kaki lemas

Kaki Lemas Tiba-Tiba, Kenali Penyebabnya

Kaki lemas dan  gemetar, bisa menandakan ada yang salah dengan tubuh. Tak jarang, kondisi ini bisa mengakibatkan kehilangan keseimbangan dan akhirnya terjatuh. Parahnya, kondisi kaki ini bisa berdampak tidak bisa berjalan atau berdiri dengan kuat. Kira-kira apa yang menyebabkan kaki lemas dan gemetar ini? simak penjelasannya.

Penyebab kaki lemas tiba-tiba

Kaki lemas bisa jadi tanda gangguan kesehatan tertentu. Kondisi ini, siapapu bisa mengalaminya terlepas seberapa sering dan kerasnya seseorang menggunakan kakinya dalam beraktivitas sehari-hari.

1. Gejala stroke

Lemah pada kaki akibat gejala stroke ini terjadi ketika stroke menyebabkan kerusakan pada otak, terutama daerah yang mengendalikan sinyal saraf yang dikirim ke kaki. Kerusakan ini  kemudian mengakibatkan penurunan pergerakan atau paresis atau plegia yang berarti kelumpuhan total.

2. Diabetes

Terkadang penderita diabetes mengalami suatu bentuk kerusakan saraf . Kerusakan saraf ini bisa  memengaruhi tungkai bawah dan menyebabkan kaki jadi lemah. Menurut  National Diabetes Information Clearinghouse, perkiraan bahwa sekitar 60% penderita diabetes memiliki beberapa bentuk kerusakan saraf seperti ini yang membuat kaki jadi lemah.

3. Gejala sindrom piriformis

Sindrom piriformis merupakan kelainan neuromuskular yang terjadi ketika otot piriformis menekan saraf siatikus. Otot piriformis adalah otot datar berbentuk band yang terletak pada bokong dekat bagian atas sendi pinggul. Otot ini  berfungsi untuk membantu berjalan, menggeser berat badan kita dari satu kaki ke kaki lainnya, dan menjaga keseimbangan. Hal ini juga melibatkan dalam mengangkat dan memutar paha dan ada hampir pada setiap gerakan pinggul dan kaki saat berolahraga. Tak jarang kondisi ini juga bisa membuat kaki lemas.

4. Masalah pada tulang belakang

Kondisi medis, yang memengaruhi sumsum tulang belakang dan saraf dapat menyebabkan kelemahan bersamaan dengan gejala lainnya, seperti rasa terbakar, nyeri, kesemutan atau mati rasa. Beberapa masalah tulang belakang yang bisa menyebabkan kelemahan kaki meliputi:

  • Radang sendi tulang belakang.
  • Cedera pada sumsum tulang belakang.
  • Abses atau tumor di sumsum tulang belakang.
  • Penyakit degeneratif pada tulang belakang (spondilosis).

Bagaimana cara menangani kaki lemas?

Cara menangani kaki lemas ini berdasarkan pada penyebabnya. Misalnya jika kelemahan kaki penyebabnya oleh patah tulang atau masalah pada tulang belakang, maka cara menanganinya bisa melalui pembedahan atau fisioterapi akan membantu meringankan kondisi tersebut.

Jika penyebabnya karena beberapa gangguan neurologis, maka konsultasi dengan ahli saraf untuk perawatan yang tepat.

lamina klinik

Jl. Hj. Tutty Alawiyah No.34B, RT.7/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

lamina klinik

Informasi dan Pendaftaran

021-2237-9999

lamina klinik

Book Online

Appointment Now

Jadwal Praktik


Prof. Dr. dr. Darto Satoto, SpAn, KAR

Selasa   : 10:00 - 16:00
Kamis   : 10:00 - 16:00


dr. Nelfidayani, SpKFR

Selasa   : 16:00 - 20:00
Kamis   : 16:00 - 20:00
Sabtu    : 16:00 - 20:00


dr. Rifalisanto, SpKFR

Senin    : 10:00 - 12:00
Rabu     : 10:00 - 12:00


dr. Zuhri Efendi, Sp.OT (K)

Senin    : 16:00 - Selesai
Rabu     : 16:00 - Selesai
Jumat   : 16:00 - Selesai


dr. Haekal Alaztha, Sp.N, FINA

Lamina Kartika Pulomas Hospital

Senin       : 13:00 - 15:00
Rabu        : 13:00 - 15:00

Lamina Klinik SMC

Selasa     : 13:00 - 15:00
Kamis      : 13:00 - 15:00