan ini dapat berada dalam posisi terlentur sepanjang malam. Hal ini dapat memperburuk masalah kaki dan tungkai bawah seperti plantar fasciitis, kram kaki dan kaki, dan masalah tendon Achilles.

Posisi Tidur Terbaik

Melansir dari Sleep Organization, berikut posisi tidur yang baik yaitu:

Tidur Telentang

Posisi tidur ini adalah paling baik dan menyehatkan. Posisi ini memungkinkan kepala, leher, dan tulang belakang beristirahat dalam posisi netral. Artinya, tidak ada tekanan ekstra pada area-area tersebut, sehingga kamu cenderung tidak mengalami rasa sakit.

Miring dengan Kaki Lurus

Tidur miring dengan kaki lurus dapat membantu mengurangi refluks asam. Selain itu, posisi ini bisa membuat tulang belakang memanjang, sehingga dapat menangkal sakit punggung dan leher.

Postur Janin

Tidur dengan postur seperti janin, yakni tidur miring dengan membungkuk dan menekuk lutut.  Posisi tidur ini baik untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan sirkulasi tubuh ibu dan janin dan mencegah rahim  menekan hati.  Tetapi jika kamu tidur terlalu membungkuk dapat membatasi pernapasan diafragma. Jadi, sebaiknya jangan terlalu membungkuk.

 

Itulah posisi tidur dan kaki bengkak yang perlu diketahui. Jika kamu mengalami kaki bengkak dan tidak kunjung membaik, sebaiknya bicara dengan dokter.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Email

registrasi@lamina.co.id

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00